in: News | January 7, 2020 | by: Yufianto Gunawan

Produk Komponen PC Baru MSI di CES 2020: Untuk Gamer dan Creator

Setelah lama dikenal sebagai perusahaan yang banyak memberikan perhatian ke kalangan gamer, MSI, salah satu perusahaan teknologi ternama dari Taiwan, menyebutkan bahwa kini mereka juga menaruh fokus ke kalangan content creator. Belakangan, produk MSI untuk kalangan creator memang mulai bermunculan. Namun, itu bukan berarti mereka meninggalkan gamer. Hal itu dibuktikan MSI di CES 2020 kali ini, dengan menampilkan berbagai produk baru untuk dua kalangan berbeda itu. Kali ini, kami akan membahas produk-produk baru MSI, selain laptop yang sudah kami bahas di artikel terpisah, yang juga diperkenalkan di acara akbar yang tengah digelar di Las Vegas, AS ini.

Monitor Gaming Terbaru

Di kategori monitor, MSI memiliki tiga produk baru, yang kali ini semuanya ditujukan untuk kalangan gamer. Pertama, ada Optix MPG342CQR, monitor gaming dengan curvature 1000R yang hadir dengan teknologi Quantum Dot. Monitor ini menawarkan diagonal 34″ dengan rasio 21:9, resolusi 3440 x 1440 piksel serta 1.07 miliar warna. Hadir dengan refresh rate 144 Hz, monitor ini juga menawarkan sertifikasi HDR400 dan dibekali fitur Gaming OSD.

Berikutnya, ada Optix MEG381CQR, yang menawarkan berbagai fitur HMI (Human-Machine Interface), seperti beberapa kontrol melalui Control Dial dan juga informasi tambahan di OLED panel yang ditempatkan di sisi kiri bawah layar. OLED panel tersebut bisa digunakan untuk menampilkan informasi seperti suhu operasi CPU dan GPU, sehingga mempermudah pengguna memantau kondisi PC mereka sembari bermain game. Monitor ini dibekali sertifikat HDR600 dan Steelseries GameSense.

Optix MEG381CQR – perhatikan Control Dial dan panel OLED di sisi kiri bawah monitor.

Terakhir, ada monitor portabel Optix MAG161V. Monitor ini menggunakan panel IPS dengan refresh rate 240 Hz dan dihubungkan ke PC melalui USB Type C atau HDMI. MSI menyebutkan bahwa skenario penggunaan monitor ini akan berguna bagi gamer dan content creator, yang membutuhkan layar tambahan untuk laptop mereka, yang tetap mudah dibawa, untuk berbagai hal.

Optix MAG161V terpasang ke laptop

MSI sendiri memang belum terlalu lama berkecimpung di dunia monitor. Namun, dalam sekitar 2 tahun dari debutnya, MSI bisa dikatakan mendapatkan sambutan yang baik di ranah monitor ini, dengan lebih dari 1 juta monitor terjual. Selain produk untuk gaming, MSI juga memiliki monitor untuk content creation, Prestige Series.

Input Device Spesial untuk Content Creator

Beralih ke content creation, MSI memperkenalkan CK40 Keyboard, CM30 Mouse, dan CH40 Wireless Earbuds. Ketiganya hadir dengan warna dasar putih dan didesain khusus untuk mengakomodasi kebutuhan content creator, walaupun tidak tertutup juga kemungkinan penggunaan oleh kalangan gamer. Ketiga perangkat tersebut sama-sama merupakan perangkat wireless.

CK40 Keyboard dibekali dengan switch scissor yang tidak berisik, sehingga tidak mengganggu konsentrasi penggunanya. CM30 Mouse didesain dengan gaya yang mencerminkan kreativitas, tetapi tidak mengurangi sisi ergonomi dan kenyamanan pemakaian oleh pengguna. Kedua perangkat ini hadir dengan konektivitas multi-mode, mendukung Bluetooth 4.2 dan wireless 2.4 GHz.

hdr

Sementara untuk CH40 Wireless Earbuds, perangkat ini mendukung konektivitas Bluetooth 5.0 dan cocok untuk penggunaan jangka panjang sekalipun karena desainnya yang mengutamakan kenyamanan pengguna. Seperti kebanyakan earbud di era saat ini, terdapat case khusus untuk perangkat ini, yang digunakan untuk menyimpan sekaligus mengisi ulang daya baterai di kedua unit earbud.

Komponen PC yang Tampil di CES 2020

Sementara untuk komponen PC, MSI menampilkan beberapa perangkat, salah satunya adalah GeForce RTX 2080 Ti Lightning 10th Anniversary Edition yang memenangkan penghargaan dari CES 2020. Graphics card ini memang bukan merupakan produk terbaru MSI, tetapi tetap bisa dikatakan menarik karena merupakan produk yang ditujukan untuk memperingati 10 tahun inovasi MSI di graphics card kelas premium. Ke depan, MSI tampaknya akan kembali menghadirkan graphics card “Lightning” terbaru mereka, saat ada GPU baru yang dirasa MSI layak.

hdr

Kemudian, ada beberapa graphics card desain baru yang disiapkan untuk kalangan content creation. Belum banyak hal diungkap MSI terkait jajaran produk ini. Namun, tampaknya varian-varian awal graphics card content creation ini akan menggunakan GPU dari NVIDIA, dari lini GeForce RTX.

Ada juga beberapa motherboard yang ditampilkan MSI di sekitar area acara mereka di CES 2020, di The Venetian, Las Vegas, AS ini. Beberapa motherboard yang ditampilkan itu mengusung chipset AMD X570, yang ditujukan Ryzen 3000 Series desktop, untuk lini gaming mereka. Namun, MSI juga punya motherboard Creation Series yang ditujukan untuk kalangan content creator.

PC Gaming MEG Aegis Ti5: Tawarkan Kontrol Performa dengan Mudah

Perangkat baru lain yang ditampilkan MSI di CES 2020 ini adalah desktop MEG Aegis Ti5 yang hadir dengan Gaming Dial. PC ini mengusung desain yang menarik, dengan performa tinggi dari Core i9 10th Gen. dan GeForce RTX 2080 Ti. Menariknya, untuk kontrol performa on-the-fly, terdapat sebuah knob di sisi depan dengan panel OLED, yang bisa digunakan untuk memilih preset performa dan juga pengaturan beberapa hal lain, termasuk RGB.

Sebelumnya, pengaturan performa, RGB, dan beberapa hal lain bisa dilakukan melalui aplikasi. Kini, untuk PC MEG Aegis Ti5 ini, MSI mempermudah pengguna dengan menghadirkan Gaming Dial, sehingga pengguna yang tengah berada di dalam game tidak perlu harus me-minimize game untuk mengakses kontrol performa. Tidak heran, desktop ini juga mendapatkan penghargaan dari CES 2020 karena fitur unik tersebut.

Video dari MSI di CES 2020

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES