in: Processors | November 2, 2019 | by: Rifqi Sulthan

iGPU Intel Ice Lake (Gen 11) + DDR4-3200: Sekencang Apa?

Hasil Pengujian

1. 3DMark Fire Strike Test – Graphic Score

Seperti yang dapat kita lihat di grafik tersebut, upgrade yang dilakukan dari single channel ke dual channel memberikan hasil yang cukup signifikan, hingga sekitar +30%. Perubahan memori dual-channel dari 16 GB DDR4-2666 ke DDR4-3200 juga memberikan peningkatan hingga sekitar 6% pada graphic score-nya. Tapi apakah upgrade memori tersebut memberikan hasil yang berbeda pada pengujian gaming benchmark?

Catatan: Kami menjalankan gaming benchmark sebanyak tiga kali setiap konfigurasi, lalu mengambil rerata dari setiap run untuk dimasukkan ke dalam grafik perbandingan antar konfigurasi

2. Counter Strike: Global Offensive

Pengujian kali ini kami menggunakan map demo fps_test_dust2. Benchmark dilakukan pada 2 menit terakhir dari map tersebut. Upgrade dari single channel 4 GB DDR4-2666 ke dual channel 8 GB dengan frekuensi yang sama memberikan peningkatan hasil yang cukup signifikan. Bahkan, untuk jumlah kapasitas memori yang sama-sama 8 GB, perbedaan konfigurasi single dan dual channel juga menunjukkan perbedaan hasil, hingga lebih dari 10%. Penggunaan memori dengan frekuensi yang lebih tinggi juga menunjukkan peningkatan hasil pada average fps maupun 1% min fps walaupun hanya sekitar 4% jika dibandingkan dengan konfigurasi yang sama pada frekuensi yang berbeda.

3. Dota 2

Untuk Dota 2, kami menggunakan replay dari pertandingan Mineski melawan Team Secret dengan Match ID 4980430921 sebagai acuan benchmark. Benchmark dilakukan selama dua menit, dimulai pada menit 43:20 hingga 45:20. Peningkatan fps juga terlihat saat melakukan uji coba pada game Dota 2. Walaupun belum memasuki level kompetitif, peningkatan signifikan yang terjadi pada 1% low framerate saat melakukan upgrade dari single channel ke dual channel membuat game ini semakin nyaman dimainkan. Untuk upgrade ke memori 2×8 GB DDR4-3200 terdapat peningkatan sekitar 5-10% jika dibandingkan dengan konfigurasi DDR4-2666 dual channel dengan kapasitas memori yang sama.

4. DiRT Rally

Untuk game DiRT Rally, kami menggunakan benchmark internal dari game tersebut. Dari grafik di atas dapat terlihat bahwa sama seperti game lainnya, terdapat peningkatan fps seiring dengan bertambahnya kapasitas dan frekuensi memori yang digunakan.

Penutup: Perlukah Upgrade Memori?

Percobaan mengenai berbagai konfigurasi memori pada laptop yang menggunakan IGP dari prosesor Ice Lake menunjukkan hasil yang sangat menarik. Selain kapasitas dan konfigurasi single/dual channel, frekuensi pada memori tersebut juga mampu meningkatkan performa saat bermain game. Akan tetapi untuk saat ini, memori SODIMM DDR4-3200 masih sangat sulit ditemukan dijual di pasaran. Hal ini karena teknologi yang digunakan masih tergolong sangat baru. Bahkan hingga saat ini, satu-satunya prosesor mobile yang telah mendukung konfigurasi SODIMM DDR4-3200 hanyalah prosesor dari keluarga Ice Lake.

Jika Anda ingin bermain beberapa game menggunakan IGP dari prosesor ini, kami sangat menyarankan untuk melakukan upgrade dari single channel ke dual channel. Upgrade dari 4 GB single channel ke 8 GBb dual channel tergolong mudah dan murah, tetapi memberikan hasil peningkatan performa yang tinggi. Sedangkan untuk upgrade ke 16 GB, kami merasa bahwa peningkatan performa yang diberikan belum sebanding dengan harga yang harus dibayar untuk membeli keping RAM-nya.

Bonus image: 3200!

Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat bagi Anda, dan sampai jumpa pada kesempatan yang lain!

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES