in: News | November 27, 2019 | by: Friska Suryawinata

Utamakan Keamanan, Mozilla Rilis Firefox Versi 70

Pada hari Rabu (27/11), selain memperkenalkan lebih lanjut tentang browser Firefox Lite untuk perangkat mobile, Mozilla juga turut menjelaskan tentang browser utamanya, Firefox. Dalam sesi media briefing yang diadakan di Glass House, Hotel Ritz-Calton Pacific Place, Jakarta, Mozilla memaparkan berbagai update dan fitur keamanan yang kini terdapat pada browser Firefox versi 70.

Dalam memaparkan fitur keamanan baru yang disematkan di versi 70 ini, Mozilla mengerti bahwa pengalaman browsing yang nyaman dan aman sangat diperlukan, terutama bagi mereka yang tidak ingin jika sebuah situs melakukan tracking terhadap si penggunanya tanpa ijin maupun sepengetahuannya.

“Firefox 70 ini akan sangat membantu para penggunanya dalam memberikan keamanan ketika melakukan browsing seperti misalnya fitur Enhanced Tracking Protection (ETP). Browser bisa secara otomatis mendeteksi sekaligus memblokir tracking yang terjadi ketika pengguna melakukan akses ke situs tertentu, sehingga ke depannya mereka juga bisa lebih waspada ketika browsing,” jelas Cindy Hsiang selaku Staff Product Manager Core Browsers untuk Mozilla.

Selain fitur ETP ini, Firefox 70 juga disematkan fitur keamanan lain seperti pendeteksi kebocoran data dengan Firefox Monitor, sehingga pengguna dapat melihat ringkasan jumlah password tidak aman yang mungkin bisa menyebabkan kebocoran data dan pengguna bisa segera memperbaharui password yang mereka miliki tersebut. Tidak ketinggalan juga, Firefox 70 memiliki Firefox Lockwise, di mana pengguna bisa melihat jumlah password yang tersimpan pada Lockwise, memantau sekaligus mengatur jumlah perangkat terhubung dan telah ter-log-in dengan akun si penggunanya.

Mozilla menyebutkan bahwa sejak mereka merilis fitur ETP, sudah terdapat lebih dari 400 milyar tracker yang diblokir oleh Firefox dengan 10 milyar lebih tracker telah diblokir setiap harinya. Rata-rata pengguna Firefox di Indonesia sendiri memiliki 197 tracker yang terblokir setiap hari.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES