in: News | November 28, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Seminar Kupas Tuntas Teknologi Komputer di BINUS: Laptop untuk Kebutuhan Desain

Pada Sabtu lalu (23 November 2019), Jagat Review dan Bina Nusantara (BINUS) University menggelar acara seminar dengan bertemakan “Kupas Tuntas Teknologi Terkini”. Acara yang berlangsung di kampus BINUS Alam Sutra ini disponsori oleh beberapa vendor PC terkemuka dunia di antaranya Acer, HP, Lenovo, MSI dan NVIDIA Studio dengan membahas beragam arahan dan solusi untuk para animator & contect creator profesional. Pada pembahasan tersebut, tidak hanya membahas kemampuan laptop-laptop yang ditampilkan oleh sponsor, tetapi kaitannya dengan kebutuhan animasi dan content creator di era saat ini yang dijelaskan oleh tim Jagat Review.

Laptop yang Cocok untuk Konten Kreator Profesional

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 100 orang ini, sebagian besar merupakan mahasiswa dari BINUS Alam Sutra. Terlihat para peserta yang mengikuti seminar ini sangat antusias dalam mengikuti tiap sesi yang diberikan oleh tim JagatReview. Laptop yang ditampilkan dari masing-masing vendor pada acara seminar ini di antaranya Acer ConceptD 7, Acer ConceptD 5 Pro, HP OMEN by HP 15-dc1077tx, HP MEN X 2S, Lenovo Legion Y740, Lenovo Legion Y540, MSI GS75 Stealth dan MSI GE65 Raider. Semua laptop yang ditampilkan ini telah ditenagai oleh prosesor Intel Core 9th Gen.

Tim JagatReview melalui Dedy Irvan dan Alva Jonathan, menjelaskan bahwa memilih sebuah laptop untuk kebutuhan desain animasi dan content creator bisa dibilang gampang-gampang susah. Namun laptop-laptop ditampilkan ini sebagian besar telah memiliki spesifikasi yang dapat mendukung kebutuhan multimedia animasi dan content creator. Terlebih lagi, Acer yang kini telah memiliki ConceptD 5 Pro telah didukung oleh graphics card Quadro RTX 3000 yang memang ditujukan untuk para profesional kelas atas.

Selain spesifikasi hardware, penggunaan panel layar pada laptop pun juga harus menjadi bagian aspek terpenting. Karena pengguna pastinya akan melakukan editing dan mendapatkan akurasi warna yang tepat, seperti penggunaan panel IPS dengan tingkat color gamut mencapai 100% sRGB, 100% AdobeRGB dan dukungan fitur Delta E<2.

Dukungan Thunderbolt 3 Menjadi Kelebihan

Kemampuan tinggi dari deretan laptop yang dipamerkan oleh tim JagatReview memang sangat cocok digunakan untuk bekerja, terlebih lagi multimedia content creator. Beberapa di antaranya bahkan sudah dilengkapi dengan konektivitas Thunderbolt 3. Alva Jonathan mendemokan langsung keuntungan dari sebuah konektivitas Thunderbolt 3 pada sebuah laptop yang dapat dihubungkan ke perangkat external GPU enclosure berbasis interkoneksi Thunderbolt 3.

Dedy Irvan, memegang SSD Eksternal berbasis interkoneksi Thunderbolt 3

Dengan memanfaatkan kartu grafis NVIDIA RTX 2080 SUPER di external GPU enclosure, performa CUDA rendering pada laptop bisa ditingkatkan karena GPU laptop dan GPU eksternal bisa dimanfaatkan untuk bekerja secara bersamaan. Hal ini tentu saja tidaklah mengherankan karena Thunderbolt 3 memiliki kemampuan transfer data hingga kecepatan 40 Gbps atau setara dengan 5 GBps. Oleh karena bentuk konektivitas Thunderbolt 3 mirip dengan USB Type-C, pengguna tentu saja dapat memanfaatkan konektivitas ini untuk mentransfer data ke eksternal storage SSD berkinerja tinggi yang sebagian besar menggunakan koneksi USB Type-C dan Thunderbolt 3.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES