in: News | January 8, 2020 | by: Gatot Tri Yuwono

Lenovo IdeaPad Creator 5: Laptop Content Creation yang Seharusnya Akan Murah

Semakin tingginya pasar Content Creation membuat banyak produsen PC semakin serius menggarapnya terlebih di segmen Laptop, Dahulu, Laptop dengan kemampuan Content Creation terbaik ditemukan pada Laptop Gaming. Akan tetapi jika kita melihat tren belakangan ini, produsen tampak mulai memisahkan lini produk mereka untuk Gaming dan Content Creation walaupun sebenarnya Laptop Content Creation akan menggunakan spesifikasi CPU dan GPU yang sama dengan Laptop Gaming.

Di gelaran CES 2020 Lenovo memperkenalkan jajaran produk Creator Series mereka yang dirancang khusus untuk menangani Content Creation. Terdapat lima produk yang mencakup satu PC Desktop, dua Monitor, dan dua Laptop. Untuk Laptop, salah satu produk yang diperkenalkan adalah Lenovo IdeaPad Creator 5. Nama IdeaPad mengindikasikan jika Laptop ini akan menawarkan harga jual yang menarik dan tentunya kemampuan di Content Creation akan sama baiknya dengan Laptop lain dengan spesifikasi setara.

Salah satu daya pikat dari Lenovo IdeaPad Creator 5 ada pada komponen layar 15,6 inci yang digunakan. Layar tersebut menggunakan panel IPS dengan resolusi Full HD. Istimewanya, tingkat Color Gamut layar Lenovo IdeaPad Creator 5 adalah 100% AdobeRGB dengan Delta E<2. Membuat layar tersebut mampu menampilkan warna sangat akurat dimana hal ini penting dalam dunia Content Creation. Cukup mengejutkan memang jika Laptop kelas IdeaPad dilengkapi panel layar Premium seperti itu.

Layar seperti itu tentunya juga harus ditunjang dengan “dapur pacu” bertenaga yang memastikan proses pembuatan konten berjalan mulus. Laptop ini akan menggunakan prosesor Intel Core 10th Gen yang kami asumsikan adalah Core 10th Gen H-Series “Comet Lake”. Sementara untuk kartu grafis akan menggunakan GeForce GTX Series paling baru (kami asumsikan GTX 16 Series) dengan NVIDIA Studio Driver. Laptop ini juga mendukung kapasitas RAM hingga 16 GB dan konfigurasi Storage SSD M.2 + SSD/HDD SATA.

Lenovo IdeaPad Creator 5 memiliki bobot sekitar 2,2 kg yang tergolong masuk akal untuk spesifikasi yang digunakan. Sejumlah fitur khas Lenovo juga hadir pada produk ini seperti Lenovo Q-Control untuk mengatur Performance Profile juga dihadirkan pada Laptop ini, Privacy Shutter untuk kamera, dan Rapid Charging untuk mempercepat pengisian daya komponen baterai yang diklaim mampu bertahan hingga 8 jam. Lenovo IdeaPad Creator 5 akan hadir dalam pilihan warna Dark Moss.

Sayang sekali belum ada kepastian dari Lenovo berapakah harga Lenovo IdeaPad Creator 5 ini nantinya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES