Produk Komponen PC Baru MSI di CES 2020: Untuk Gamer dan Creator

Reading time:
January 7, 2020

Setelah lama dikenal sebagai perusahaan yang banyak memberikan perhatian ke kalangan gamer, MSI, salah satu perusahaan teknologi ternama dari Taiwan, menyebutkan bahwa kini mereka juga menaruh fokus ke kalangan content creator. Belakangan, produk MSI untuk kalangan creator memang mulai bermunculan. Namun, itu bukan berarti mereka meninggalkan gamer. Hal itu dibuktikan MSI di CES 2020 kali ini, dengan menampilkan berbagai produk baru untuk dua kalangan berbeda itu. Kali ini, kami akan membahas produk-produk baru MSI, selain laptop yang sudah kami bahas di artikel terpisah, yang juga diperkenalkan di acara akbar yang tengah digelar di Las Vegas, AS ini.

MSI 16

Monitor Gaming Terbaru

Di kategori monitor, MSI memiliki tiga produk baru, yang kali ini semuanya ditujukan untuk kalangan gamer. Pertama, ada Optix MPG342CQR, monitor gaming dengan curvature 1000R yang hadir dengan teknologi Quantum Dot. Monitor ini menawarkan diagonal 34″ dengan rasio 21:9, resolusi 3440 x 1440 piksel serta 1.07 miliar warna. Hadir dengan refresh rate 144 Hz, monitor ini juga menawarkan sertifikasi HDR400 dan dibekali fitur Gaming OSD.

MSI 15

Berikutnya, ada Optix MEG381CQR, yang menawarkan berbagai fitur HMI (Human-Machine Interface), seperti beberapa kontrol melalui Control Dial dan juga informasi tambahan di OLED panel yang ditempatkan di sisi kiri bawah layar. OLED panel tersebut bisa digunakan untuk menampilkan informasi seperti suhu operasi CPU dan GPU, sehingga mempermudah pengguna memantau kondisi PC mereka sembari bermain game. Monitor ini dibekali sertifikat HDR600 dan Steelseries GameSense.

MSI 12
Optix MEG381CQR – perhatikan Control Dial dan panel OLED di sisi kiri bawah monitor.

Terakhir, ada monitor portabel Optix MAG161V. Monitor ini menggunakan panel IPS dengan refresh rate 240 Hz dan dihubungkan ke PC melalui USB Type C atau HDMI. MSI menyebutkan bahwa skenario penggunaan monitor ini akan berguna bagi gamer dan content creator, yang membutuhkan layar tambahan untuk laptop mereka, yang tetap mudah dibawa, untuk berbagai hal.

MSI 9
Optix MAG161V terpasang ke laptop

MSI sendiri memang belum terlalu lama berkecimpung di dunia monitor. Namun, dalam sekitar 2 tahun dari debutnya, MSI bisa dikatakan mendapatkan sambutan yang baik di ranah monitor ini, dengan lebih dari 1 juta monitor terjual. Selain produk untuk gaming, MSI juga memiliki monitor untuk content creation, Prestige Series.

Input Device Spesial untuk Content Creator

Beralih ke content creation, MSI memperkenalkan CK40 Keyboard, CM30 Mouse, dan CH40 Wireless Earbuds. Ketiganya hadir dengan warna dasar putih dan didesain khusus untuk mengakomodasi kebutuhan content creator, walaupun tidak tertutup juga kemungkinan penggunaan oleh kalangan gamer. Ketiga perangkat tersebut sama-sama merupakan perangkat wireless.

MSI 8

CK40 Keyboard dibekali dengan switch scissor yang tidak berisik, sehingga tidak mengganggu konsentrasi penggunanya. CM30 Mouse didesain dengan gaya yang mencerminkan kreativitas, tetapi tidak mengurangi sisi ergonomi dan kenyamanan pemakaian oleh pengguna. Kedua perangkat ini hadir dengan konektivitas multi-mode, mendukung Bluetooth 4.2 dan wireless 2.4 GHz.

MSI 14
hdr

Sementara untuk CH40 Wireless Earbuds, perangkat ini mendukung konektivitas Bluetooth 5.0 dan cocok untuk penggunaan jangka panjang sekalipun karena desainnya yang mengutamakan kenyamanan pengguna. Seperti kebanyakan earbud di era saat ini, terdapat case khusus untuk perangkat ini, yang digunakan untuk menyimpan sekaligus mengisi ulang daya baterai di kedua unit earbud.

Komponen PC yang Tampil di CES 2020

Sementara untuk komponen PC, MSI menampilkan beberapa perangkat, salah satunya adalah GeForce RTX 2080 Ti Lightning 10th Anniversary Edition yang memenangkan penghargaan dari CES 2020. Graphics card ini memang bukan merupakan produk terbaru MSI, tetapi tetap bisa dikatakan menarik karena merupakan produk yang ditujukan untuk memperingati 10 tahun inovasi MSI di graphics card kelas premium. Ke depan, MSI tampaknya akan kembali menghadirkan graphics card “Lightning” terbaru mereka, saat ada GPU baru yang dirasa MSI layak.

MSI 13
hdr

Kemudian, ada beberapa graphics card desain baru yang disiapkan untuk kalangan content creation. Belum banyak hal diungkap MSI terkait jajaran produk ini. Namun, tampaknya varian-varian awal graphics card content creation ini akan menggunakan GPU dari NVIDIA, dari lini GeForce RTX.

MSI 10

Ada juga beberapa motherboard yang ditampilkan MSI di sekitar area acara mereka di CES 2020, di The Venetian, Las Vegas, AS ini. Beberapa motherboard yang ditampilkan itu mengusung chipset AMD X570, yang ditujukan Ryzen 3000 Series desktop, untuk lini gaming mereka. Namun, MSI juga punya motherboard Creation Series yang ditujukan untuk kalangan content creator.

PC Gaming MEG Aegis Ti5: Tawarkan Kontrol Performa dengan Mudah

Perangkat baru lain yang ditampilkan MSI di CES 2020 ini adalah desktop MEG Aegis Ti5 yang hadir dengan Gaming Dial. PC ini mengusung desain yang menarik, dengan performa tinggi dari Core i9 10th Gen. dan GeForce RTX 2080 Ti. Menariknya, untuk kontrol performa on-the-fly, terdapat sebuah knob di sisi depan dengan panel OLED, yang bisa digunakan untuk memilih preset performa dan juga pengaturan beberapa hal lain, termasuk RGB.

MSI 11

Sebelumnya, pengaturan performa, RGB, dan beberapa hal lain bisa dilakukan melalui aplikasi. Kini, untuk PC MEG Aegis Ti5 ini, MSI mempermudah pengguna dengan menghadirkan Gaming Dial, sehingga pengguna yang tengah berada di dalam game tidak perlu harus me-minimize game untuk mengakses kontrol performa. Tidak heran, desktop ini juga mendapatkan penghargaan dari CES 2020 karena fitur unik tersebut.

Video dari MSI di CES 2020

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…