in: Graphics Card - Highlights - News | March 20, 2020 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

NVIDIA: GeForce RTX Dukung Penuh DirectX 12 Ultimate

Pada tahun 2018 lalu, NVIDIA menghadirkan realisme grafis baru dalam bentuk GeForce RTX, GPU pertama NVIDIA dengan dukungan akselerasi perhitungan real-time ray tracing. Hari ini, bertepatan dengan perilisan  DirectX12 Ultimate dari Microsoft, NVIDIA mengumumkan bahwa GeForce RTX akan mendukung penuh standar semua fitur DirectX 12 Ultimate.

DirectX 12 Ultimate adalah sebuah API(Application programming interface) yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari DirectX 12, dan API ini akan ditargetkan untuk platform PC(windows 10), dan juga Xbox Series X sekaligus. Dukungan PC dan Console secara bersamaan pada DirectX 12 Ultimate ini jelas akan memudahkan para developer game untuk menghadirkan game next-gen ke para gamer.

 

Secara singkat, GPU yang mendukung standar DirectX 12 Ultimate akan memiliki dukungan akan 4(empat) fitur kunci :

  • DirectX Ray Tracing (DXR), Tier 1.1
  • Mesh Shading
  • Variable Rate Shading (VRS)
  • Sampler Feedback

 

Ke-empat fitur baru ini akan membantu developer game untuk menghadirkan visualisasi lebih cantik, dengan performa lebih baik, dan semua GeForce RTX dengan arsitektur ‘Turing’ yang dihadirkan sejak 2018 lalu sudah mendukung semua fitur ini.

Baca Juga: Lebih Dekat dengan GeForce RTX ‘Turing’

 

 

GeForce RTX ‘Turing’ datang dengan sebuah unit dedicated (bernama ‘RT Core’) untuk akselerasi kalkulasi real-time ray tracing, dan ini yang membuat GPU tersebut mendukung satu hal yang menjadi sorotan utama di DirectX 12 Ultimate : DirectX Ray Tracing (DXR). Berikutnya, arsitektur GPU Turing juga merupakan salah satu yang pertama hadir dengan dukungan fitur rendering lebih efisien bernama ‘Variable Rate Shading(VRS)‘ dan Mesh Shading.

Baca Juga: Test Variable Rate Shading (GeForce RTX 2060)

 

VRS berpotensi memberikan ekstra performa dengan penurunan kualitas image minimal, sedangkan Mesh Shading akan membantu developer game menghadirkan detail geometri ekstra pada berbagai objek, tanpa menyebabkan bottleneck pada komponen tertentu (seperti CPU yang dipaksa memproses banyak draw call pada skenario dengan detail tinggi).

 

GeForce RTX : Future-proof dengan dukungan DX12 Ultimate

DirectX 12 Ultimate baru akan secara lengkap dihadirkan pada Windows 10 ’20H1′ update (DXR dan VRS sudah ada sekarang, mesh shading dan sampler feedback baru akan hadir nanti), tentu ini juga berarti akan ada GPU driver update untuk mengaktifkan ini nantinya.

Perlu diingat, bahwa game tidak akan secara otomatis memanfaatkan semua fitur ini, karena DirectX 12 Ultimate adalah sebuah set fitur dan tool. Perlu campur tangan developer game untuk bisa menghadirkan semua fitur tersebut pada game next-gen.

Microsoft menyebutkan bahwa:

“When gamers purchase PC graphics hardware with the DX12 Ultimate logo or an Xbox Series X, they can do so with the confidence that their hardware is guaranteed to support ALL next generation graphics hardware features, including DirectX Raytracing, Variable Rate Shading, Mesh Shaders and Sampler Feedback. This mark of quality ensures stellar “future-proof” feature support for next generation games!”

 

Pada saat artikel ini rilis, GeForce RTX pada PC dan Laptop adalah satu-satunya solusi grafis di pasaran dengan dukungan penuh DX12 Ultimate. Ini berarti para pengguna GeForce RTX bisa berharap untuk nantinya merasakan semua kemampuan GeForce RTX lebih jauh lagi, saat game dan aplikasi berbasis DX12 Ultimate rilis.

Pada waktu mendatang, kami juga akan menghadirkan pembahasan lengkap seputar DirectX 12 Ultimate – stay tuned!

 

Baca Juga (NVIDIA): Microsoft Announces DirectX 12 Ultimate: A New Standard for Next-Gen Games, Supported by GeForce RTX

 

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES