Preview Ice Lake 10nm 2-Core : Intel Core i3-1005G1

Core i3-1005G1: CPU

 

Berikut ini spesifikasi CPU Core i3-1005G1, berdasarkan hasil deteksi CPUZ dan HWiNFO

CPU-Z

*klik untuk memperbesar

 

HWINFO

*klik untuk memperbesar

 

 

 

Keterangan:

  • Meski menggunakan versi terbaru pada saat pengujian berlangsung, beberapa software deteksi ini masih memperlihatkan beberapa informasi yang kurang akurat, misalnya saja RAM speed belum terdeteksi pada CPU-Z, dan timing yang dibaca HWiNFO nampak salah karena modul RAM yang terpasang pada sistem memiliki rating DDR4-2666 CL19-19-19-43.
  • Sunny Cove core memiliki beberapa perubahan pada konfigurasi CPU Cache. CPU Core ‘Sunny cove’ memiliki L1 Data cache 48 KB per core, dan L2 cache 512 kB per core (di Skylake – L1 Data Cache : 32 kB per core / L2  : 256 kB per core)
  • Perbedaan yang juga terlihat adalah di bagian CPU instruction set, dimana nampak dukungan AVX-512 yang selama ini tidak ditemukan kecuali pada parts Cannon Lake 10nm dan server / Skylake-X
  • Core i3-1005G1 mendukung Turbo Boost. Turbo Boost nampak tidak spesial bagi pengguna Core i5 dan i7, namun ini relatif baru ditemukan pada Core i3 (yang baru mendapat Turbo Boost sejak generasi Coffee Lake)
  • HWINFO juga memperlihatkan bahwa prosesor ini memiliki support untuk Intel Speed Shift Technology(SST), dimana prosesor memiliki hardware-controlled P-state, membuat prosesor bisa berpindah clockspeed dengan cepat dari kecepatan terendah hingga tertinggi tanpa menunggu kontrol OS P-state, membuat prosesor lebih responsif menangani load yang cepat dan ringan(seperti web browsing).
  • CPU-Z membaca TDP sebagai ‘15W‘, namun seperti biasa nilai ‘TDP’ yang sebenarnya bisa di-tune oleh vendor laptop untuk menyesuaikan dengan kapabilitas perangkat mereka (hal ini akan kami jelaskan pada analisis di halaman berikutnya)

 

 

Core i3-1005G1: Integrated Graphics / IGP

GPU-Z

Pada bagian grafis, Core i3-1005G1 memiliki IGP Intel UHD Graphics dengan 32 EU(execution units), sedangkan clockspeednya sendiri maksimal ada di 900 Mhz.

 

IGP: Intel Graphics Command Center

Seiring dengan perkembangan arsitektur grafis baru, Intel nampak mempercantik tampilan control panel Graphics-nya dengan adanya Intel Graphics Command Center (harus di-download terpisah pada Microsoft Store), berikut tampilannya:

Intel Graphics Command Center *Klik untuk memperbesar

 

Pada Gen11 Graphics ini juga mulai ada beberapa menu pengaturan baru, seperti pengaturan untuk penggunaan Adaptive Tesselation, dan juga Retro Scaling. Kedua fitur ini belum kami uji, dan mungkin akan jadi bahan pembahasan di masa mendatang.

 

Gen11: Memiliki kapabilitas Variable-Rate Shading

Salah satu fitur yang membuat kami yakin bahwa IGP Intel UHD Graphics yang ada di i3-1005G1 benar merupakan Gen11 dan bukan Gen9 yang di-refresh adalah kemampuan untuk menjalankan 3DMark Variable Rate Shading(VRS) feature test, karena pada saat pengujian fitur ini hanya bisa dijalankan beberapa GPU modern (Gen11 Graphics Ice Lake adalah salah satunya).

Pada 3DMark VRS feature test ini sebuah IGP Gen11 saat VRS OFF mendapat 27 FPS, sedangkan saat VRS ON kinerjanya meningkat di atas 50% hingga ke 42 FPS!

Variable Rate Shading Test pada IGP i3-1005G1 *klik untuk memperbesar

 

Variable Rate Shading(VRS) tidak akan hidup pada semua game, melainkan membutuhkan para developer game untuk mengimplementasikan fitur ini pada game mereka (dan sejauh ini kami belum mendapat real-world game yang melakukannya, selain 3DMark feature test). Namun mengingat Variable Rate Shading berpotensi memberikan ekstra performa dengan penurunan kualitas image minimal. Penerapan VRS pada IGP yang umumnya memiliki processing power rendah mungkin akan memberikan berbagai hal menarik di masa mendatang.

 

Baca Juga: Hands-on 3DMark VRS Feature Test: Variable Rate Shading Tingkatkan Performa Gaming

 

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES