in: News | January 7, 2020 | by: Gatot Tri Yuwono

Lenovo ThinkPad X1 Fold: Laptop Layar Lipat Jadi Kenyataan

 

Beberapa waktu ini kita telah dibuat kagum dengan munculnya Smartphone canggih dari sejumlah produsen dengan teknologi layar lipat yang belum pernah diimplementasikan sebelumnya. Akan tetapi teknologi layar lipat ternyata tidak eksklusif hanya digunakan pada perangkat Smartphone saja. Pada ajang CES 2020 kali ini, Lenovo membuktikannya dengan menghadirkan Laptop/PC layar lipat pertama di dunia – ThinkPad X1 Fold.

Layar Lenovo ThinkPad X1 Plus memiliki ukuran 13,3 inci dengan Aspect Ratio 4:3. Tentunya agar layar dapat dilipat seperti pada Smartphone, Laptop ini menggunakan panel serupa yaitu OLED yang dibuat produsen LG. Layar Lenovo ThinkPad X1 Fold akan berada pada sisi dalam bodi saat engsel layar ditengah bodi ditekuk. Yang menarik adalah dalam keadaan dilipat, ukuran bodi Lenovo ThinkPad X1 Fold langsung menyusut dan membuatnya tampak sebesar Smartphone layar besar.

Lenovo ThinkPad X1 Fold menggunakan engsel khusus “multi-link torque hinge mechanism” yang diklaim mampu bertahan dengan sangat baik walaupun dibuka tutup secara intensif. Engsel tersebut memang telah melalui proses pengembangan yang sangat serius dimana Lenovo melakukan perubahan desain hingga enam kali untuk menyempurnakannya. Tidak sampai disitu saja, engsel itu dibuat dari perpadua material logam ringan dan Carbon Fibre sehingga mampu menawarkan durabilitas tetap tinggi tetapi dengan bobot lebih ringan. Pada bagian bawah layar pun diperkuat dengan lapisan khusus yang membuat layar tetap rata walaupun dioperasikan dengan sentuhan jari atau Stylus.

Seperti inilah kondisi saat Laptop Lenovo ThinkPad X1 Fold dalam keadaan ditutup, Akan muncul celah diantara bodi dimana ada alasan tersendiri mengapa hal ini terjadi.

 

Layar Lenovo ThinkPad X1 Fold tentunya dapat digunakan secara utuh untuk menjalankan satu aplikasi untuk satu aktivitas.

Akan tetapi, pengguna tentunya juga dapat membagi layar tersebut sehingga dapat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan tanpa menggangu satu sama lain.

Layar satunya juga dapat digunakan untuk menampilkan Virtual Keyboard untuk mengetik atau menulis catatan dengan Stylus yang disertakan saat membeli Lenovo ThinkPad X1 Fold ini.

Untuk yang tidak terbiasa dengan Virtual Keyboard, Lenovo ThinkPad X1 Fold tetap menyertakan Physical Keyboard yang dapat ditempatkan di atas layar sehingga berfungsi seperti Laptop konvensinal atau dapat pula digunakan secara terpisah seperti pada gambar di atas.

 

Menariknya, Physical Keyboard yang disertakan saat membeli Lenovo ThinkPad X1 Fold dapat disimpan dibagian tengah dengan diapit bodi sehingga lebih mudah dibawa. Inilah jawaban mengapa Lenovo memberikan celah/ruang pada bagian tengah saat layar ditutup.

Lenovo ThinkPad X1 Fold akan ditenagai Platform terbaru dari Intel dengan Codename LakefieldĀ yang sudah menggunakan proses fabrikasi 10 nm. Laptop ini juga disebutkan akan mendukung konektivitas 5G walaupun belum diketahui Chip buatan siapa yang akan digunakan.

Laptop Lenovo ThinkPad X1 Fold direncanakan akan mulai dijual pada pertengahan tahun 2020 dengan harga dimulai dari $2499. Untuk peluncuran awal Lenovo ThinkPad X1 Fold akan menggunakan sistem operasi Windows 10. Akan tersedia pula versi yang menggunakan Windows 10X yang dirancang untuk perangkat dengan layar Foldable yang akan dirilis beberapa waktu setelahnya.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES