in: News | March 16, 2020 | by: Yufianto Gunawan

AMD HS Design: Inisiatif “Thin-and-Light” Gaming dari AMD

Performa tinggi yang ditawarkan laptop gaming, hingga saat ini, umumnya harus “dibayar” dengan kompromi akan ukuran dan berat, yang membuat perangkat mungkin kurang nyaman untuk dibawa bepergian. Bila ditelusuri, memang sudah ada laptop yang terbilang cukup tipis yang menawarkan performa tinggi, walaupun jumlahnya memang masih terbatas. Melihat tren bahwa laptop gaming, atau secara umum laptop performa tinggi, dengan bodi tipis akan makin dicari, AMD menyiapkan “HS Design”, inisiatif “thin-and-light gaming” mereka.

Renato Fragale dari AMD menjelaskan mengenai laptop gaming “HS Design”

Fokus di Mobilitas Tinggi

Dari sisi bodi, AMD menyebutkan bahwa laptop “HS Design” memiliki ketebalan di bawah 20 mm dengan bobot yang terbilang masih memadai untuk dibawa mobilitas tinggi. Faktor mobilitas tinggi juga diperhatikan dari sisi daya tahan baterai. AMD menyebutkan bahwa laptop “HS Design” harus bisa bertahan hingga 10 jam untuk video playback. Hal-hal tersebut akan membuat laptop “HS Design” menawarkan keseimbangan antara performa dengan mobilitas.

AMD juga mempertimbangkan faktor sistem pendingin untuk laptop “HS Design”. Mereka menyebutkan bahwa tidak ada kompromi untuk sistem pendingin, sehingga CPU/SoC dan GPU diskrit yang digunakan di laptop “HS Design” bekerja di suhu yang aman. Selain itu, pemilihan komponen lain juga diperhatikan, untuk menjamin setiap laptop “HS Design” dibangun di ekosistem kelas premium.

Tidak Lupakan Performa Tinggi

Laptop “HS Design” ini akan diperkuat dengan Ryzen Mobile 4000 Series, tepatnya varian “HS”. AMD menyebutkan Renoir “HS” dengan TDP 35 Watt, sedikit lebih rendah dari TDP H-Series standar, membuatnya cocok digunakan di laptop dengan ketebalan di bawah 20 mm, tanpa banyak mengorbankan performa. Hal ini akan mendukung pemanfaatan laptop ini, baik untuk gaming maupun untuk content creation. Memang, saat ini, laptop gaming juga banyak digunakan oleh kalangan content creator sebagai mesin kerja mereka.

Sementara untuk pengolah grafis, AMD menyebutkan bahwa laptop “HS Design” cocok dengan GPU diskrit yang menawarkan power efficiency tinggi, tetapi menawarkan performa mumpuni untuk gaming, baik dari AMD sendiri maupun dari NVIDIA. Sebagai gambaran, laptop “HS Design” referensi dari AMD, dengan Ryzen 9 4800HS dan GeForce RTX 2060 Max-Q, disebut bisa menawarkan gaming yang nyaman, di resolusi 1920 x 1080 piksel dan kualitas “high”. Framerate yang didapatkan disebut AMD di atas 60 fps untuk berbagai game AAA, serta di atas 120 fps untuk game-game eSports populer.

ASUS ROG Zephyrus G14, salah satu laptop “HS Design”

Prosesor Ryzen Mobile 4000 “HS”

Seperti yang kami sebutkan di atas, laptop “HS Design” ini menggunakan varian “HS” dari Ryzen Mobile 4000, yang memang secara khusus disiapkan untuk penggunaan di “thin-and-light” gaming. TDP varian “HS” ini diatur di 35 Watt, lebih rendah dari 45 Watt yang ada di varian H-Series standar. Terdapat tiga SoC “HS” Renoir yang disediakan AMD, yaitu:

AMD RYZEN MOBILE 4000 H-SERIES
Core/Thread Base Clock Boost Clock (up to) Cache Graphics Core Graphics Frequency TDP
Ryzen 9 4900HS 8C/16T 3.0 GHz 4.3 GHz 12 MB 8 1750 MHz 35 W
Ryzen 7 4800HS 8C/16T 2.9 GHz 4.2 GHz 12 MB 7 1600 MHz 35 W
Ryzen 5 4600HS 6C/12T 3.0 GHz 4.0 GHz 11 MB 6 1500 MHz 35 W

Ryzen 9 4900HS hadir dengan spesifikasi base clock dan boost clock maksimal yang sedikit berbeda dengan varian Ryzen 9 4900H. Sementara Ryzen 7 4800HS dan Ryzen 5 4600HS adalah varian cTDP Down dari Ryzen 7 4800H dan Ryzen 5 4600H. Untuk kedua varian itu, AMD menyebutkan bahwa base clock mungkin saja lebih rendah karena cTDP 35 Watt yang digunakan, tetapi performa secara keseluruhan dijamin tidak akan berbeda terlalu jauh dari H-Series.

Spesifikasi untuk varian Ryzen Mobile 4000 Series yang lain juga bisa dilihat di artikel lain yang sudah kami tayangkan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES