in: News | January 6, 2020 | by: Rifqi Sulthan

Intel NUC 9 Extreme Kit “Ghost Canyon NUC” Diperlihatkan di CES 2020

Dalam rangka pameran CES 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat Intel tentunya tidak mau ketinggalan menyuguhkan beragam produk terbarunya. Namun kali ini yang ditampilkan memang sangat unik dan mengundang banyak pertanyaan: sebuah NUC. Apa yang aneh dengan sebuah NUC? Mari kita bahas sedikit ya.
Intel NUC 9 Extreme Kit “Ghost Canyon NUC” ini agak “menyalahi kodrat” sebagai sebuah NUC yang menurut kami secara klasik adalah PC desktop super-kecil. Karena yang ini sudah agak besar. Meski demikian, ukurannya tetap tergolong kecil untuk sebuah PC desktop. Intel mengungkap bahwa Ghost Canyon ini akan memiliki volume hanya 5 Liter. Jadi, memang cukup kecil. Pertemuan kami pertama kali dengan NUC ini pun membuat kami berpikir, ” kecil sekali ya, untuk apa yang dimilikinya.”
Ini adalah NUC pertama yang memiliki opsi untuk menggunakan Core i9 yang unlocked. Ini berarti Ghost Canyon akan memilki kemampuan overclocking, sama seperti NUC bernama Canyon lainnya. Pertanyaannya: apakah NUC ini memiliki cukup daya dan kemampuan pendinginan untuk melakukan overclocking yang berarti?
Dalam slide presentasi terlihat dan jelas dibahas bahwa prosesor NUC ini dapat di-upgrade. Ini sangat menarik, karena berarti pengguna seharusnya bisa saja membeli versi Core i5 dan melakukan upgrade ke Core i7 atau i9 di kemudian hari. Membuatnya menjadi NUC yang bisa berumur panjang sekali. Uniknya, prosesor yang dipakai adalah prosesor desktop. Kami cukup yakin, karena logo yang digunakan adalah logo generasi ke-9. Di awal 2020 ini Intel belum mengumumkan prosesor desktop generai ke-10.
Ghost Canyon akan menjadi NUC pertama yang bisa mudah di-upgrade graphics card-nya. Belum jelas ukuran card yang dibutuhkan untuk NUC ini, tapi kemampuan menambah GPU bertenaga membuat kami makin yakin bahwa NUC ini akan bisa cukup lama digunakan oleh pembelinya.
Melihat dari penampilannya, NUC yang satu ini akan keren sekali untuk gamers dan content creator. Performanya tentu bisa tinggi dan 3 sisinya penuh berlubang untuk ventilasi. Membuatnya seharusnya mudah didinginkan untuk penggunaan jangka panjang. Detail selanjutnya mengenai NUC ini tentunya akan kami update terus. Jangan lupa untuk cek berita terakhir di sini dan liputan videonya di kanal YouTube JagatReview ya.
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES