in: News | March 10, 2020 | by: Chrissanto Ukardi

Halodoc: Platform Kesehatan Online Canggih dengan Teknologi dari AWS

 

Amazon Web Services (AWS) adalah bagian dari Amazon.com yang menyediakan beragam teknologi berbasis cloud. AWS sendiri memiliki banyak sekali pelanggan, di antaranya terdiri dari beragam perusahaan, mulai dari start up, usaha kecil, perusahaan besar, organisasi nirlaba, hingga institusi pendidikan dan pemerintahan. Di Indonesia, AWS sudah beroperasi sejak beberapa tahun lalu dan sudah memiliki banyak pelanggan.

Kali ini, tim Jagat Review diundang oleh AWS Indonesia untuk berkenalan dengan salah satu pelangan mereka di Indonesia, Halodoc. Halodoc sudah menggunakan produk AWS sejak awal didirikan, yaitu di tahun 2016 lalu. Seperti apa dukungan teknologi AWS yang membuat Halodoc bisa menawarkan layanan canggih?

Apa itu Halodoc?

Halodoc merupakan sebuah platform kesehatan berbasis online, dimana tujuan utamanya adalah Simplifying Healthcare, membantu masyarakat Indonesia agar dapat berkonsultasi mengenai kesehatan dengan mudah dan dengan sumber yang tepat. Di jaman informasi terbuka seperti ini, masyarakat sering kali suka mendapatkan saran kesehatan yang salah, bermodalkan informasi dari social media, ataupun pesan berantai, Semua informasi kesehatan sering kali dianggap sebagai informasi yang benar atau akurat. Dengan Halodoc, masyarakat Indonesia dapat berkonsultasi kesehatan ke sumber yang tepat, yaitu dokter yang sesuai bidangnya. Untuk menjadi pengguna Halodoc, pengguna hanya cukup mendownload aplikasinya di Play Store untuk pengguna Android, atau Appstore untuk pengguna iOS.

Halodoc menyediakan layanan konsultasi dengan cara chatting, voice call, ataupun video call dengan dokter terkait atau bahkan spesialis. Halodoc sebagai penyedia jasa, menjamin kalau dokter yang bekerja sama adalah dokter-dokter yang kompeten. Dokter yang ingin bekerja sama disini diwajibkan memiliki STR dan SIP, dan tidak cukup bermodalkan kepintaran medis, namun dokter disini diwajibkan untuk mengerti dasar teknologi digital, dokter senior sekalipun apabila tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan online, tidak akan diterima disini.

Sebagai dokter media online, mereka punya tantangan yang berbeda dibanding dengan konsultasi pasien langsung, seperti cara berbicara yang berbeda, penanganan yang berbeda. Oleh karena itu sebagai pasien, pengguna Halodoc akan mendapatkan pelayanan medis yang akurat serta dokter yang sudah sangat kekinian.

Pelayanan yang diberikan tidak sebatas hanya konsultasi, Halodoc juga bekerja sama dengan ratusan rumah sakit, beberapa asuransi swasta, serta ribuan apotek di Indonesia. Dengan kerjasamanya dengan Gojek, membuat pasien yang berkonsultasi juga bisa langsung menerima obat yang dianjurkan dokter dan akan diantar oleh Gojek. Dengan kerjasama dengan banyak rumah sakit, pasien juga dapat mengatur jadwal bertemu dengan dokter terkait. Semua proses ini bisa masayarakat Indonesia nikmati bermodalkan smartphone dan Internet.

Kerja Sama AWS dan Halodoc

Platform online membutuhkan sistem yang kadang dipandang rumit, oleh karena itu AWS itu hadir. Halodoc sebagai klien tidak butuh memikirkan kerumitan secara mendetail mengenai hardware dan software yang dipakai sebagai penunjang proses bisnis. Alfonsus, CPO Halodoc, menjelaskan bahwa sejak awal Halodoc berdiri, AWS sudah menjadi partner mereka sebagai jasa cloud computing. Tujuan kerjasama mereka ini antara lain adalah mempercepat seluruh proses bisnis dan menghemat cost. Dengan AWS, Halodoc juga dapat mengukur scalability pengembangan bisnis, serta mengatasi traffic server yang dinamis.

Sebagai contoh saat virus corona mewabah, traffic Halodoc secara mendadak menjadi sangat tinggi. Jika Halodoc menggunakan arsitektur server sendiri, maka dibutuhkan sumber daya yang begitu besar dan apabila server tidak kuat, akan terjadi masalah serius. Dengan AWS, Halodoc tidak perlu pusing soal itu, karena server AWS begitu besar, dan sangat siap untuk traffic yang sangat dinamis sekalipun. Selain itu, AWS sangat membantu dari segi Metric Performance, Data Processing, serta Analytics untuk kepentingan pengambilan keputusan.

Pihak Halodoc juga memberikan salah satu contoh peran AWS dari segi security. AWS memiliki sistem pengamanan terhadap isi chat antara dokter dengan pasien. Di Indonesia sering kali terjadi ada pengguna iseng atau tidak bermoral, semisal mengirimkan gambar yang not safe for work, sehingga apabila pasien mengirimkan gambar yang mengganggu, maka sistem akan otomatis membuat gambar menjadi blur, dan baru akan terlihat jika si dokter memang memutuskan untuk melihat.

Dengan teknologi ini, AWS memberikan pengamanan tidak hanya dari segi pasien, namun juga pihak dokter. Halodoc juga mempercayakan keamanan data mereka kepada AWS, masalah seperti data breach atau diretas tidak perlu dipikirkan oleh pihak Halodoc. Kerja sama antara Halodoc dan AWS ini menjadi sebuah jaminan bagi masyarakat Indonesia bahwa sebagai pasien, masyarakat dapat mendapatkan layanan online yang berkualitas, nyaman, dan juga aman.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES