in: Editorial - Highlights | December 24, 2019 | by: Dian Syarifuddin

Hands-On Review Monitor 4K HDR: BenQ EL2870U Eye Care Monitor Gaming

Penggunaan

Seperti yang sudah kami sebutkan, BenQ EL2870U merupakan monitor yang masuk ke jajaran seri Entertainment Monitor milik BenQ. Monitor ini dilengkapi dengan fitur HDR, dan menariknya tombol untuk mengaktifkan HDR terpasang di posisi kanan bawah layar dan menghadap ke depan.

Kami melakukan beberapa pengujian seperti fitur HDR yang tersemat di monitor ini. Fitur ini mampu menampilkan video dengan tampilan komposisi warna menjadi lebih natural. Anda bisa melihat perbedaannya di bawah ketika fitur HDR aktif dan di non-aktifkan.

HDR Aktif
HDR Tidak Aktif

Keuntungan dari monitor yang sudah memiliki resolusi 4K dan HDR juga bisa dimanfaatkan oleh mereka yang sangat hobi menonton konten-konten video beresolusi 4K HDR. Selain simulasi video 4K HDR, kami juga melakukan simulasi pengujian game dengan menghubungkan BenQ EL2870U ke konsol PS4 Pro.

HDR Aktif
HDR Tidak Aktif

Game dari PS4 Pro yang kami gunakan disini adalah Death Stranding yang sudah mendukung resolusi 4K dan HDR. Terlihat dengan jelas pada gambar di atas saat kami menguji, tingkat akurasi warna yang ditampilkan monitor BenQ EL2870U saat HDR aktif menjadi lebih tajam, detail dan natural.

Fitur Brightness Intelligence

BenQ EL2870U dilengkapi teknologi Ambient Light Sensor yang terletak di bawah layar, fitur ini akan aktif saat pengguna mengaktifkan fitur B.I (Brightness Intelligence) yang tombol fungsinya menyatu dengan tombol HDR. Fitur B.I ini merupakan fitur eksklusif yang hanya ada di monitor BenQ, sehingga fitur tersebut yang menjadi pembeda dibanding monitor dari brand lainnya.

Saat fitur B.I aktif, sensor mendeteksi cahaya di sekitar ruangan monitor. Apabila kondisi cahaya di sekitar monitor cukup terang, tingkat brightness akan secara otomatis meningkat. Sedangkan jika kondisi cahaya di ruangan dirasa kurang terang atau gelap, tingkat brightness monitor akan menurun. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan kenyamanan mata saat menggunakan monitor di kondisi cahaya apapun. Contoh saat fitur B.I diaktifkan bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Saat kondisi ruangan gelap
Saat kondisi ruangan terang

Pada gambar di atas, Anda bisa perhatikan bagian logo bergambar mata di kanan bawah dengan tingkat level brightness. Saat lampu di ruangan kami padamkan, sensor akan mendeteksi untuk mengaktifkan fitur B.I dengan menurunkan tingkat brightness. Setelah lampu di ruangan kami nyalakan, fitur B.I ini langsung meningkatkan brightness secara otomatis. Apabila fitur B.I diaktifkan, fitur ini berlaku di semua mode penggunaan monitor, baik untuk menonton, web browsing, membaca dan juga termasuk bermain game. Sehingga pengguna akan merasa nyaman di mata saat menggunakan BenQ EL2870U di segala kondisi cahaya di ruangan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This: