in: News | November 19, 2019 | by: Friska Suryawinata

Jelang Penutupan Tahun 2019, Alibaba Cloud Paparkan Pencapaian Sekaligus Strategi untuk Tahun Mendatang

Pada Selasa (19/11), Alibaba Cloud yang merupakan penyedia layanan komputasi awan milik Alibaba Group, baru saja menggelar rangkuman dari binis dan peraihan yang berhasil dicapai sejauh ini menjelang penutupan tahun 2019. Salah satu yang dibahas dalam acara media round table yang diadakan oleh Alibaba Cloud ini membahas bagaimana Alibaba Cloud mampu mensukseskan ajang 11.11 Global Shopping Festival dengan sepenuhnya dihosting oleh sistem inti dari Alibaba Group melalui platform cloud-nya tersebut.

Dalam ajang 11.11 Global Shopping Festival, Alibaba Cloud berhasil menyokong sebesar USD 38,4 milyar GMV selama 24 jam tanpa adanya downtime, dengan order terbesar yang didapatkan mencapai 544.000 order per detik. Angka ini sendiri membuktikan bahwa order yang diterima pada 11.11 Global Shopping Festival ini telah meningkat sebesar 1360 kali lipat dibandingkan dengan ajang yang sama pada tahun 2009 silam.

Dari hasil kesukesan yang diraih pada 11.11 Global Shopping Festival tersebut, Alibaba Cloud sekali lagi mampu membuktikan diri akan platform, infrastruktur dan teknologi cloud untuk bisa menghadapi berbagai bisnis skala global yang kritis. Karena teknologi dan infrastruktur yang terbaik ini, Alibaba Cloud juga telah menggandeng berbagai perusahaan bisnis besar di berbagai jenis industri di Indonesia. Salah satunya, Alibaba Group telah bermitra resmi bersama Lyto Game untuk membantu ekspansi teknologi cloud secara global. Dengan kerja samanya ini, Alibaba Cloud akan memberikan dukungan infrastruktur di berbagai lokasi dengan jaringan distribusi dan sumber daya komputasi yang lebih fleksibel.

Di Indonesia sendiri, Alibaba Cloud telah berkembang pesat dengan membangun dua buah data center yang diresmikan pada tahun 2018 dan 2019 ini, serta telah memiliki mitra lokal sebanyak lebih dari 30 mitra. Berbagai mitra besar yang pengelolaan data dan infrastrukturnya telah dibantu oleh Alibaba Cloud di antaranya seperti Tokopedia, JNE, Kredivo, Ruang Guru, Carfix, hingga Adira Finance.

Dalam ajang media round table ini, Alibaba Cloud sekaligus memaparkan rencana dan strategi mereka untuk bisa terus bertumbuh kembang di Indonesia, tetapi tetap bisa memenuhi kebutuhan serta sejalan dengan visi dan misi perusahaan dan pemerintah lokal. Adapun beberapa rencananya seperti memberdayakan enterprise dan SME di Indonesia untuk tumbuh kembang melalui teknologi cloud dan digital intelligence, melakukan ekspansi untuk ekosistem kemitraan Alibaba Cloud, memperkenalkan sekaligus membuktikan keunggulan dari teknologi yang dimiliki oleh Alibaba Group, serta mendukung penuh inisiatif pemerintah untuk bertransformasi digital di tahun 2020 dan ke depannya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES