in: News - Processors | March 6, 2020 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

AMD Financial Analyst Day 2020 : Roadmap Zen4 5nm, RDNA2 dengan Ray Tracing, Navi 2X

Pagi ini, pada ajang AMD Financial Analyst Day 2020, AMD memberikan sebuah live webcast yang berisi beberapa sneak peek teknologi terbaru AMD yang nanti akan rilis pada beberapa waktu mendatang.

Berikut ini beberapa hal menarik yang kami temukan pada beberapa slide pada webcast tersebut.

 

Zen Roadmap: Ryzen 4th Gen ‘Zen3’ 7nm, disusul Zen4 5nm

*klik untuk memperbesar

CPU AMD berbasiskan Zen2 dengan fabrikasi 7nm yang datang di 2019 menunjukkan peningkatan performa yang signifikan dari generasi Zen 14nm dan Zen+ 12nm sebelumnya. Tidak lupa juga, Zen2 memberikan opsi multi-core yang massive: up to 16-core pada socket AM4 mainstream, dan up to 64-core pada platform TRX40.

AMD mengatakan bahwa desain Zen3 mereka sudah siap diposisikan untuk menggantikan Zen2, sekitar tahun 2021 jika terlihat pada roadmap di atas, dan masih mengusung proses fabrikasi 7nm, sama seperti Zen2.

Namun AMD juga memberikan sebuah teaser dimana mereka merencanakan desain Zen4 untuk diproduksi pada 5nm process node. AMD tidak memberikan informasi lebih jauh mengenai apa peningkatan spesifik yang akan diberikan Zen3, maupun Zen4

 

 

RDNA vs CDNA ?

*klik untuk memperbesar

 

AMD sempat mengatakan bahwa dengan teknologi yang ada sekarang, akan lebih optimal jika mereka mengembangkan arsitektur GPU yang dioptimalkan secara spesifik untuk workload tertentu, dariipada mencoba memaksakan semua workload berjalan pada satu buah arsitektur saja.

 

*klik untuk memperbesar

AMD memperkenalkan CDNA : sebuah arsitektur GPU yang dirancang secara khusus untuk bekerja optimal pada proses Compute. CDNA akan memiliki fokus pengembangan yang berbeda dengan RDNA, dimana RDNA (seperti Navi) memiliki optimalisasi pada skenario gaming.

Contoh skenario penggunaan GPU berbasis CDNA nantinya adalah penggunaan untuk aplikasi Machine Learning dan juga High-Performance Computing.

 

Next-gen packaging : ‘X3D’ Packaging

Satu hal yang membuat Zen2 begitu fenomenal adalah desain rancangan AMD yang ‘mencampur’ berbagai die pada sebuah package, dimana ada die CPU 7nm digabung dengan IO-Die 12nm. Hasilnya adalah sebuah chip yang memiliki fleksibilitas dan scalability tinggi (dimana AMD bisa membuat socket AM4 lama menerima konfigurasi hingga 16-core CPU), namun cost dijaga tetap rendah.

Ini terjadi karena AMD hanya menggunakan proses 7nm (yang relatif ‘mahal’ per mm2 karena ) untuk prosesor dengan ukuran die seminimal mungkin, sedangkan IO Die yang berisi berbagai interkoneksi dan memory controller akan dibuat pada 12nm.

*klik untuk memperbesar

 

Pada generasi berikutnya, AMD berharap untuk bisa mengintegrasikan chip mereka lebih jauh lagi dengan teknik hybrid 2.5D & 3D packaging, menggabungkan lebih banyak macam komponen ke dalam satu package, memberi potensi berbagai rancangan chip baru yang memiliki density lebih tinggi lagi dari yang ada sekarang.

 

 

 

RDNA2 : Hadir di 2020

Satu hal yang sangat ditunggu-tunggu gamer adalah kedatangan aristektur GPU baru, dan AMD berjanji akan menghadirkan arsitektur terbaru mereka yakni RDNA2 di 2020 ini. Satu hal yang menarik dari RDNA2 adalah arsitektur ini juga diimplementasikan pada console next-gen seperti PS5 dan Xbox Series X.

 

Peningkatan RDNA2: Performance-per Watt, Ray Tracing, dan Variable Rate Shading

AMD mengklaim RDNA2 akan memberikan peningkatan instruction per clock, penurunan konsumsi daya, dan pada saat yang sama masih menunjukkan peningkatan clockspeed.

Namun tentu hal yang paling ditunggu-tunggu gamer adalah dukungan Hardware Accelerated Ray Tracing, dan Variable Rate Shading.

AMD menilai bahwa dengan RDNA2 diimplementasikan pada konsol game, pengembangan konten real-time ray-tracing akan mudah dilakukan dan jumlah adopsi game-nya akan relatif tinggi dibanding masa-masa awal ray tracing diimplementasikan.

Dan tentu peningkatan besar yang dihadirkan pada RDNA2 selain ray tracing adalah adanya Variable Rate Shading (VRS).  VRS adalah mode rendering ‘pintar’ yang akan memberikan rendering lebih cepat dengan penurunan kualitas image minimal, karena ini bisa dilakukan dengan mengurangi shading rate pada area gambar tertentu yang tidak terlalu terlihat.

Untuk lebih jelasnya kami sangat menyarankan Anda membaca analsis kami pada teknologi VRS berikut ini:

Hands-on 3DMark VRS Feature Test: Variable Rate Shading Tingkatkan Performa Gaming

 

Navi 2X : Hadir akhir 2020

Dan tentunya, pengumuman RDNA2 tidak lengkap tanpa tambahan terakhir dari AMD, dimana mereka mengutarakan bahwa akan ada solusi GPU berbasis RDNA2 dengan performance tinggi, cocok untuk gaming kelas 4K, lengkap dengan Real-time Ray Tracing Hardware dan Variable Rate Shading.

Solusi GPU powerful ini diperkirakan akan datang akhir 2020 nanti.

 

 

 

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES