Keynote Pertama Intel di CES 2020: Laptop Baru Tahun 2020 Harusnya Begini! (Plus Bahas AI, GPU Intel, Tiger Lake, dan Comet Lake H)

Reading time:
January 7, 2020

Gelaran CES 2020 yang diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat pada awal tahun ini menjadi pusat dipamerkannya berbagai inovasi dan teknologi terbaru milik perusahaan-perusahaan IT. Tak ketinggalan, Intel sebagai salah satu produsen prosesor terkemuka juga turut meramaikan event ini dengan mengumumkan sekaligus memamerkan berbagai teknologi terbaru mereka. Tim JagatReview berkesempatan untuk hadir pada gelaran CES 2020 dan meliput berbagai teknologi yang dipamerkan oleh Intel. Berikut liputannya:

Intel NUC 9

5

Pada sneakpeek preview yang diadakan oleh Intel, tim JagatReview berkesempatan untuk melihat secara langsung demo dan produk NUC terbaru dari Intel. Intel NUC 9 “Ghost Canyon NUC” ini memiliki ukuran yang tergolong besar jika dibandingkan dengan NUC generasi sebelumnya, walaupun ukurannya hanya 5 liter, atau seukuran sebuah Mini PC. NUC ini dirancang dengan desain yang upgradeable, sehingga pengguna dapat menyematkan kartu grafis dan melakukan upgrade RAM pada PC ini.

Comet Lake-H

1 1

Intel baru saja mengumumkan keluarga prosesor terbaru penerus Coffee Lake H, yakni Comet Lake-H. Walaupun masih menggunakan fabrikasi 14 nm, prosesor yang biasa terdapat di laptop gaming dan content creation ini dijanjikan akan mampu mencapai clock 5 GHz pada varian Core i7-nya.

Project Athena

1 2

Intel mengklaim bahwa hingga awal 2020 ini sudah terdapat sekitar 25 laptop dari berbagai produsen yang masuk ke dalam Project Athena. Jumlah ini akan terus bertambah, dan Intel menyatakan bahwa akan jumlah tersebut akan menjadi 50 laptop di tahun 2020 ini. Intel juga melakukan kerjasama dengan Google untuk merancang Chromebook yang memenuhi syarat Project Athena.

Kerja Sama dengan Mediatek

Pada Keynote pertamanya, Intel juga mengumumkan kerja sama mereka dengan Mediatek untuk merancang modem LTE & 5G pada perangkat laptop. Kerja sama ini diharapkan mampu membentuk sebuah standar, sehingga produsen laptop tidak perlu merancang pemasangan modem oleh mereka sendiri.

Form Factor Terbaru, Dual Big Screen & Foldable

1 3

Di gelaran CES 2020 ini Intel turut memamerkan form factor terbaru untuk laptop, yakni foldable. Terdapat laptop Lenovo Thinkpad X1 Fold yang layarnya dapat dilipat ditampilkan pada event ini. Selain itu, terdapat sebuah konsep laptop dari Intel yang juga memiliki layar yang dapat dilipat, dan diberi nama Intel Horseshoe Bend. Satu produk konsep laptop dengan dua layar besar juga hadir dari Dell, yakni Dell Concept Duet.

Artificial Intelligence (AI)

Intel bekerjasama dengan Adobe turut mendemonstrasikan cara kerja AI yang terdapat pada prosesor mereka menggunakan fitur dari Adobe, yakni Adobe Sensei. Fitur ini mampu memanfaatkan akselarasi AI pada prosesor untuk melakukan image selection secara otomatis pada aplikasi Adobe Photoshop. Fitur ini juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan object tracking saat reframe pada Adobe Premiere Pro.

Tiger Lake

Tiger Lake merupakan prosesor penerus Ice Lake yang direncanakan hadir pada tahun 2020. Prosesor ini telah memiliki fitur WiFi-6 (ax) dan Thunderbolt 4 yang terintegrasi dengan prosesornya.

DG1 – GPU Diskrit dari Intel

Dan terakhir ada DG1, sebuah GPU diskrit dari Intel yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan gaming dan content creation. Terdapat demonstrasi performa dari DG1 saat keynote berlangsung dengan memainkan game Destiny 2 di panggung.

Kami juga telah merangkum keynote pertama dari Intel di CES 2020 dalam sebuah video yang dapat anda saksikan berikut ini:

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…