in: News | March 15, 2020 | by: Rifqi Sulthan

Unjuk Kemampuan Produk Terbaru Intel: di Jakarta dan Yogyakarta

Intel dan tim Jagat Review mengadakan Tech Talk dan Workshop yang membahas tentang teknologi terbaru pada laptop-laptop terkini, serta potensi pengembangannya di masa yang akan datang. Acara ini digelar dua kali di paruh awal bulan Maret 2020 ini, yaitu tanggal 7 Maret di Jakarta dan dan 14 Maret di Yogyakarta. Untuk Jakarta, acara tersebut disponsori oleh Intel dan IT Galeri dan dilaksanakan di Mangga Dua Mall, sedangkan di Yogyakarta, acara disponsori oleh Intel dan El’s Computer dan diadakan di Gedung Baru El’s Computer.

Suasana acara di Jakarta, bersama IT Galeri

Berbagai laptop terbaru yang telah dilengkapi dengan prosesor Intel Core generasi ke-10 dipamerkan di acara ini. Tim Jagat Review juga berkesempatan untuk mendemokan berbagai kapabilitas yang dimiliki oleh berbagai prosesor Intel terbaru ini, seperti kemampuan AI dalam prosesor yang dimanfaatkan oleh Adobe Premiere Pro CC, kemampuan konektor Thunderbolt 3, kemampuan grafis dari IGP pada prosesor Ice Lake serta performa prosesor Comet Lake-U terbaru dengan 6-Core/12-Thread.

Suasana acara di Yogyakarta, bersama El’s

Mengawali acara, Tim Jagat Review yang diwakili oleh Dedy Irvan, Gatot Tri Yuwono dan Rifqi Sulthan menampilkan laptop dengan prosesor Intel Celeron U dengan arsitektur dasar Kaby Lake R, yakni Lenovo V130 yang menggunakan prosesor Celeron 3867U. Berbagai penjelasan tentang perbedaan prosesor ini dengan prosesor Celeron N dipaparkan secara jelas, termasuk demo kemampuan gaming dengan game Tomb Raider (2013) menggunakan IGP-nya.

Dedy Irvan, dari tim Jagat Review, menjelaskan kemampuan yang ada di produk terbaru Intel

Acara dilanjutkan dengan demo laptop HP 14s yang menggunakan prosesor Intel Core i3-1005G1. Prosesor terbaru Intel dari keluarga Ice Lake ini menggunakan IGP dengan 32 Execution Unit, meningkat sebesar 50% jika dibandingkan dengan IGP pada prosesor Whiskey Lake. Tim Jagat Review menjalankan beberapa game sepert Honkai Impact 3 PC dan Pro Evolution Soccer 2013 pada laptop ini.

Gatot Tri Yuwono dan Rifqi Sulthan mendemokan produk-produk dengan basis prosesor Intel

Tim Jagat Review juga menunjukkan demo bermain game pada laptop dengan konfigurasi single channel. Hal ini dilakukan untuk menjelaskan bahwa prosesor Intel memiliki optimalisasi memori yang sangat baik. Demo ini dilakukan dengan menjalankan game Shadow of the Tomb Raider pada laptop Omen 15 by HP yang menggunakan konfigurasi Intel Core i5-9300H, 8 GB DDR4-2666 dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2060 6GB.

Pada kesempatan ini juga ditampilkan bahwa prosesor pada laptop thin and light juga mampu memiliki performa yang sangat tinggi. Demo ini dilakukan dengan menjalankan software benchmark Cinebench R15 pada laptop Lenovo Yoga C740 yang menggunakan prosesor i7-10710U. Prosesor ini memiliki 6-Core/12-Thread dengan TDP 15W.

Selanjutnya Tim Jagat Review mendemokan kemampuan antarmuka Thunderbolt 3. Demo dilakukan dengan membandingkan perbedaan kecepatan transfer data menggunakan antarmuka USB 3.1 Gen1 dan Thunderbolt 3 pada laptop Lenovo Yoga C940. Selain itu dilakukan juga demo memainkan game Control menggunakan laptop thin and light, dengan memanfaatkan GPU Eksternal NVIDIA GeForce RTX 2080 Super yang dihubungkan melalui konektor Thunderbolt 3. Demo ini dilakukan menggunakan laptop Lenovo Yoga S740. Kedua laptop ini telah menggunakan prosesor Intel Core i7-1065G7.

Untuk menunjukkan kapabilitas AI pada prosesor terbaru dari Intel, Tim Jagat Review melakukan beberapa demo. Diawali dengan kemampuan memperbesar gambar resolusi kecil dengan tetap mempertahankan detail gambar menggunakan software Topaz Gigapixel AI. Dilanjutkan dengan demo deblur – menghilangkan blur pada suatu gambar menggunakan software Cyberlink PhotoDirector 365. Demo AI ditutup dengan menampilkan kemampuan auto-reframe pada Adobe Premiere Pro CC dengan memanfaatkan akselarasi AI yang dimiliki oleh IGP dari Intel. Fitur ini mampu mengubah video 16:9 menjadi 9:16 dan secara otomatis tetap mengikuti gerakan objek.

Acara ini ditutup dengan penjelasan mengenai Project Athena serta sesi tanya jawab. Seluruh peserta terlihat sangat antusias, terlihat dari banyaknya peserta yang ingin mengajukan pertanyaan mengenai teknologi-teknologi terbaru pada laptop-laptop saat ini. Total jumlah pendaftar mencapai lebih dari 250 orang, tapi karena keterbatasan tempat tidak semua peserta dapat mengikuti acara ini, dan hanya sekitar 120 orang jumlah peserta yang mengikuti acara ini. Semoga di kesempatan lain tim Jagat Review bersama dengan Intel dapat kembali mengadakan acara serupa.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES