in: News | January 15, 2020 | by: Dian Syarifuddin

WD Kenalkan SSD Portable Pertama di Dunia Berkapasitas 8 TB

Pada ajang CES 2020 yang berlangsung minggu lalu di Las Vegas, Amerika Serikat, memang dimanfaatkan oleh banyak perusahaan teknologi yang memperkenalkan beraneka produk terbaru dan lebih inovatif. WD (Western Digital) yang merupakan salah satu perusahaan penyedia solusi perangkat penyimpanan seperti HDD dan SSD, juga turut ambil bagian di ajang tersebut dengan memperkenalkan beberapa produk terbaru yang akan menjadi andalan para pengguna yang membutuhkan media penyimpanan berkapasitas masif.

Source Photo: AnandTech

Pada kesempatan ajang CES 2020 tersebut, WD memperkenalkan perangkat SSD portable yang merupakan masih dalam bentuk perangkat prototype dan diberi nama WD_BLACK P50. Melalui demonstrasinya, pihak WD mengklaim kalau WD_BLACK P50 berkapasitas 8 TB merupakan SSD portable yang pertama di dunia.

Perangkat tersebut dikatakan mampu menawarkan proses transfer yang cepat hingga 20 Gbps atau sekitar 2500 MBps. Performa Read dan Write yang dimiliki WD_Black P50 dihasilkan melalui interface yang digunakan, yaitu USB 3.2 Gen 2×2.

Sayangnya pihak WD tidak menyebutkan chip NAND tipe apa yang digunakan pada SSD portable prototype-nya itu. Dengan kapasitas yang tergolong cukup masif, kemungkinan besar WD_BLACK P50 menggunakan chip 3D NAND tipe QLC (Quad Level Cell).

Selain memamerkan SSD portable prototype 8 TB, WD juga turut membawa USB Flash Drive pertamanya berkapasitas 1 TB yang diberi nama SanDisk Ultra Dual Drive Luxe. Perangkat penyimpanan yang satu ini dilengkapi dengan dua konektor antara lain USB Type-C dan Type-A. Selain itu, ada juga WD_BLACK P10 dan WD_BLACK D10 yang masing-masing dirancang sebagai media penyimpanan eksternal untuk konsol XBOX.

Sumber: AnandTech

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES