in: News | November 4, 2019 | by: Yufianto Gunawan

Intel Hadirkan 2 Prosesor Comet Lake Murah

Beberapa bulan lalu, Intel sudah memperkenalkan jajaran prosesor 10th Gen Intel Core dengan kode Comet Lake. Jajaran prosesor tersebut merupakan penerus dari prosesor Whiskey Lake, yang ditujukan untuk laptop thin & light dengan performa yang terbilang baik. Namun, saat pertama kali memperkenalkan Comet Lake, Intel hanya menawarkan prosesor Core i3, Core i5, dan Core i7. Kini, mereka menghadirkan varian prosesor yang lebih murah untuk keluarga Comet Lake.

Dua Prosesor Comet Lake Murah

Terdapat dua prosesor Comet Lake murah yang diperkenalkan oleh Intel, satu dipasarkan sebagai prosesor Celeron dan satu sebagai Pentium Gold. Seperti prosesor keluarga Comet Lake lain, keduanya diproduksi dengan fabrikasi 14 nm. Kedua prosesor itu adalah Celeron 5205U dan Pentium Gold 6405U.

Celeron 5205U hadir sebagai prosesor dual-core tanpa fitur Hyperthreading. Prosesor ini menawarkan clock 1.9 GHz, tanpa boost clock, yang memang wajar untuk sebuah prosesor Celeron. Intel membekali Celeron 5205U ini dengan L3 Cache 2 MB, pengolah grafis terintegrasi UHD Graphics dengan clock maksimal 900 MHz, serta dukungan RAM DDR4-2400 atau LPDDR3-2133. Untuk TDP, prosesor ini memiliki TDP 15 Watt.

Sementara untuk Pentium Gold 6405U, prosesor ini mengusung dual-core dengan Hyperthreading, sehingga menawarkan 4 thread. Clock yang ditawarkan prosesor ini adalah 2.4 GHz, tanpa boost clock, dengan TDP 15 Watt. IGP di prosesor ini menggunakan UHD Graphics dengan clock maksimal 950 MHz. Sementara untuk L3 Cache, Pentium Gold 6405U ini memiliki kapasitas 2 MB, dengan dukungan RAM sama dengan yang ditawarkan Celeron 5205U.

Untuk Laptop Terjangkau

Kedua prosesor baru ini seharusnya akan hadir di laptop di kelas harga terjangkau, sebagai penerus dari Celeron 4205U dan Pentium Gold 5405U. Bisa jadi, laptop dengan kedua prosesor ini akan mulai muncul di akhir tahun 2019 ini. Walaupun begitu, belum ada kabar produsen mana saja yang akan menawarkan laptop dengan kedua prosesor tersebut.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES