in: News | October 26, 2019 | by: Friska Suryawinata

Kolaborasi @kainprinting x HP Stitch S500 Hasilkan Koleksi Fashion Menarik di Jakarta Fashion Week 2020

Pada Jumat (25/10), HP Indonesia berkolaborasi dengan @kainprinting sebagai salah satu brand busana Muslim lokal, memamerkan hasil koleksi desain pakaian Muslim pada ajang Jakarta Fashion Week 2020 yang berlokasi di Senayan City, Jakarta. Kolaborasi yang menghasilkan 13 buah koleksi busana hijab menawan ini seluruhnya menggunakan printer HP Stitch S500 sebagai solusi pecetakan tekstil digital terbaru. Kolaborasi yang pertama kali dilakukan oleh HP ini sekaligus memperkuat komitmennya dalam mendukung ekspansi HP dalam dunia dan industri fashion, pakaian olahraga, dekorasi interior, dan tekstil di Indonesia.

“Industri fashion Indonesia menyumbangkan 18,01% dari total PDB sektor industri kreatif di 2018, dan menjadi penyumbang terbesar untuk kegiatan ekspor. Dari tahun ke tahun, industri ini membuktikan telah menjadi kontributor yang signifikan untuk PDB ekonomi kreatif. Dengan semakin kompetitifnya industri ini, para desainer fashion dan produsen tekstil terus mencari inovasi untuk merealisasikan inspirasi mereka dengan cara yang lebih hemat waktu maupun biaya,” ujar Hendry Widjaja, Chief Operating Officer HP Indonesia. “Kami menciptakan kembali kreativitas
dengan HP Stitch S Series yang menawarkan teknologi pengelolaan warna terbaik di kelasnya untuk industri fashion, pakaian olahraga, spanduk, dekorasi interior, dan tekstil.”

Industri fashion sendiri merupakan industri yang semakin bertumbuh pesat dengan begitu banyaknya pelaku industri di pasar fashion lokal yang juga tidak sedikit jumlahnya. Melakukan desain dengan memanfaatkan teknologi mampu memberikan estetika dan personalisasi tersendiri bagi brand lokal tersebut, di mana salah satunya dilakukan oleh @kainprinting melalui kerja samanya dengan HP Indonesia.

Busana yang dipertunjukkan oleh @kainprinting dalam Jakarta Fashion Week 2020 terinspirasi dari fasilitas riset rumah sakit dengan beragam atributnya, sehingga pola dan corak yang dimiliki pada kain yang digunakan juga cukup unik. Oleh karena itu, penggunaan HP Stitch S500 melalui teknik sublimasi ini memungkinkan brand dalam menciptakan desain pola dan corak tersebut tanpa masalah.

“Industri fashion busana Muslim di Indonesia berkembang dengan begitu pesat, dan kami terus berinovasi dalam desain dan teknologi untuk menjadi yang terdepan,” ujar Firman Nurimansyah, Lead Designer @kainprinting. “Di koleksi terbaru ini, kami mencetak desain kami di bahan-bahan seperti voal, terry, scuba, dan bulu domba, dengan aneka warna yang menonjolkan karakter dan nuansa desain. Koleksi ini merupakan sebuah eksperimen dengan warna dan menemukan keseimbangan di dalamnya. Saya bangga dapat mempersembahkan koleksi yang dihasilkan dari
perpaduan antara seni dan teknologi.”

Printer HP Stitch S Series yang dipersembahkan bersama dengan perangkat HP Smart Color, memungkinkan printer untuk bisa memberikan warna yang akurat dengan hasil kualitas cetak tinggi, namun tetap memberikan penghematan waktu dan biaya karena mampu mengurangi pencetakan ulang yang tidak perlu. Fitur HP PrintOS yang mampu diakses melalui aplikasi via web dan ponsel merupakan nilai tambah dalam memudahkan pengerjaan proses cetak sehingga mampu menyederhanakan alur produksi. Printer seri ini juga memungkinkan sublimasi warna dapat diprediksi sehingga mengurangi limbah produksi yang terjadi. Konfigurasi printhead 2xCMYK yang simetris bersama dengan Optical Media Advance Sensor memungkinkan printer 64 inch ini melakukan pencetakan berproduksi tinggi.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES