in: News | November 18, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Microsoft Bakal Hentikan Dukungan Cortana di Android dan iOS

Pada 2015 lalu, Microsoft memperluas layanan asisten digital andalannya, Cortana, ke platfrom lain seperti Android dan iOS. Pada awal peluncurannya, pihak Microsoft mengklaim bahwa Cortana untuk Android dan iOS digarap lebih canggih dari para pesaingnnya. Namun sayangnya, hanya bertahan selama 4 tahun, Microsoft malah memutuskan akan menghentikan dukungan Cortana di kedua platfrom tersebut.

Selain menghentikan dukungan Cortana di Android dan iOS, Microsoft juga akan menghentikan dukungan asisten digital-nya ini di aplikasi Microsoft Launcher. Alasan Microsoft menghentikan dukungan Cortana di Android, iOS dan Microsoft Launcher dikarenakan ingin lebih fokus mengembangkan Cortana di aplikasi produknya sendiri, Microsoft 365.

Menurut berita yang kami kutip dari Ubergizmo, pengumuman penghentian dukungan Cortana di Android dan iOS disampaikan melalui situs resmi Microsoft. “Untuk membuat asisten digital pribadi Anda sesedikit mungkin dapat membantu, kami mengintegrasikan Cortana ke aplikasi produktivitas Microsoft 365 Anda. Sebagai bagian dari evolusi ini, pada tanggal 31 Januari 2020, kami mengakhiri dukungan untuk aplikasi Cortana di Android dan iOS di Google Play Store dan AppStore“.

Saat dukungan Cortana mulai dihentikan di Android dan iOS, asisten digital tersebut tidak akan berfungsi lagi sebagai reminder dari daftar tugas yang telah dibuat oleh pengguna. Akan tetapi, pengguna dapat mengakses Cortana di Windows.

Kehadiran Cortana pada Android dan iOS bisa dikatakan belum dapat dinikmati keberhasilannya bagi Microsoft di industri mobile. Oleh karenanya, Microsoft lebih memilih mengembangkan Cortana untuk Microsoft 365, yang mana aplikasi tersebut hanya tersedia untuk enterprise dan small business.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES