in: News | January 10, 2020 | by: Gatot Tri Yuwono

Legion BoostStation: eGPU Pertama Lenovo Untuk Dongkrak Performa Grafis Laptop

Tidak hanya ThinkPad, Yoga, dan IdeaPad, Lenovo juga memperkenalkan produk terbaru mereka dari lini Legion pada gelaran CES 2020. Kali ini, Lenovo memperkenalkan dua produk terbaru dari keluarga Legion yaitu Laptop Gaming Lenovo Legion Y740S dan eGPU Lenovo Legion BoostStation. Kami kesampingkan dulu pembahasan Laptop Gaming terbaru dari Lenovo pada artikel kali ini walaupun sebenarnya kedua produk tersebut saling melengkapi.

Apabila Anda tidak mengetahui jika Lenovo pernah memiliki produk eGPU sebelumnya tidak perlu merasa ketinggalan zaman. Lenovo memang baru pertama kali mempunyai produk eGPU yang ditandai dengan kehadiran Legion BoostStation. Seperti produk eGPU dari produsen lainnya, Lenovo Legion BoostStation dapat digunakan untuk melakukan Upgrade performa grafis pada Laptop dengan menggunakan kartu grafis PC Desktop. Tentunya Lenovo Legion BoostStation menggunakan konektivitas Thunderbolt 3 yang mampu menyediakan jalur pertukaran data dengan kecepatan hingga 40 Gbps. Seharusnya, semua Laptop dengan konektivitas Thunderbolt 3 dapat menggunakan Legion BoostStation baik dari merk Lenovo atau diluar itu.

Bodi Lenovo Legion BoostStation dibuat dari material alumunium tebal yang membuat bobotnya mencapai 8,5 kg. Walaupun begitu bobot sebesar itu dibayar dengan bodi yang sangat kokoh. Ukuran bodi adalah sebesar 36,5 cm x 17,2 cm x 21,2 cm dan sanggup menampung kartu grafis sebesar 32 x 15 x 6 cm. Untuk saat ini belum diketahui daftar lengkap kartu grafis apa saja yang dapat digunakan Laptop ini tetapi Lenovo akan menawarkan paket penjualan dengan kartu grafis GeForce RTX 2060 atau Radeon RX 5700XT. Dengan komponen Power Supply 500 Watt di dalamnya, seharusnya Lenovo Legion BoostStation sanggup menangani RTX 2080 Ti sekalipun sambil tetap menyediakan suplai daya untuk Laptop yang terhubung. Anda tidak perlu lagi menggunakan Charger Laptop jika Laptop sudah terhubung ke Lenovo Legion BoostStation yang membuatnya lebih praktis.

 

Tidak hanya dapat menampung kartu grafis, Lenovo Legion BoostStation juga mampu menampung Storage. Terdapat satu slot SATA untuk Storage 3,5/2,5 inci dan dua buah slot M.2 untuk SSD NVMe PCIe. Sementara pada sisi belakang bodi Lenovo Legion BoostStation dapat ditemukan sejumlah konektor seperti 2X USB 3.1 Gen 1, 1X USB 2.0, 1X Thunderbolt 3, 1X HDMI, 1X Ethernet, dan 1X AC-IN. Lenovo Legion BoostStation juga dirancang untuk dapat dikonfigurasi tanpa memerlukan obeng yang membuatnya lebih praktis.

Lenovo Legion BoostStation akan mulai dijual pada bulan Mei 2020 mendatang. Harga jualnya adalah $249 yang tampaknya adalah harga untuk unit eGPU saja tanpa kartu grafis di dalamnya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES