in: News | November 5, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Awal 2022, AWS Buka Data Center di Indonesia

AWS (Amazon Web Services) yang merupakan bagian dari perusahaan milik Amazon.com yang menyajikan infrastruktur layanan web berbasis cloud, mulai serius melihat potensi besar di Indonesia. Oleh karenya pada Senin kemarin (4/11), AWS mengumumkan akan membuka data center region di Indonesia pada awal 2022 mendatang.

Dengan hadirnya data center AWS di Indonesia, merupakan wujud keseriusan AWS untuk Indonesia. Sehingga para pelanggan di Tanah Air dapat menjalankan beban kerja dan melayani jutaan pengguna di kawasan Asia Pasifik. Benefit dari hadirnya data center AWS di Indonesia ini tentunya akan memberikan latensi yang lebih rendah.

Gunawan Susanto, selaku Country Leader AWS Indonesia mengatakan, “Paling lambat awal 2022, Kami selalu melihat ke pasar dan customer, bagaimana mereka butuh AWS hadir dengan data center di Indonesia. Kami melihat peluang bisnis yang besar dan banyak customer yang meminta kami berinvestasi di Indonesia”.

AWS saat ini memang tengah gencar untuk memperluas layanan data center mereka di beberapa negara lainnya. Bersamaan dengan dibukanya Data Center AWS yang rencananya berpusat di Jakarta, AWS juga akan membuat Data Center di dua negara lain, yaitu Italia, Milan dan Afrika Selatan, Cape Town.

Gunawan Susanto menambahkan bahwa tidak dipungkiri bahwa beberapa perusahaan di Indonesia masih ada yang merasa khawatir dengan keamanan saat akan mengadopsi teknologi Cloud. “Kami ingin memastikan bahwa pengadopsian Cloud dari AWS sangat aman. Mengapa? Karena AWS memiliki berbagai regulasi dan sertifikasi keamanan data Cloud yang sangat lengkap”, Ujar Gunawan.

Pada 2018 lalu, AWS secara resmi telah membuka kantor di Indonesia. Jajaran solusi yang dihadirkan oleh AWS saat ini boleh dibilang sangat lengkap, mulai dari Big Data untuk keperluan penyimpanan, mencari dan analisis, High Performance Computing, Internet of Things, Disaster Recovery, Archive dan Backup and Recovery, yang semua solusi dari AWS ini tentunya berbasis cloud.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES