Review Film Dolittle (2020): Petualangan Seru Bersama Kawanan Hewan

Reading time:
January 17, 2020
dolittle

Pernah mendengar film berjudul Dolittle? Ya, film adaptasi Dr. Dolittle pernah populer dengan triloginya yang ditayangkan mulai tahun 1998 silam, dengan Eddie Murphy sebagai aktor pemeran Dr. Dolittle. Tapi Dolittle tahun 2020 ini berbeda dengan Dr. Dolittle tahun 1998 dan bukanlah merupakan sebuah remake, tetapi mengadaptasi langsung dari novel anak-anak berjudul Doctor Dolittle karya Hugh Lofting. Jadi, Dolittle yang dibintangi oleh Robert Downey Jr. kali ini tidak bisa disamakan dengan trilogi Dr. Dolittle versi tahun 1998, karena memiliki setting waktu dan dunia yang sama sekali berbeda.

dolittle3

Dokter Handal yang Hidup Bersama dengan Para Hewan

Cerita dari Dolittle (2020) ini sendiri cukup sederhana, dengan kehadiran John Dolittle, seorang dokter yang mampu berbicara dengan hewan apapun, dirinya mampu mengobati baik manusia maupun hewan tanpa masalah. Ketenarannya pun meluas, hingga Ratu Kerajaan Inggris pun mencari dirinya ketika membutuhkan seorang dokter. Namun sejak berduka atas istrinya yang meninggal ketika tengah melakukan petualangan, John Dolittle pun menutup dirinya dan rumahnya dari manusia secara total.

Hal ini berubah ketika Stubbins, seorang anak yang lebih memilih untuk berteman dengan hewan ketimbang memburunya, tak sengaja melukai seekor tupai ketika ia dipaksa untuk belajar berburu oleh pamannya. Dalam usahanya untuk menyelamatkan si tupai, Stubbins bertemu dengan Poly, seekor burung kakak tua yang membawanya masuk ke dalam kediaman Dolittle secara diam-diam. Di sana, ia bertemu dengan Lady Rose yang diutus dari Kerajaan Inggris untuk bertemu dengan Dolittle juga dan membawa pesan bahwa Sang Ratu Victoria telah jatuh sakit dan membutuhkan pengobatan yang cepat dari Dolittle.

Dolittle 1

Walau ragu, Dolittle akhirnya menyanggupi permintaan untuk menyembuhkan Ratu Inggris, namun ia harus bergegas karena ternyata sakit yang dideritanya hanya bisa disembuhkan oleh buah langka dari Pohon Eden. Mampukan Dolittle mendapatkan buah tersebut dengan cepat, sebelum waktunya?

Keseruan yang Terburu-buru dan Singkat

Dengan mengambil setting waktu dan dunia yang berbeda dan memiliki kesan lebih fantasi atau fiksi, Dolittle menyuguhkan sebuah film keluarga yang menarik karena berbagai hewan yang hadir untuk membantu Dolittle. Mulai dari hewan kecil seperti bebek, burung kakak tua, anjing, hingga beruang kutub dan gorila. Di sini, kemampuan Dolittle tidak hanya sekedar berbicara dengan hewan mamalia saja, tetapi juga dengan ikan dan juga serangga yang diperlihatkan di sepanjang film berlangsung. Aksi dan perbincangan Dolittle dengan para hewan ini juga terlihat jenaka di mata para manusia lain yang hadir di dalam film, tidak ketinggalan juga pengisian suara para hewan yang tak kalah lucunya dengan kepribadian unik masing-masing.

dolittle 2

Namun sayangnya, hal ini nampak tidak berbanding selurus dengan alur kisah dan plot yang hendak disampaikan. Premisnya memang sederhana, namun eksekusi dari plot yang terjadi di Dolittle (2020) ini terasa terlalu diburu-buru dan singkat, sehingga rasa penasaran yang memuncak pun harus jatuh kembali dalam waktu yang kelewat pendek. Plot yang diburu tersebut juga tidak memberikan ruang untuk para karakter maupun hewan yang hadir di dalam film Dolittle mendapatkan kesempatan untuk menceritakan lebih lanjut terkait asal-usul mereka maupun perkembangan karakter yang lebih mendalam lagi, walau mengingat durasi film hanya 102 menit, rasanya perkembangan karakter yang sangat dalam memang mustahil dilakukan.

Walau memiliki durasi labih lebih pendek dengan alur kisah terlalu diburu-buru, Dolittle (2020) mampu memberikan sekilas informasi penting yang mudah diikuti oleh segala usia, cukup masuk akal untuk ditonton oleh keluarga dan anak-anak dan tidak perlu sampai harus mengikuti cerita Dolittle terdahulu, baik versi layar lebar maupun versi buku cerita anak-anak aslinya.

Tengah mencari film keluarga yang bisa ditonton baik orang tua bersama dengan anak-anaknya? Film Dolittle (2020) ini jelas bisa menjadi pilihan yang baik. Tapi jika Anda menginginkan sebuah film dengan eksekusi plot dan perkembangan karakter yang sangat dalam, lebih baik turunkan ekspektasi tersebut. Jangan terlena juga dengan jajaran artis yang dihadirkan di dalam film Dolittle (2020), jika Anda tak ingin merasa kecewa setelah menontonnya. Lebih baik duduk manis, nikmati saja film yang berlangsung, tanpa berpikir keras maupun berekspektasi tinggi ketika menonton untuk pengalaman yang lebih maksimal.

dolittle

Tanggal rilis: 15 Januari 2020 (Indonesia)
Genre: Adventure, Fantasy
Durasi: 102 menit
Rating: semua umur
Sutradara: Stephen Gaghan
Para pemain/pengisi suara: Robert Downey Jr., Antonio Banderas, Michael Sheen, Emma Thompson, Rami Malek, John Cena, Kumail Nanjiani, Octavia Spencer, Tom Holland, Craig Robinson, Ralph Fiennes, Selena Gomez, Marion Cotillard
Studio: Universal Pictures

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…