Direct Release: PT Smartfren Telecom Tbk Transformasi Bisnisnya dengan Platform Arsitektur Multi-cloud Cisco

Reading time:
March 4, 2020
Cisco Logo

Ringkasan Berita:

  • Konsolidasi infrastruktur dan adopsi multi-cloud membantu salah satu operator terkemuka Indonesia mewujudkan visi digitalisasi dan mempersiapkan peluang 5G di masa depan
  • Arsitektur Cisco multi-cloud, yang menampilkan Cisco Application Centric Infrastructure (ACI) dan Cisco Unified Computing System (UCS) memungkinkan Smartfren untuk memberikan pengalaman private cloud sesungguhnya bagi pelanggan di atas shared infrastructure atau infrastruktur bersama 

Jakarta, 3 Maret 2020 – Smartfren, salah satu operator telekomunikasi terkemuka di Indonesia dengan lebih dari 20 juta pelanggan aktif, hari ini mengumumkan Cisco sebagai mitra dalam perjalanan transformasi digitalnya untuk membangun arsitektur multi-cloud. Proyek ini akan meliputi pengembangan arsitektur pusat data layanan digital di Indonesia yang mengintegrasikan cloud computing atau komputasi awan, managed services atau layanan terkelola dan layanan cloud terintegrasi

Sejalan dengan tujuan pemerintah Indonesia untuk menjadi negara dengan laju digital terdepan di Asia Tenggara, Smartfren mengawali kampanye digitalnya dengan melakukan transformasi atas data center milik mereka dan menawarkan layanan cloud bagi pelanggan Enterprise.

Solusi pilihan Smartfren dalam menjalani transformasi digitalnya adalah arsitektur multi-cloud milik Cisco, termasuk Cisco ACI dan Cisco UCS. Cisco ACI, sebagai solusi software-defined software (SDN) terbaik di industri, menyediakan konektivitas yang bebas kendala, konfigurasi yang dapat di otomatisasi, dan regulasi terpadu pada pusat data on-premise maupun public cloud; terlepas dari beban kerja pada sejumlah data center dan lingkungan cloud Smartfren. Dirancang untuk memberikan layanan multi-tenancy yang aman, Smartfren memberikan pelanggan pengalaman cloud pribadi sejati pada infrastruktur bersama, untuk mendukung kelangsungan bisnis serta pemulihan pasca bencana. Cisco UCS menghadirkan platform komputasi fleksibel menggunakan API yang dibutuhkan untuk mendukung visi layanan cloud Smartfren.

Cisco melakukan otomatisasi layanan multiple on-premise / public cloud yang terintegrasi dan memungkinkan Smartfren untuk menerapkan secara konsisten hal-hal berikut: keamanan layanan, service chaining atau konsistensi urutan layanan, tata kelola layanan serta kesesuaian regulasi aplikasi.

“Untuk mendorong percepatan transformasi digital dari komponen infrastruktur IT dari perusahaan, kami telah mengalihkan solusi yang kami tawarkan dari cara tradisional menggunakan aplikasi bare-metal Online Charging System (OCS) ke suite yang menghadirkan solusi virtualisasi. Solusi Cisco ACI dan UCS akan memungkinkan kami memulai inisiatif bisnis baru maupun pengembangan bisnis masa depan sekaligus menyelenggarakan jaringan 5G secara ke depannya,” kata Jagbir Singh, Grup CTIO, Sinar Mas Group.

“Kami menyambut baik kerjasama dengan Smartfren dalam mengembangkan virtualisasi Telco Cloud Platform – yang diawali dengan vOCS untuk dikembangkan lebih jauh menjadi arsitektur SDN yang memberikan layanan multi-tenant dan multi-cloud. Solusi kelas dunia dari Cisco akan mampu memenuhi ambisi transfromasi digital perusahaan dan juga penyelenggaraan layanan 5G ke depannya,” kata Sanjay Kaul, Presiden, Asia-Pasifik & Jepang, Service Provider Business for Cisco. 

Data pendukung:

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…