in: Highlights - News | October 4, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Prosesor 10th Gen Intel Core Unjuk Kekuatan di Laptop Thin and Light

Seperti kita ketahui sebelumnya, pada September lalu Intel secara resmi merilis prosesor generasi terbaru, yaitu 10th Gen Intel Core. Tidak tanggung-tanggung, Intel langsung memperkenalkan dua jenis prosesor 10th Gen Intel Core sekaligus dengan Codename Ice Lake dan Comet Lake. Masing-masing prosesor memiliki keunggulan tersendiri, seperti misalnya 10th Gen Intel Core Ice Lake yang menggunakan arsitektur CPU dan GPU generasi baru dengan proses fabrikasi 10nm.

Bertepatan dengan hari jadi ke-10 Brightspot Marketplace di District 8 SCBD, Jakarta, Intel memamerkan beberapa perangkat laptop yang telah ditenagai oleh 10th Gen Intel Core Ice Lake. Beberapa laptop tersebut di antaranya Acer Aspire 5, HP Envy 13, HP Pavilion x360, HP 14s, Lenovo C640 dan MSI Prestige 15.

Rini Hasbi, Head of Consumer Marketing, Intel ANZ and Southeast Asia, mengatakan bahwa Prosesor 10th Gen Intel Core ini mampu melakukan pekerjaan yang kompleks hingga produksi konten harian dan gaming, baik di resolusi 1080p hingga resolusi 4K. Intel juga menawarkan konektivitas terbaik di kelasnya dengan Intel WiFi 6 (Gig+ dan Thunderbolt 3) melalui laptop modern.

Untuk menunjukkan seberapa jauh performa yang ditawarkan prosesor 10th Gen Intel Core, Intel mengajak Dedy Irvan (JagatReview) untuk melakukan demo pada salah satu laptop milik HP yang sudah dibekali 10th Gen Intel Core Ice Lake, yakni HP Pavilion. Demo pertama yang ditunjukkan adalah melalui salah satu software Gigapixel AI. Software berbasis AI ini mampu melakukan proses mempertajam gambar pada foto yang blur. “Kemampuan AI yang didapat ini bukan hasil online melainkan offline. Sehingga proses yang terjadi melalui software Gigapixel AI ini berasal dari prosesor 10th Gen Intel Core“, Ujar Dedy Irvan.

Pada demo berikutnya, kami menunjukkan proses render video 4K 60fps dengan durasi 5 menit melalui Adobe Premiere di dua laptop yang berbeda, yang mana salah satu laptop ditenagai Intel Core i7 generasi sebelumnya dan tentu saja dengan HP Pavilion dengan Intel Core i7 10th Gen. Meski memiliki jumlah core yang sama, untuk Intel Core i7 10th Gen telah dilengkapi dengan Intel Iris Plus. Hasilnya tentu saja HP Pavilion dengan 10th Gen Intel Core melakukan proses render lebih cepat hanya 20 menit. Sedangkan laptop pembanding dengan prosesor Intel Core i7 generasi sebelumnya tercatat hingga 30 menit.

Tidak hanya itu, Ario Pratomo, Youtuber @Sheggario juga turut menunjukkan demo betapa mudah dan cepatnya melakukan editing video pada laptop yang digunakan, Lenovo C640, yang memiliki desain slim dan tipis namun memiliki performa yang tinggi. “Saat melakukan traveling, saya selalu melakukan kegiatan merekam untuk mendapatkan konten-konten menarik sehingga nantinya bisa saya gunakan untuk membuat konten video”, Ujar Ario.

Sebagai penutup, Rini pun berujar dan mengajak para content creator untuk menggunakan PC sebagai perangkat kerja mereka, seperti editing video maupun foto. Melalui jajaran laptop terbaru yang dibekali 10th Gen Intel Core ini, Anda akan menemukan beragam fitur menarik yang ditawarkan para vendor laptop, mulai dari desainnya yang tipis dan ringan namun memiliki performa yang luar biasa.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES