in: Direct Release | January 27, 2020 | by: Jagat Review

Direct Release: Karya Terbaru Gina S Noer Tayang di GoPlay, Tawarkan Drama Komedi Keluarga dengan Mengangkat Perempuan yang Berdaya

Jakarta, 24 Januari 2020 – Bagaimana jadinya jika dua perempuan dari dua keluarga berbagi cinta seorang pria dan dengan dibalut kompleksnya mengurus sebuah restoran Minang? Ide ini muncul di benak kreator serial Saiyo Sakato, Gina S. Noer, saat tengah membeli sate ayam di pinggiran Jakarta pada tahun 2015. Ide tersebut terus berkembang, bahkan sempat dilirik  oleh sebuah stasiun televisi swasta. Namun Gina dan Wahana Kreator tetap konsisten mencari proses kreatif termaksimal untuk ide ini. Hingga akhirnya bertemu dengan GoPlay, platform video-on-demand yang merupakan bagian dari ekosistem Gojek.

Saiyo Sakato, berarti ‘seia sekata’ dalam bahasa Minang. GoPlay dan Wahana Kreator memiliki visi dan misi sama untuk memberikan tayangan berkualitas kepada masyarakat Indonesia. Sepaham dalam visi inilah yang menjadi alasan GoPlay untuk segera meminang serial bergenre drama komedi ini. Saiyo Sakato pun kemudian resmi menjadi salah satu konten unggulan GoPlay Original. Saiyo Sakato menghidangkan 10 episode kepada pecinta serial tanah air setiap hari Kamis, sejak 16 Januari 2020. Dalam menghadirkan Saiyo Sakato, Gina tak sendiri, tetapi didukung showrunner lainnya yaitu, Salman Aristo dan Arief Ash Shiddiq.

VP Marketing GoPlay Sasha Sunu mengungkapkan, “Sebuah kebanggaan bagi GoPlay untuk dapat bekerja sama dengan Wahana Kreator yang memiliki komitmen yang sama dalam menghadirkan tayangan berkualitas bagi masyarakat Indonesia. Tak hanya itu, kami juga excited menayangkan serial yang ternyata juga merupakan buah karya serial pertama seorang kreator dengan 14 tahun pengalaman berkarir di industri perfilman. Saiyo Sakato menjadi karya Gina, sang pemenang PIala Citra 2019, dalam genre drama keluarga yang dibalut dengan sentuhan-sentuhan khas budaya Minang dan komedi ringan yang mengundang tawa.”

Sasha menambahkan, “Cerita keluarga dengan sentuhan lokal punya daya tarik tersendiri, yang membuat kita membaur dengan para karakter. Kreator mengajak kita untuk larut dalam drama komedi yang secara apik menyajikan dua sosok perempuan tangguh dalam menghadapi masalah dalam keluarga, serta karakter-karakter lainnya dengan sejumlah subplot. Semua dikemas sedemikian rupa untuk menuntun penonton memahami bahwa setiap keluarga di sekitar kita sebenarnya memiliki cerita.”

Serial ini sekaligus menjadi wujud komitmen GoPlay dalam mendukung industri film tanah air yang kami harapkan dapat menjadi pilihan konten berkualitas bagi masyarakat. Sasha optimis kesegaran dan keunikan cerita Saiyo Sakato akan menarik antusiasme masyarakat, apalagi dengan dibumbui  kelezatan masakan Minang sebagai kuliner khas tanah air yang banyak dihadirkan dalam serial ini. Suguhan serial ini menjadi semakin ditunggu masyarakat dengan kehadiran aktor kenamaan Indonesia sebagai pemeran utama, seperti Cut Mini, Nirina Zubir, dan Lukman Sardi, yang didukung sederet aktor lainnya termasuk Chicco Kurniawan, Fergie Britney, Jourdy Pranata, Dean Panendra, dan Indra Jegel, serta aktris senior tanah air Ida Leman.

Masakan Minang Jadi Penentu Pertikaian Cut Mini dan Nirina Zubir

Saiyo Sakato bercerita mengenai Mar (Cut Mini) dan Nita (Nirina Zubir) yang mendapati kenyataan bahwa mereka ternyata berbagi suami yang sama, yaitu Da Zul (Lukman Sardi). Kenyataan pahit tersebut mereka dapati tak lama setelah wafatnya Da Zul, sang pemilik restoran Minang. Tidak hanya berbagi  suami, mereka juga mengelola restoran Minang dengan nama yang sama, Saiyo Sakato. Tak hanya itu, Da Zul mewariskan buku resep yang sama baik kepada  Mar maupun Nita. Konflik segera muncul tatkala Mar tidak menerima tindakan Nita yang nekat membuka usaha restoran masakan Minang  dengan nama serupa persis di seberang restoran miliknya.

Terdapat banyak pesan kehidupan yang disampaikan melalui Saiyo Sakato. Salah satunya adalah penggambaran para tokoh dalam menemukan “resep” cinta dan dan rasa sayang melalui masakan. Mereka berusaha melindungi dan menyayangi keluarga di tengah konflik yang tak pernah mereka bayangkan sebelumnya. Sosok suami dan ayah yang selama ini menjadi panutan dan begitu diidolakan, ternyata menuntun mereka pada hal yang tak terduga walau tetap berbumbu renyah dengan gaya khas para pemain yang memiliki kemampuan akting jempolan.

CEO Wahana Kreator dan Showrunner Saiyo Sakato Salman Aristo pun menyambut sangat baik kolaborasi perdana bersama dengan GoPlay, “Saya berharap bahwa kolaborasi Wahana Kreator dan GoPlay dapat terus berlanjut, sehingga bisa melahirkan konten-konten yang berkualitas yang selama ini sangat dirindukan oleh penonton Indonesia. Saiyo Sakato adalah serial yang panjang dan hangat pembuatannya, dengan penggambaran riuhnya keluarga khas Indonesia, lengkap dengan saputan tipis asap dapur, kekentalan kuah kalbu, legitnya konflik, dan potongan-potongan rindu yang tak tertolak,” tambah Salman.

Kreator, Showrunner, Sutradara, dan Penulis Saiyo Sakato Gina S Noer mengungkapkan, “Saya bangga bisa bekerja sama dengan para kru dan pemain terbaik dalam menghadirkan Saiyo Sakato, “bayi” yang idenya hadir sejak lima tahun lalu. Saya menuliskan serial ini dengan Cut Mini dan Nirina Zubir dalam bayangan saya. Jadi, menyatukan mereka berdua seperti mimpi jadi kenyataan. Kebahagiaan lainnya adalah bekerja sama dengan sutradara berbakat Aditya Ahmad dan sutradara yang memberikan keotentikan Minang, Arief Malinmudo.” Gina menambahkan, “Saiyo Sakato bukan hanya memberi kesempatan mengulik cerita drama yang edgy dalam balutan komedi, tapi memberi kesempatan pada para penulis baru, kru baru, dan pemain baru untuk berkolaborasi serta menunjukkan bakat mereka. Regenerasi adalah kesempatan yang dibuka oleh medium serial. Ini adalah “investasi” kolaborasi GoPlay dan Wahana Kreator untuk industri kreatif Indonesia agar terus lebih baik,” jelas Gina.

Sebagai hasil kreasi GoPlay Original, Saiyo Sakato telah tersedia secara eksklusif di GoPlay. Berbeda dengan layanan video on-demand lainnya, GoPlay tak hanya menawarkan film dan serial berkualitas namun juga kesempatan untuk mendapatkan pengalaman terbaik dari produk dan  layanan lain di dalam ekosistem Gojek. “Agar pengguna Gojek yang juga pecinta serial TV dapat semakin mudah menikmati serial favorit di GoPlay, kami persembahkan  berbagai tawaran menarik termasuk cross promotion dengan produk lainnya, seperti GoFood yang merupakan salah satu produk utama kami.” tambah  Sasha.

Para pengguna Gojek maupun pecinta film dan serial di seluruh Indonesia dapat mengunduh aplikasi GoPlay baik di Android maupun iOS dan dapat mengakses GoPlay dengan mudah melalui berbagai cara. Cara pertama yakni dengan biaya Rp89.000 untuk mendapatkan akses GoPlay selama satu bulan melalui GoBills. Cara berikutnya,  dengan biaya Rp99.000 pengguna Gojek dapat menikmati GoPlay selama dua minggu sekaligus memperoleh 60 voucher GoFood senilai Rp600.000.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES