in: News | December 6, 2019 | by: Yufianto Gunawan

AWS Permudah Perusahaan untuk Adopsi Teknologi Terkini

Agar memiliki daya saing yang kuat, di era saat ini, perusahaan harus bisa memanfaatkan dukungan teknologi secara tepat. Saat membawakan keynote speech-nya di AWS re:Invent 2019, CEO AWS, Andy Jassy, menyebutkan bahwa pemanfaatan teknologi untuk digital transformation harus dimulai dari atas, yang menunjukkan bahwa petinggi perusahaan memiliki kemauan untuk tetap bisa bersaing di era saat ini. AWS sendiri memiliki deratan produk yang memudahkan perusahaan untuk mengadopsi teknologi terkini itu.

Perusahaan Tidak Boleh Takut Gunakan Teknologi Terkini

Selama ini, banyak yang beranggapan bahwa pemanfaatan teknologi terbaru itu hanya terbatas untuk kelas perusahaan tertentu saja. Misalnya transformasi digital menyeluruh lebih mudah dilakukan oleh perusahaan dengan skala kecil, atau teknologi seperti serverless computing lebih cocok untuk start up. Jassy menyebutkan, justru jangan sampai perusahaan berhenti bahkan sebelum mulai, dan AWS bersama partner-partner mereka memiliki banyak tawaran untuk mempermudah perusahaan, terlepas dari kelas perusahaan tersebut, untuk mengadopsi teknologi terkini.

Sementara untuk pandangan teknologi tertentu lebih cocok untuk kelas perusahaan tertentu, banyak dari pandangan itu disebut AWS merupakan pandangan yang salah. Werner Vogel, CTO dari Amazon.com, memberikan contoh, serverless computing yang disebut banyak pihak lebih cocok untuk perusahaan kecil ternyata banyak juga digunakan oleh kelas enterprise. Jadi, perusahaan harus bisa melepaskan diri dari pandangan-pandangan itu, dan bila perusahaan merasa butuh bantuan konsultasi terkait adopsi teknologi, AWS pun menyediakan konsultan profesional yang bisa membantu.

Werner Vogel, CTO Amazon.com

Bisa Kembali Kompetitif Karena Cloud Computing

Di AWS re:Invent 2019, tim Jagat Review dan beberapa perwakilan media dari ASEAN sempat berbincang-bincang dengan salah satu partner AWS di Asia Tenggara, perusahaan asal Filipina bernama Stratpoint. “Advanced Development Partnet” dari AWS ini sudah membantu beberapa perusahaan “tradisional” yang sempat merasa sulit bersaing dengan perusahaan baru di era saat ini untuk kembali kompetitif. Memanfaatkan digital transformation dengan dukungan AWS dan Stratpoint, perusahaan-perusahaan itu bisa kembali kompetitif.

Mary Rose, CEO Stratpoint

Layanan yang ditawarkan AWS disebut Stratpoint memungkinkan perusahaan-perusahaan “tradisional” itu menghadirkan produk baru dengan cepat, tanpa perlu melewati masa pengembangan aplikasi pendukung yang panjang. Hal tersebut terbilang penting, karena waktu pengembangan yang terlalu lama bisa membuat perusahaan “tradisional” makin tertinggal. Untungnya, AWS bisa membantu perusahaan “tradisional” membuat perubahan, bahkan gebrakan besar.

Machine Learning: Bukan Suatu yang Rumit

Hal lain yang juga sempat dibahas di AWS re:Invent 2019, selain hal di atas, adalah perusahaan masih belum berani mengadopsi AI, dalam hal ini machine learning karena merasa itu adalah suatu hal yang rumit. Hal itu berpotensi mengurangi daya saing dari perusahaan, karena bisa jadi banyak pesaing yang sudah memanfaatkan machine learning. Nate Slater, dari ML Solutions Lab, AWS, menyebutkan bahwa perusahaan yang merasa implementasi machine learning itu sulit bisa menghubungi tim dari AWS dan mendapatkan bantuan untuk hal itu.

Nate Slater

ML Solutions Lab memang disiapkan khusus oleh AWS untuk membantu pelanggan menggunakan machine learning. AWS juga telah menyediakan beberapa layanan yang memudahkan implementasi machine learning untuk kebutuhan tertentu, seperti Fraud Detector untuk membantu mendeteksi penipuan di platform belanja online. Bila perusahaan membutuhkan model penerapan AI yang lain, selain membangun sendiri dengan bantuan tim dari AWS, pelanggan juga bisa mencari model yang sesuai kebutuhan mereka di AWS Marketplace.

Makin Banyak Perusahaan Gunakan AWS

Sepanjang AWS re:Invent 2019, AWS mengumumkan banyak kerja sama baru dengan perusahaan dari berbagai negara. Hal ini membuktikan bahwa apa yang ditawarkan oleh AWS dipercayai oleh banyak pihak dan sejalan dengan visi perusahaan ke depan untuk memanfaatkan teknologi mendukung perkembangan bisnis mereka. Beberapa perusahaan yang sudah menjadi pelanggan AWS sebelumnya pun banyak yang memperluas penggunaan layanan AWS. Nama-nama besar seperti MLB, Formula 1, FOX, BP, dan masih banyak lagi bahkan turut membagikan pengalaman mereka menggunakan layanan AWS untuk menghadirkan perubahan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES