in: Notebook / Laptop | January 9, 2020 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processor : 7nm 8-Core Zen2 15W, Dukung LPDDR4X-4266

Ryzen 4000-series Mobile akhirnya diumumkan pada ajang CES 2020. APU dengan codename ‘Renoir‘ ini menjanjikan lompatan performa tinggi dari generasi prosesor notebook sebelumnya. Mari lihat prosesor ini lebih dekat lagi!

 

‘Renoir’ : Zen2 7nm

 

Yang menjadi basis semua prosesor Ryzen 4000-series mobile adalah CPU Core Zen 2 yang dibuat dengan fabrikasi 7nm. Zen2 diklaim akan memberikan:

  • Peningkatan 15% dari segi Instruction per Clock (IPC)
  • Potensi pencapaian clockspeed lebih tinggi
  • Densitas transistor 2x lebih tinggi, ukuran die prosesor bisa dibuat lebih kecil
  • SOC Power lebih rendah 20%, dan 2x Performance-per-watt

 

7nm : tingkatkan performance per watt dan performance per area

Sepanjang 2019, fabrikasi 7nm adalah salah satu faktor yang memberikan peningkatan besar baik dari segi performance-per-watt dan juga performance-per-area pada produk CPU & GPU AMD.

Lalu, mengingat prosesor ini ditujukan untuk notebook yang akan sering menemui keterbatasan dari segi power & thermal output, teknologi 7nm ini berpotensi mengizinkan clockspeed lebih besar pada voltage lebih rendah, meningkatkan performa sembari menjaga konsumsi daya dan juga suhu operasional.  Dengan transistor density yang meningkat pula pada 7nm, sangat mungkin bagi AMD untuk memberikan Core / Compute Unit lebih banyak pada area yang sama.

 

Monolithic, bukan Chiplet

Seperti yang ditunjukkan Dr. Lisa Su pada ajang CES 2020, Ryzen 4000 series mobile menggunakan desain chip monolithic, bukan desain chiplet seperti yang ada pada Ryzen 3000-series Zen2 desktop.

Ryzen 4000 series Mobile – Monolithic

 

Ryzen 3000 series Desktop Zen2 : Chiplet – 1 IOD(IO-Die) + 1 CCD (Core Complex Die)

 

Pilihan desain monolithic ini menarik karena menunjukkan strategi yang berbeda antara desain produk desktop dan notebook, zen2 mobile ini akan menggabungkan semua komponen CPU, IO, dan bahkan integrated graphics(IGP) pada sebuah single-die.

 

Integrated Graphics : Masih Vega dengan 7nm, Clock lebih tinggi

 

Berbeda dengan 7nm desktop part yang sudah menggunakan GPU ‘Navi’ dengan arsitektur RDNA, integrated graphics(IGP) pada Ryzen 4000 mobile series masih menggunakan desain berbasis GPU Vega. Tentu, dengan penggunaan fabrikasi 7nm, performa dan power efficiency IGP Vega-nya masih bisa ditingkatkan lagi dari generasi sebelumnya – seperti peningkatan pada Vega 14nm ke Radeon VII 7nm.

Dr. Lisa Su dari AMD mengatakan bahwa walaupun jumlah Compute Unit pada IGP Ryzen 4000 mobile hanya 8 Unit (8 Compute Unit = 512 Shader unit), tapi mereka masih punya peningkatan besar, sampai performanya bisa meningkat 59% lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Sangat mudah untuk berasumsi bahwa peningkatan pada Integrated Graphics performance bisa terjadi karena setidaknya 2(dua) faktor : peningkatan clockspeed dan Memori beperforma tinggi.

Dan itu langsung jelas terlihat, lihat di bawah ini.

 

Dukungan DDR4-3200 dan LPDDR4X-4266 !

 

Seperti yang terlihat pada product page AMD Ryzen 7 4800U ini, Graphics Frequency dari IGP Ryzen 4000 series mobile ada di kisaran 1750Mhz, sangat tinggi dibanding generasi sebelumnya yang hanya ada di kisaran 1400Mhz max.

Namun kejutan terbesar ada pada dukungan RAM. Ryzen 4000-series memiliki dukungan kecepatan RAM yang jauh lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Kalau 2nd Gen Ryzen Mobile 3000 series yang berbasis Zen+ hanya mendukung standar DDR4-2400 (yang sejujurnya kami sayangkan), Ryzen 3rd Gen Mobile 4000-series mendukung penggunaan DDR4-3200, bahkan ada dukungan LPDDR4X-4266 !

Dukungan akan kecepatan memori tinggi adalah hidup-mati-nya sistem dengan IGP (seperti yang dibuktikan dengan overclocking RAM pada Ryzen 5 2400G ini), dan penggunaan standar kecepatan DDR4-3200, apalagi LPDDR4X-4266, pastinya akan mencukupi kebutuhan bandwidth yang dibutuhkan si prosesor.

Sebagai tambahan, kami cukup penasaran dengan apa yang dilakukan AMD untuk mengizinkan standar kecepatan RAM seperti 4266 MT/s (Megatransfer/s) untuk terjadi, mengingat Zen2 desktop CPU hanya dapat mendukung kecepatan tinggi seperti ini saat menjalankan memory controller-nya pada 1/2x kecepatan RAM, membuat latency menjadi tinggi (untuk info detail silahkan simak artikel seputar topologi RAM di Zen2 ini).

Penggunaan LPDDR4X juga berpotensi sedikit membantu menurunkan daya prosesor untuk mendapat battery life lebih baik, terutama pada kondisi idle. Satu-satunya kelemahan LPDDR4X adalah part ini biasanya tidak bisa di-upgrade. Untuk para mobile content creator, kami melihat  jumlah 16GB akan mencukupi (setidaknya saat tulisan ini dibuat). Namun bisa jadi jumlah ini akan ‘kurang’ bagi pengguna yang memiliki workload lebih berat, sehingga opsi SODIMM DDR4-3200 yang upgradeable mungkin lebih cocok bagi power user.

 

Jumlah Core Massive: 8-Core pada Seri Tertinggi U dan H pada Ryzen

Seperti yang kami sebut di atas, fabrikasi 7nm memungkinkan AMD untuk memuat 8-Core pada konfigurasi tertingginya.

Berikut ini 2 produk dari Ryzen 4000 series mobile yang menggunakan 8-Core:

Ryzen 7 4800U (1.8Ghz Base, 4.2Ghz Boost, 15W TDP Range)

*klik untuk memperbesar

 

Ryzen 7 4800H (2.9Ghz Base, 4.2Ghz Boost, 45W TDP Range)

*klik untuk memperbesar

 

Chip Ryzen 4000 series mobile menggunakan konfigurasi up to 8-Core pada sebuah die monolithic, dan ada beberapa hal yang menarik adalah seputar spesifikasi prosesor ini:

  • L2 Cache 4MB total, berarti 512 KB per core (tidak berubah dari Zen2 desktop)
  • Tidak ada informasi seputar konfigurasi core dan CCX-nya (kami berasumsi ini menggunakan desain 4-core per CCX seperti yang sudah ada?)
  • L3 Cache 8MB Total, 2x lebih besar dari generasi pendahulu yang hanya memiliki 4MB L3.
  • Sebagai pembanding, Zen2 desktop memiliki 16MB per CCX, dan 32MB Total pada CPU yang memiliki 2 CCX
  • Terlihat informasi penggunaan FP6 BGA package/socket, berbeda dengan FP5 pada generasi sebelumnya. Ini berarti kebanyakan vendor notebook harus melakukan desain motherboard baru.
  • Semua prosesor ini memiliki rating temperatur maksimal pada 105 C
  • Jumlah Graphics Compute Unit pada 4800H lebih sedikit dari 4800U (8 CU pada 4800U, 7 CU pada 4800H)
  • Berbeda dengan Zen2 Desktop yang mendukung penggunaan PCIe Gen4, Zen2 pada Ryzen 4000 Mobile memiliki mode interkoneksi PCIe Gen 3.0

 

TDP

Ryzen 7 4800U dan 4800H adalah seri tertinggi yang diumumkan saat peluncuran, dan keduanya nampak jelas ditujukan untuk target form factor berbeda melihat TDP-nya: 4800U diset pada 15W(dengan configurable TDP antara 10-25W) dan 4800H diset pada 45W(cTDP 35-45W).

Sedikit bahasan mengenai Rating TDP

Rating TDP dari sudut pandang vendor CPU adalah sebuah satuan tertentu, untuk umumnya MEMPERKIRAKAN thermal output dari prosesor mereka (bukan nilai baku/pasti), ini dilakukan untuk ‘menghitung’ solusi cooler seperti apa yang dibutuhkan untuk menjaga suhu prosesor tersebut saat beroperasi.

Rating TDP BELUM TENTU merupakan power draw/konsumsi daya prosesor tertentu (Perlu diingat setiap vendor prosesor punya metode penghitungan TDP sendiri, TIDAK bisa dibandingkan).

Perlu diperhitungkan juga bahwa ada vendor prosesor merumuskan TDP pada saat prosesor dalam keadaan worst-case, base frequency(seringkali pada suhu mendekati suhu maksimal/TJMax prosesor), tanpa menghitung boost. Dan ini berarti pembandingan karakteristik prosesor berdasarkan TDP prosesor dari vendor / arsitektur berbeda akan menghasilkan data yang kurang akurat. 

Walaupun demikian, dari konteks power di prosesor, ada KORELASI antara TDP dengan Power draw (walaupun ‘korelasi’ disini tidak berarti ‘sama dengan’ ), dan ada beberapa vendor prosesor yang melakukan kalibrasi power sensor mereka dengan nilai sesuai perhitungan TDP untuk prosesor tersebut, setidaknya saat base clock (bukan saat Turbo/boost).

Misalnya Anda ingin melakukan pembandingan TDP, sebisa mungkin lakukan pada prosesor dengan vendor / arsitektur sama, seperti contoh berikut ini :

“Prosesor A dan B dibuat dengan arsitektur sama, dimana prosesor A memiliki Rating TDP 15W, dan prosesor B memiliki rating TDP 45W”

Data TDP ini bisa diinterpretasikan sebagai berikut:

  • Prosesor A dengan Rating TDP ’15W’ BELUM TENTU mengonsumsi 15W power, tapi cukup aman untuk BERASUMSI bahwa Prosesor B yang ’45W’ akan mengonsumsi daya lebih besar dari yang 15W, dan menghasilkan thermal output lebih besar (walau belum dipastikan seberapa besar, dan ini butuh pengukuran yang lebih presisi), 
  • Prosesor B 45W di sini pastinya membutuhkan solusi cooling lebih baik dari prosesor A 15W
  • Dalam konteks performa, umumnya prosesor B 45W dengan Rating TDP lebih tinggi akan lebih sering diizinkan untuk mencapai clockspeed/turbo lebih tinggi, dan lebih lama, karena prosesor dengan rating TDP besar umumnya juga memiliki ‘power budget’ lebih besar.
  • Nilai Rating TDP dari prosesor A dan prosesor B BELUM TENTU menunjukkan seberapa tinggi TDP prosesornya saat Boost/Turbo(bila ada fitur boost), karena bisa jadi ada perangkat tertentu yang mendapat ‘izin’ untuk menjalankan prosesornya pada rating boost lebih tinggi dari standarnya, misalnya karena komponen VRM yang bagus, atau pendingin yang besar.

 

Boost Clock

Maximum boost clock pada 4800U dan 4800H nampak tidak berbeda yakni up to 4.2 Ghz, menandakan kedua prosesor ini memiliki level chip binning yang serupa. Meskipun perlu diingat, mekanisme Turbo/Boost pada hardware modern memiliki ‘syarat dan ketentuan berlaku’, yang akan aktif maksimal di kondisi tertentu. Untuk AMD sendiri, pada prosesor Zen2 desktop, Maximum Turbo Boost clockspeed hanya tercapai pada load ringan 1-core, inipun akan selalu berubah sesuai dengan kondisi (suhu,power,current,etc).

Kami sendiri sangat penasaran dengan konfigurasi 8-core, seberapa jauh boost clock prosesor 4800U akan bertahan(sustained) pada load berat, dan seberapa jauh prosesor ini ‘diiziinkan’ bekerja di luar TDP 15W-nya. AMD mencatatkan pada product page mereka bahwa ada opsi untuk membuat 4800U menjadi 25W TDP, walaupun ini pastinya bergantung pada target desain dari notebook yang menggunakan prosesor tersebut. Makin tipis desain-nya, kemungkinan besar prosesor ini akan beroperasi dekat dengan rating TDP standar 15W.

 

Halaman berikutnya : Performance Preview, Laptop dengan Ryzen 4000 Mobile, serta semua list prosesor Ryzen 4000 Mobile

 

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES