in: News | January 9, 2020 | by: Gatot Tri Yuwono

Lenovo ThinkBook Plus: Kerja Lebih Produktif dengan Layar Ekstra

Keluarga Laptop Lenovo ThinkBook mendapatkan anggota baru bertepatan dengan dimulainya gelaran CES 2020. ThinkBook sendiri merupakan jajaran terbaru produk Business Laptop dari Lenovo yang ditujukan untuk kalangan SMB (Small Medium Business) atau lebih dikenal sebagai UKM (Usaha Kecim Menengah) di Indonesia. Salah satu daya pikat Lenovo ThinkBook adalah harganya yang tidak setinggi ThinkPad tetapi tetap mengusung fitur esensial sebuah produk Business Laptop. Kali ini Lenovo memperkenalkan ThinkBook Plus. Laptop terbaru ini diklaim mampu membuat penggunanya lebih produktif dalam bekerja.

Nilai jual Lenovo ThinkBook Plus terletak pada penambahan layar kedua pada permukaan sisi belakang layar utama. Uniknya, layar kedua itu menggunakan panel e-Ink seperti umum dijumpai pada perangkat e-Book Reader. Layar e-Ink tersebut memiliki ukuran 10,8 inci dan tetap dapat digunakan bahkan saat Laptop dalam keadaan Sleep. Dengan adanya layar tersebut membuat pengguna tidak perlu menghidupkan Laptop untuk melakukan sejumlah pekerjaan sederhana.

Lenovo menyebutkan ada banyak skenario yang dapat dilakukan layar e-Ink tambahan itu. Salah satunya adalah menampilkan notifikasi seperti untuk Email, kondisi baterai, jadwal di kalender, tanggal, waktu, bahkan kondisi cuaca. Kemampuan Modern Standby ThinkBook Plus membuat Laptop ini tetap “sadar” untuk menampilkan notifikasi. Diharapkan dengan menampilkan notifikasi pada layar kedua, pekerja akan lebih fokus pada apa yang penting seperti saat sedang melakukan rapat.

Layar kedua itu juga dapat digunakan untuk menulis catatan baik dengan menggunakan jari tangan ataupun Stylus yang disertakan. Bahkan catatan yang ditulis akan langsung disimpan oleh aplikasi OneNote secara Online.

Tentunya layar e-Ink tersebut juga dapat digunakan untuk membaca dokumen baik dalam bentuk PDF atau seperti e-Book Amazon Kindle. Pengguna juga dapat menuliskan catatan tambahan pada dokumen yang dibuka dengan menggunakan Stylus atau jari tangan.

Tidak ketinggalan layar kedua juga dapat dikostumisasi tampilannya dengan menggunakan Wallpaper seperti halnya di layar utama.

Lenovo ThinkBook Plus juga mendukung Amazon Alexa dengan empat mikrofon untuk pengenalan suara lebih akurat. Amazon Alexa juga dapat ditampilkan pada layar e-Ink tersebut.

Sejumlah mekanisme perliundungan juga ditambahkan Lenovo pada ThinkBook Plus terutama untuk informasi yang akan ditampilkan pada layar kedua agar menjadi konsumsi pribadi saja.

Lenovo menyediakan aksesoris Sleeve khusus yang memberikan perlindungan ekstra pada layar kedua agar terhindar dari kejadian tidak diinginkan.

Untuk urusan dapur pacu Lenovo ThinkBook Plus mengandalkan prosesor Intel Core 10th Gen. Tidak diketahui apakah Core 10th Gen Ice Lake atau Comet Lake tetapi kemungkinan besar adalah Comet Lake. Layar utama berukuran 13,3 inci resolusi Full HD dengan Color Gamut 100% sRGB dan tingkat kecerahan 300 Nits. Untuk Storage tersedia pilihan dengan SSD atau menggunakan konfigurasi Intel Optane. Tentunya fitur kemanan biometrik juga ada disini dengan sensor pengenal sidik jari yang menyatu dengan tombol Power On/Off. Tidak ketinggalan Laptop ini juga mendukung konektivitas nirkabel Wi-Fi 6 dan Bluetooth V5.0.

Laptop Lenovo ThinkBook Plus akan mulai dijual pada bulan Maret 2020 mendatang dengan harga jual mulai dari $1199.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES