Review Film Knives Out: Misteri Pembunuhan Penuh Intrik

Reading time:
December 15, 2019
knives out 1

Jelang akhir tahun, para penikmat film layar lebar akan kebanjiran berbagai film baru yang sekaligus menjadi penutup manis untuk tahun 2019 ini. Salah satu film yang telah tayang di Indonesia salah satunya adalah Knives Out, sebuah film karya Rian Johnson yang bertemakan misteri pembunuhan ala “whodunnit”.

Apa itu misteri pembunuhan ala “whodunnit”? Gaya penceritaan ini dipakai untuk menjelaskan sebuah kisah misteri yang memiliki kompleksitas serta kuat akan plot, di mana pelakunya tidak disebutkan sama sekali hingga akhir kisah. Knives Out yang baru saja tayang di layar lebar ini merupakan kisah misteri yang mengambil gaya penceritaan “whodunnit” tersebut, di mana artinya film ini sudah pasti akan lebih kuat terhadap cerita dan plot ketimbang adegan aksinya.

Film Knives Out ini sendiri awalnya telah tayang untuk Toronto International Film Festival 2019 di bulan September lalu, dan telah mendapatkan banyak respon, pujian dan kritik baik dari berbagai kalangan. Apa yang membuat film misteri pembunuhan dengan gaya whodunit yang lebih modern ini mempesona bagi sebagian penontonnya? Kami akan mencoba untuk menjabarkannya lewat artikel review kali ini.

My House, My Rules, My Coffee

knives out 6

Kisah dimulai ketika asisten rumah tangga bernama Fran, menemukan tuan rumah Harlan Thrombey yang merupakan novelis misteri tersohor, telah meninggal dunia dengan luka sayatan pisau pada lehernya di ruang kerjanya. Kasus yang awalnya diduga sebagai aksi bunuh diri tersebut pun membuat geger, terutama karena terjadi setelah semalam sebelumnya, Harlan baru saja merayakan pesta ulang tahun ke-85.

knives out 3

Seminggu setelah peristiwa tersebut, detektif sekaligus konsultan Benoit Blanc pun diminta untuk bekerja sama dengan polisi untuk menyelidiki kasus ini kembali, karena terdapat dugaan bahwa kasus bunuh diri ini sesungguhnya adalah kasus pembunuhan berencana, berdasarkan dari apa yang disampaikan oleh klien misteriusnya.

knives out 8

Satu-persatu, anggota keluarga dari Thrombey pun dipanggil untuk memberikan kesaksian kembali, termasuk perawat setia dari Harlan, Marta Carbrera. Dari seluruh kesaksian yang diterima tersebut, Blanc percaya bahwa masing-masing dari mereka memiliki motif tersendiri untuk bisa melakukan aksi pembunuhan terhadap Harlan. Namun, benarkah kasus ini hanya merupakan pembunuhan biasa? Mampukah Blanc memecahkan misteri besar yang menyelimuti keluarga Thrombey tersebut?

Misteri Pembunuhan Penuh Intrik

“Tak ada yang bisa mempererat tali ikatan keluarga seperti layaknya sebuah pembunuhan”, mungkin adalah salah satu titik yang bisa menjadi tema dari film Knives Out arahan Rian Johnson ini. Namun percayalah bahwa hal ini tidak semerta-merta menjadi topik utama yang hendak disampaikan oleh film misteri pembunuhan ini, karena film ini memiliki sejumlah topik dan pesan yang hendak disampaikan sehingga di akhir film, membuat semua pertanyaan yang terjadi pun menjadi jelas.

knives out 4

Alur kasus dan plot cerita keseluruhan yang sebenarnya sederhana ala kisah misteri pembunuhan “whodunnit”, tetapi unik dan menggelitik di sepanjang film ini mampu membuat para penonton semakin tenggelam di dalam cerita dan turut berpikir akan kebenaran dari kasus pembunuhan yang terjadi di dalam film. Masing-masing aktor dan aktris memiliki kekuatan dan perannya sendiri yang membuat alur kisah semakin menarik, mereka berhasil membuktikan bahwa film ini bukan sekedar film dengan begitu banyak jajaran artis papan atas saja. Kita bisa mengerti situasi pelik yang dialami oleh Marta Cabrera, seorang perawat yang sekaligus keturunan keluarga imigran di Amerika Serikat, kemisteriusan nan jenaka dari detektif sekaligus konsultan Benoit Blanc yang melakukan investigasi akan akar dari kasus yang terjadi, hingga seluruh anggota keluarga besar Thrombey yang memiliki permasalahannya masing-masing, membuat para penonton pun berpikir bahwa salah satu di antara mereka bisa jadi adalah pembunuhnya; karena masing-masing dari mereka memiliki motif kuat untuk melakukan pembunuhan tersebut!

knives out 5

Tapi tentu saja, tidak semudah itu untuk bisa memecahkan kebenaran akan kasus pembunuhan yang terjadi pada keluarga Thrombey ini, dan hal tersebut lah yang berhasil disampaikan sepanjang film Knives Out. Ketika para penonton diberikan informasi yang kemungkinan besar sudah menjadi kebenaran dari kasus tersebut, muncul lagi konflik dan twist yang membuat penonton lantas kembali bertanya-tanya kepada diri sendiri, sebenarnya apa yang terjadi di balik kasus ini? Plot cerita yang selayaknya sebuah kasus misteri sederhana pun akhirnya menjadi luar biasa dan membuat penasaran sehingga penonton pun harus mengikuti kisahnya hingga akhir. Durasi film lebih dari dua jam ini tidak akan terasa lama karenanya.

knives out 9

Tidak hanya penyampaian kisah yang dapat dinikmati dengan mudah, Knives Out turut memberikan berbagai trivia dan Easter Eggs terkait pop culture, konflik serta politik yang setidaknya tengah terjadi di Amerika Serikat beberapa waktu belakangan ini yang disampaikan secara sengaja maupun tidak sengaja, disajikan dengan cara yang luwes dan mudah dimengerti. Penyampaian plot yang penuh misteri, tetapi pintar dengan bumbu jenaka yang tidak memaksa, serta dipenuhi dengan beragam artis terkenal di dalamnya merupakan hal yang bisa diacungi jempol untuk Knives Out sebagai film misteri pembunuhan dan membuatnya layak untuk ditonton.

knives out 2

Tanggal rilis: 10 Desember 2019 (Indonesia)
Durasi: 130 menit
Genre: Misteri, Thriller
Rating: 17 tahun ke atas
Sutradara: Rian Johnson
Para pemain: Daniel Craig, Chris Evans, Ana de Armas, Jamie Lee Curtis, Michael Shannon, Don Johnson, Toni Collette, Lakeith Stanfield, Katherine Langford, Jaeden Martell, Christopher Plummer
Studio: Lionsgate

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…