in: Highlights - News | April 15, 2020 | by: Yufianto Gunawan

AMD Hadirkan 3 Prosesor EPYC 2nd Gen. Baru

AMD baru saja mengumumkan bahwa mereka menghadirkan 3 prosesor EPYC 2nd Gen. baru. Ketiga prosesor baru ini akan melengkapi jajaran EPYC “Rome” yang sudah diperkenalkan AMD sejak Agustus 2019 lalu. Tiga prosesor EPYC baru ini hadir dengan kode 7Fx2 dan disiapkan untuk kebutuhan tertentu di data center saat ini.

Clock Tinggi dan Cache Besar

Tiga prosesor EPYC 2nd Gen. baru ini disebut AMD sebagai EPYC 7F32 dengan konfigurasi 8C/16T, EPYC 7F52 dengan konfigurasi 16C/32T, serta EPYC 7F72 dengan konfigurasi 24C/48T. AMD menyebutkan ketiganya cocok untuk skenario penggunaan di database, high-performance computing, serta hyperconverged infrastructure. Hal itu tidak terlepas dari desain AMD, di mana ketiganya memang dibangun untuk menawarkan performa per-core tertinggi, sesuai klaim AMD.

Salah satu hal yang membuat ketiga prosesor EPYC 7Fx2 ini bisa menawarkan performa per-core tinggi adalah clock yang ditingkatkan. Bila dibandingkan ke prosesor 8C, 16C, dan 24C di keluarga EPYC 2nd Gen sebelelumnya, ketiganya memang memiliki base clock dan boost clock yang terbilang tinggi. Bahkan untuk EPYC 7F32, prosesor ini memiliki base clock 3.7 GHz dengan max boost 3.9 GHz, lebih tinggi bila dibandingkan EPYC 7232P yang hanya memiliki base clock 3.1 GHz dengan max boost 3.2 GHz.

Selain itu, AMD juga meningkatkan kapasitas L3 Cache di ketiga prosesor EPYC 7Fx2 ini. EPYC 7F32 dan EPYC 7F52 ditawarkan dengan L3 Cache hingga 16 MB per-core, dengan total masing-masing mencapai 128 MB dan 256 MB. Sementara EPYC 7F72 ditawarkan dengan L3 Cache 8 MB per-core.

“Value” Memadai untuk Kelas Performanya

Bila dibandingkan dengan varian 8C, 16C, dan 24C dari keluarga EPYC 2nd Gen. lain, tiga prosesor EPYC 7Fx2 ini memiliki harga yang lebih tinggi. Namun, AMD menyebutkan bahwa ketiganya memang memiliki target pasar spesifik, di mana keunggulan performa dari ketiga prosesor baru ini menghadirkan nilai kegunaan yang tinggi. Tentunya, ketiga prosesor baru ini bukan ditujukan untuk pengguna “biasa” yang seharusnya tidak akan merasakan keunggulan spesifik dari ketiga prosesor AMD EPYC 7Fx2 ini, tetapi memang khusus untuk segmen yang bisa memanfaatkan keunggulan performa per-core dari prosesor-prosesor ini, yaitu untuk database, HPC, serta hyperconverged.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES