in: Audio | November 12, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Hands-On Review Headset: Rapoo VM120

Bagi sebagian pengguna PC, mungkin nama Rapoo sudah tak asing lagi di dunia peripheral PC. Ya, Rapoo yang didirikan pada tahun 2002 merupakan produsen yang berfokus pada produk-produk peripheral seperti keyboard, mouse dan juga bluetooth speaker. Melihat perkembangan industri game mobile saat ini, Rapoo mencoba berinovasi dengan menghadirkan sebuah IEM yang dirancang sebagai In-ear gaming headphone. IEM yang diberi nama Rapoo VM120 pun kini telah hadir di meja pengujian kami.

Paket Penjualan

Paket penjualan Rapoo VM120 tergolong sangat sederhana. Bersama dengan unit IEM-nya, perangkat ini turut disertakan beberapa eartip dengan tiga pilihan ukuran, mulai dari S, M dan L. 

Spesifikasi

  • Driver unit: 9mm
  • Respon Frekuensi: 20-20000Hz
  • Sensitivitas: 95 ± 3dB
  • Impedance: 1kHz / 16 Ohm
  • Warna: Grey dan Rose Gold
  • Konektivitas: Audio Jack 3.5mm

Desain & Fitur

Desain Rapoo VM120 bisa dikatakan memiliki rancangan konvensional, layaknya IEM kebanyakan di pasaran. Konstruksi luar dari in-ear Rapoo VM120 memiliki bagian yang menonjol atau bore, yang mana pada bagian ini dipasang eartips. Rapoo VM120 menggunakan eartips berbahan silicon, sehingga secara umum eartip ini tidak mudah slip dan mampu memberikan isolasi atau kedap terhadap suara dari luar.

Housing dari IEM Rapoo VM120 terbuat dari material Zinc Alloy yang dilapisi dengan warna chrome. Material Zinc Alloy ini juga dapat ditemukan lagi pada bagian remote di kabel dan housing audiojack 3.5mm. Secara keseluruhan, tampilan housing dari IEM ini terlihat cukup elegan. Warna dari housing Rapoo VM120 ini dipadankan dengan kabel berwarna abu-abu berlapis bahan seperti karet. Kabel IEM yang digunakan Rapoo VM120 ini disebut oleh produsen Oxygen-Free Copper Cable.

Panjang kabel dari Rapoo VM120 sekitar 1.2 meter, dan pada bagian driver IEM sebelah kanan, terpasang remote kontrol multifungsi. Namun sayangnya sang produsen hanya menyediakan sebuah tombol dan microphone. Tombol pada remote ini dapat berfungsi untuk play/pause, menerima dan menutup telepon, tekan lama pada tombol untuk me-reject telepon yang masuk. Tekan 2x tombol untuk memutar daftar lagu berikutnya saat mendengarkan musik dari smartphone.

Penggunaan

Konektor yang digunakan pada Rapoo VM120 adalah audiojack 3.5mm. Penggunaa konektor ini tentunya sangat memudahkan penggunanya saat menggunakan IEM ini di perangkat apapun seperti laptop, smartphone dan tablet yang tentunya dilengkapi port audiojack 3.5mm. Saat kami menggunakan IEM Rapoo VM120 ini boleh dibilang tidak menemukan kendala yang berarti. 

Kenyamanan eartips pun bisa disesuaikan saat menggunakan Rapoo VM120 ini karena tersedia dalam tiga ukuran. Hanya saja, kabel yang digunakan IEM ini terkadang cukup merepotkan dan mudah terlilit saat disimpan di dalam tas. Bagi Anda yang tidak mau direpotkan oleh kabel yang terlilit, mungkin bisa menyiasatinya dengan menggunakan pouch. Namun sayangnya, Rapoo tidak menyertakan pouch untuk IEM ini dalam paket penjualannya.

Pengaturan microphone pada IEM yang terletak in-line control, dirancang menyatu dengan satu buah tombol track yang berada di tengah. Tombol track memiliki multifungsi di antaranya seperti  menerima panggilan telepon, play/pause dan next (dengan menekan 2x).

Kualitas Suara

Dengan mengusung nama “In-Ear Gaming Headphone”, Rapoo VM120 tampaknya diperuntukkan untuk para gamer mobile. Sehingga hal pertama kami uji tentu saja kualitas suara game yang tersaji melalui smartphone yang kami gunakan, yaitu Xiaomi Redmi Note 7. Game yang kami gunakan disini adalah Call of Duty Mobile. Detail suara yang diberikan cukup efektif terutama dalam hal memberikan informasi-informasi yang terjadi di arena pertempuran. Rapoo VM120 bisa diandalkan di mana pun dan kapan pun.

Beralih ke kualitas suaranya, kami menguji Rapoo VM120 pada smartphone Xiaomi Redmi Note 7 melalui aplikasi Spotify dengan kualitas Sound Very High. Untuk kualitas bass yang berada pada frekuensi rendah, bisa dikatakan sebagai nilai jual dari IEM ini. Bass pada IEM memiliki response cepat dan mampu menghasilkan suara yang penuh saat kami mendengarkan lagu Jennie – Solo dan Camila Cabello – Havana. Bass yang dihasilkan cukup terkendali dan tidak berlebih. Bisa kami katakan, buat Anda penyuka bass, Rapoo VM120 bisa menjadi pilihan.

Beralih ke kualitas suara lainnya yaitu mid dan high, pada kedua frekuensi ini, Rapoo VM120 cukup baik dalam menyajikan suara saat kami memutar lagu dari Adelle dengan Someone Like You dan Eagles, Hotel California. Suara yang dihasilkan terasa baik dan lantang di frekuensi mid, sayangnya suara bass masih terasa menutupi.

Kesimpulan

Rapoo VM120 dibanderol dengan harga cukup terjangkau, yaitu Rp150.000. Bagi Anda yang menginginkan sebuah in-ear gaming headphone, dengan kualitas suara yang imersif, IEM yang satu ini bisa Anda pertimbangkan. Meski tidak ada yang terlalu menonjol, kualitas suara yang dihasilkan tergolong baik. Terutama saat kami mengujinya dengan bermain game pada smartphone.

Kenyamanan saat menggunakan Rapoo VM120 juga tampaknya cukup diperhatikan oleh sang produsen. Seperti kita ketahui, Rapoo memberikan dua buah pasang eartips berbahan silikon berukuran S dan L. Eartips ini juga baik dalam mengisolasi suara dari luar. Ketersediaan in-line control yang memiliki satu buah tombol dan microphone, dapat memudahkan pengguna untuk berinteraksi atau berkomunikasi menerima panggilan telepon saat bermain game di smartphone.  

Desain dari Rapoo VM120 memiliki kesan cukup premium. Penggunaan Zinc Alloy pada housing yang dibalut dengan warna abu-abu membuat tampilan IEM ini terasa elegan. Tidak hanya pada housing driver-nya saja, namun juga pada in-line control dan juga audiojack 3.5mm. Kabel yang digunakan dilindungi material silikon. Sayangnya kabel pada IEM sangat merepotkan ketika terlilit atau tersimpan tidak rapi di dalam tas. 

Kelebihan:

  • Bass apik
  • Material housing Zin Alloy
  • Terdapat mic dan tombol on/off

Kekurangan:

  • Bass terasa mengganggu
  • Kabel mudah kusut/terlilit

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES