in: Editorial - Highlights | December 24, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Hands-On Review Monitor 4K HDR: BenQ EL2870U Eye Care Monitor Gaming

The Monitor

BenQ EL2870U merupakan salah satu varian monitor yang masuk ke dalam kategori Entertainment Monitor Series milik BenQ. Varian ini juga merupakan versi downgrade dari seri monitor BenQ yang pernah kami ulas sebelumnya, yaitu BenQ EW3270U. Secara keseluruhan, tampilan desain dari BenQ EL2870 pun kurang lebih sama, bahkan termasuk warna yang diusungnya yaitu dengan memadukan dua warna, hitam dan abu-abu. Namun varian BenQ EL2870U ini memiliki dimensi body lebih kecil, yakni (HxWxD) 65.79 x 47.627 x 19.46 cm, sehingga tergolong tidak terlalu memakan tempat saat ditempatkan di atas meja.

Monitor ini hadir dengan permukaan layar matte alias tidak mengilap. Kelebihan dari permukaan layar tipe ini bisa memberikan kenyamanan karena tidak memiliki sifat memantulkan bayangan seperti cermin. Meski tidak mengusung desain frameless, BenQ EL2870U tetap mampu menghadirkan tampilan visual yang luas karena memiliki ukuran diagonal layar 28 inci. Terlebih lagi, monitor LCD ini didukung dengan resolusi gambar yang tinggi, yaitu 4K.

BenQ EL2870U yang hadir dengan ukuran layar 28 inci ini memiliki aspect ratio 16:9. Monitor LCD ini memiliki resolusi gambar maksimal Ultra HD/4K/3840×2160. Dengan kombinasi ukuran layar serta resolusi yang diusungnya membuat BenQ EL2870U ini memiliki tingkat kerapatan piksel mencapai 157 PPI (Pixels per Inch). Monitor ini menggunakan panel tipe TN (Twisted Nematic) dengan kemampuan menghasilkan 1,07 milyar variasi warna (10-bit). BenQ EL2870U diklaim memiliki tingkat color gamut hingga 72% NTSC atau setara dengan 100% RGB. Penggunaan panel TN pada monitor ini memiliki sudut penglihatan hingga 170°/160° baik sudut horizontal maupun vertikal.

Dengan panel TN yang diusungnya, BenQ EL2870U tampaknya memang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan gaming karena memiliki tingkat response time yang tinggi yaitu 1 miliseconds (Grey-To-Grey). Teknologi ini dapat menghilangkan gejala image ghosting pada sebuah game, sehingga monitor ini mampu menangani saat adegan cepat.

BenQ EL2870U ini datang dengan dukungan teknologi dynamic refresh rate ala AMD yaitu FreeSync. Teknologi tersebut memungkinkan tingkat refresh rate monitor untuk menyesuaikan dengan tingkat frame rate yang dihasilkan graphics card, bukan sebaliknya seperti pada teknologi VSync. Alhasil kualitas tampilan pada saat bermain game menjadi lebih sempurna dengan hilangnya gejala image tearing. Tidak hanya itu, gejala input lag dan stuttering juga dapat dikurangi atau bahkan dapat dihilangkan sama sekali sehingga game menjadi lebih responsif saat dimainkan.

Monitor ini memiliki tingkat refresh rate maksimal 60 Hz. Meski tingkat refresh rate yang dimiliki monitor ini seperti monitor LCD konvensional kebanyakan di pasaran, BenQ menyertakan teknologi HDR (High Dynamic Range) di BenQ EL2870U ini. Hadirnya dukungan teknologi ini tidak hanya mampu menampilkan kualitas visual terbaik pada game, namun juga video beresolusi tinggi seperti 4K HDR.

Penopang layar BenQ EL3270U mengijinkan pengaturan untuk kemiringan monitor LCD hingga sudut 15° ke arah belakang dan -5° ke arah depan. Pengaturan ketinggian dan kemiringan ke arah kanan/kiri memang tidak didukung oleh jenis penopang layar seperti ini.

Akan tetapi, penopang layar BenQ EW3270U menggunakan bahan metal dengan memiliki bantalan karet di tiap sudutnya sehingga sangat solid dalam menopang monitor LCD berukuran 28 inci. Desain penopang seperti ini juga membuat BenQ EL2870U tidak rentan terhadap sentuhan atau dorongan ringan yang membuat layar mudah bergoyang.

BenQ EL2870U memiliki empat lubang baut untuk memasang perangkat VESA-mount ukuran 10 × 10 cm, sehingga mendukung skenario penggunaan dengan ditempel di dinding.

BenQ EL2870U menyediakan konektor display seperti 1x Display Port 1.4, 2x HDMI dan 3,5 mm audio in jack. Dengan tiga konektor display yang tersedia membuat pengguna dapat menghubungkan hingga tiga perangkat sekaligus pada monitor LCD ini. Tersedianya konektor audio jack, untuk memudahkan pengguna menghubungkan monitor LCD langsung ke perangkat speaker/headphone.

Menariknya, BenQ EL2870U ini telah dilengkapi dengan dua buah speaker dengan rating RMS 2W.
Konektor daya listrik pada BenQ EL2870U ini menandakan bahwa monitor menggunakan komponen internal power supply.
BenQ EL2870U menyediakan lubang kensington security lock di sudut monitor LCD untuk keamanan selama digunakan.

Operasional menu pada BenQ EL2870U mengandalkan cara tradisional dengan penggunaan sejumlah tombol. Hanya saja, tombol power dibedakan dengan tombol pengaturan serta memiliki jarak agak jauh sedikit dari tombol-tombol pengaturan. Sehingga hal ini memudahkan pengguna saat melakukan pengaturan layar pada tombol. Mengenai mekanisme pengoperasian menu pada tombol-tombol monitor BenQ ini tergolong sangat mudah. Terlebih lagi saat menekan salah satu tombol pengaturan, tampilan OSD (On Screen Display) monitor ini akan menuntun pengguna saat memilih pengaturan apa saja yang hendak dilakukan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES