in: News | November 20, 2019 | by: Friska Suryawinata

Demi Dunia Digital yang Lebih Aman, Facebook Mulai Program “Asah Digital”

Pada hari Rabu (20/11), Facebook Indonesia memperkenalkan program “Asah Digital”, di mana program ini merupakan program yang terus berjalan dan kian berevolusi demi meningkatkan literasi digital para masyarakat pengguna internet di Indonesia, sekaligus untuk membangun dunia maya atau digital yang lebih aman dan tepercaya.

“Dalam empat tahun terakhir, Facebook telah memberikan berbagai informasi dan program yang mengedukasikan tentang dunia digital seperti “Think Before You Share”, di mana program ini diberikan agar netizen, terutama para pengguna dengan usia di berbagai kalangan tidak mudah termakan oleh berita bohong atau kabar hoax yang semakin marak setiap saatnya. Selain memberikan informasi dan edukasi literasi digital ini, kami juga turut membantu agar para masyarakat juga bisa mengembangkan soft skill secara digital, sehingga akan lebih terasa manfaat dari digital ini,” jelas Ruben Hattari, selaku Kepala Kebijakan Publik di Indonesia untuk Facebook.

Program Asah Digital yang telah diumumkan ini telah bekerja sama dengan berbagai ahli dan akademisi, sekaligus organisasi non-pemerintah di Asia Pasifik untuk membuat modul sumber pembelajaran di program ini. Adapun mitra untuk di Indonesia turut bekerja sama dengan Siberkreasi, Yayasan Cinta Anak Bangsa, serta Persatuan Guru Republik Indonesia. Program ini direncanakan hadir di 12 provinsi di seluruh Indoensia di sepanjang tahun 2020 mendatang, dengan akan menjangkau seluruh lapisan masyarakat, baik yang sudah paham menggunakan internet maupun baru pertama kali mengetahui tentang internet dan manfaatnya.

Beberapa topik yang akan diasah melalui program ini termasuk di antaranya seperti pengenalan dasar tentang apa itu internet, ranah keamanan di ranah online seperti jejak digital sekaligus bagaimana melindungi identitas digitalnya, pemahaman lebih jauh tentang etika dan sikap ketika berinteraksi secara online, menjadi lebih jeli dalam memproses informasi maupun berita yang tersiar di online agar tidak termakan hoax, hingga bagaimana cara mengenali apakah sebuah informasi tersebut salah dan pantaskah untuk dibagikan secara umum.

Asah Digital sendiri merupakan bagian dari program global yang diberi nama “We Think Digital”, di mana seluruh materi dan topik besar program Asah Digital sendiri telah disesuaikan menurut kebutuhan dan urgensi dari para pengguna internet di Indonesia. Harapannya, program ini dapat mengedukasikan setidaknya 2 juta orang di seluruh Asia Pasifik, dengan efek berkelanjutan sehingga mereka yang telah mendapatkan edukasi tentang dunia digital ini bisa membagikan dan mengajarkan kembali ke orang lain yang juga membutuhkannya.

Informasi lebih lanjut bisa diakses melalui situs resmi Asah Digital di asahdigital.fb.com.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES