in: News | March 16, 2020 | by: Yufianto Gunawan

Ryzen Mobile 4000 Series: Hadir dengan Zen 2, Optimasi untuk Mobile

Ryzen Mobile 4000 Series, dengan kode Renoir, hadir dengan cukup banyak perubahan dibandingkan pendahulunya, Ryzen Mobile 3000 Series. AMD memang ingin melangkah lebih jauh lagi di pasar mobile, dan jajaran SoC baru ini merupakan senjata baru mereka yang bisa mewujudkan keinginan itu. Mari kita lihat, apa saja yang dihadirkan AMD di Renoir ini!

Zen 2: Kunci Berbagai Peningkatan di Renoir

Renoir hadir dengan arsitektur Zen 2, dengan fabrikasi 7 nm. Zen 2 sendiri disebut AMD akan menawarkan IPC (Instruction per Clock) hingga 15% lebih tinggi dari Zen. Hal itu didapatkan dari berbagai hal, termasuk TAGE branch predictor baru, cache yang lebih besar dan optimal, serta beberapa hal lain. Secara umum, IPC lebih tinggi ini akan membawa pengaruh positif  ke performa dan efisiensi dari Ryzen Mobile 4000 Series.

Dan Bouvier, dari AMD, menjelaskan arsitektur Zen 2 yang digunakan Ryzen Mobile 4000 Series.

Bicara soal efisiensi, AMD menyebutkan bahwa peningkatan IPC serta peningkatan dari sisi desain SoC berkontribusi terhadap sekitar 35% dari peningkatan power efficiency Ryzen Mobile 4000 Series. Sementara 65% sisanya disumbang oleh fabrikasi 7 nm yang digunakan. Secara keseluruhan, untuk skenario penggunaan multi-threading yang cukup berat, Ryzen Mobile 4000 Series ini menawarkan relative performance-per-watt sekitar 2x lipat pendahulunya.

Zen 2 dengan fabrikasi 7 nm ini juga membuat Ryzen Mobile 4000 Series memiliki potensi clock yang lebih tinggi. Berdasarkan penjelasan AMD, untuk performa single thread, Ryzen Mobile 4000 Series meningkat 25% dibandingkan pendahulunya di power envelope yang sama. Jadi, dengan membawa Zen 2 ke mobile, AMD bisa mendorong tawaran mereka ke titik baru yang cukup jauh melampaui yang ada sebelumnya.

Daya Tahan Baterai: Jadi Fokus

AMD menyebutkan bahwa fabrikasi 7 nm membuat voltase minimal untuk SoC Renoir bisa dikurangi. Bila dikombinasikan dengan beberapa peningkatan di Renoir, seperti CPUOFF Latency dan IO Power yang lebih rendah, SoC power di Renoir ini berkurang 20% dari sebelumnya. Konsumsi daya yang lebih rendah ini tentu saja akan berkontribusi positif untuk daya tahan baterai yang lebih panjang.

Untuk meningkatkan lagi power efficiency dari Ryzen Mobile 4000 Series, AMD juga memperbaiki efisiensi transisi power state prosesor. Kini, tiga power state dihadirkan di ACPI, yang membuat sistem operasi lebih optimal dalam mengatur apakah SoC boleh “beristirahat” dan sedalam apa “istirahat” yang diperbolehkan. Efeknya, karena peralihan power state yang lebih singkat, lebih banyak daya bisa dihemat.

Tidak ketinggalan, AMD juga mendesain SoC Renoir untuk menghabiskan daya lebih sedikit di beberapa use case terkait audio. Ryzen Mobile 4000 Series mendukung Power Efficient Wake on Voice, yang sudah mendukung asisten digital seperti Cortana dan Alexa. Selain itu, untuk audio playback, dengan Low Power Audio Playback/LPAP, penghematan daya hingga 20% bisa didapatkan dengan mengijinkan CPU beristirahat lebih lama di aplikasi-aplikasi yang mendukung.

Konektivitas Lebih Mumpuni

SoC Renoir, walaupun memiliki ukuran serupa dengan pendahulunya, menghadirkan opsi konektivitas yang lebih melimpah. AMD menyebutkan bahwa 4 PCIe Lane ekstra dan 2 USB port tambahan bisa diakomodasi oleh SoC Renoir, untuk memenuhi kebutuhan konektivitas masa kini, termasuk untuk NVMe SSD ekstra, Wi-Fi 6, atau bahkan konektivitas 5G. Untuk USB, AMD juga menyebutkan bahwa Ryzen Mobile 4000 Series ini dilengkapi dengan dukungan untuk USB Type C yang lebih mumpuni, dengan High Bandwidth Display Support dan USB 3.2 Gen. 2 x1. Bila digunakan untuk display output, USB Type C ini disebut mendukung 2 buah monitor 4K dengan Display Stream Compression.

Sementara untuk memori, Ryzen Mobile 4000 Series ini juga menawarkan dukungan yang lebih baik dari pendahulunya. Renoir kini mendukung memori hingga DDR4-3200 atau LPDDR4X-4266 dalam konfigurasi dual-channel. Dukungan ini membuat bandwidth memori yang bisa didapatkan pun meningkat dibandingkan Ryzen Mobile 3000 Series yang hanya mendukung hingga DDR4-2400 saja. Manfaat memori kencang ini seharusnya bisa dirasakan di berbagai skenario penggunaan.

Integrated Graphics di 7 nm: Tawarkan Performa Lebih Tinggi

Sisi integrated graphics di Ryzen Mobile 4000 juga mendapatkan peningkatan. Walaupun mengusung Compute Unit lebih sedikit dibandingkan pendahulunya, clock lebih tinggi yang dimungkinkan serta bandwidth memori lebih besar membuat Radeon Vega di Renoir disebut AMD lebih baik lagi. AMD menyebutkan bahwa performa per-Compute Unit di Renoir ini bisa mencapai 59% lebih tinggi dari sebelumnya. Efisiensi juga ditingkatkan di integrated graphics SoC baru ini, sehingga berkontribusi ke peningkatan power efficiency SoC secara keseluruhan.

Radeon Multimedia Engine di Radeon Vega dalam Renoir ini juga ditingkatkan, dengan encoder baru yang menawarkan peningkatan di HDR/Wide Color Gamut untuk HEVC. Kemampuan encoder juga meningkat 31% dan dukungan encode-decode-nya di berbagai aplikasi juga diperbarui. Untuk skenario penggunaan laptop di era saat ini, peningkatan kemampuan multimedia engine ini tentu saja akan banyak membawa keuntungan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES