in: Processors | April 30, 2020 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Intel Rilis Core 10th Gen Desktop ‘Comet Lake’: Core i9-10900K Tercepat Untuk Gaming dengan 5.3 Ghz

Setelah awal April lalu Intel memberikan kejutan dengan mengumumkan prosesor 8-core untuk notebook dengan rating clockspeed 5.3Ghz, kali ini Intel memperkenalkan Intel Core 10th Gen ‘Comet Lake’ versi desktop. Tidak main-main, seri flagship dari keluarga Comet Lake yakni Core i9-10900K diklaim sebagai “the world’s fastest gaming processor“, dan menyandang spesifikasi 10-core 20-Thread dimana prosesor ini bisa mencapai kecepatan 5.3 Ghz berkat sebuah fitur bernama Thermal Velocity Boost.

 

Spesifikasi Singkat

Kita bisa meihat spesifikasi prosesor flagship 14nm tersebut pada beberapa slide yang diberikan Intel berikut ini:

 

*klik untuk memperbesar

 

*klik untuk memperbesar

 

 

10th Gen ini BUKAN ICE LAKE 10nm!

Kata-kata ’10th Gen’ nampak akan membuat rancu karena Intel pernah merilis prosesor 10th Gen dengan codename Ice Lake pada fabrikasi 10nm, ini BUKAN yang rilis kali ini.

Comet Lake yang ini masih menggunakan fabrikasi 14nm

Nampaknya fabrikasi 14nm++++ ini masih digunakan karena masih menunjukkan clockspeed scaling yang baik, untuk memeras single-threaded performance.

 

 

5.3 GHz : TIDAK All-core – Penjelasan Thermal Velocity Boost & Turbo Boost Max 3.0

Sama hal-nya dengan versi notebook, Core i9-10900K mencapai clockspeed 5.3Ghz dengan sebuah fitur bernama Thermal Velocity Boost (TVB) dan juga Intel Turbo Boost Max 3.0 (TBM 3.0)

Kami akan memberikan pembahasan menyeluruh mengenai fitur ini di JagatOC, namun singkat-nya :

  • Thermal Velocity Boost dan Turbo Boost Max 3.0 adalah mode Boost yang lebih advanced dari Turbo Boost biasa
  • Turbo Boost Max 3.0 HANYA bisa terjadi pada 2-core TERBAIK dari seluruh package (TIDAK bisa aktif untuk all-core)
  • Thermal Velocity Boost adalah sebuah mode yang mengizinkan Boost clock lebih tinggi dari Turbo Boost Max 3.0, HANYA bisa dicapai saat suhu prosesor di bawah 70 C.

 

Jadi TVB dan TBM 3.0 bukan mode boost yang bisa di-sustain/ ditahan dalam waktu lama pada semua core, implementasi ini akan menghasilkan karakteristik operasi serupa dengan AMD ‘XFR’ yang ada pada Ryzen (walau cara kerjanya jelas berbeda).

 

Overclocking, DDR4-2933 & 400-series Chipset Support

Comet Lake 10th Gen akan mendukung overclocking saat dipasangkan dengan chipset 400-series yang mendukung (seperti Z490), dan akan ada banyak fitur baru dalam overclocking, seperti per-core HyperThreading, dan juga fine-tuning pada voltage/frequency curve, hal ini akan kami bahas terpisah lebih detail nantinya.

Intel menyebutkan official support untuk DDR4-2933, walaupun beberapa vendor RAM dan vendor motherboard yang kami hubungi sudah menyatakan bahwa mereka akan mendukung kecepatan JAUH lebih dari ini (hint: DDR4-4000+).

 

Lini Produk Lengkap 10th Gen

Selain seri flagship 10900K, Intel juga memberikan spesifikasi produk lengkap untuk SEMUA prosesor 10th Gen Desktop, yang bisa Anda simak di bawah ini :

*klik untuk memperbesar

 

*klik untuk memperbesar

 

*klik untuk memperbesar

 

*klik untuk memperbesar

 

Semua produk Core 10th Gen Desktop dan juga motherboard-nya akan hadir di bulan Mei 2020 Nanti.

 

Kami masih akan menghadirkan berbagai penjelasan mendetail seputar prosesor ini, dan menguji apakah klaim ‘Tercepat di Dunia untuk  Gaming’ ini benar adanya.

Tapi semua itu hanya bisa dilakukan setelah NDA berakhir tentunya. jadi tunggu tanggal mainnya!

 

 

PS. Catatan Seputar Power/TDP : 125W PL1 (TDP) & 250W PL2

Karakteristik seputar TDP dari Core i9-10900K akan kami bahas secara mendetail nanti, karena prosesor ini nampak dirancang untuk beroperasi power limit yang cukup besar, walaupun Rated TDP-nya adalah 125W.

Intel memilki 3 variabel yang bisa di-tune seputar power – disebut PL1 dan PL2, dan Tau.

  • PL1 (Long Term Boost) biasanya dikalibrasi sesuai TDP
  • PL2 (Short Term Boost) biasanya dikalibrasi lebih tinggi, sekitar 1.25x TDP. Kadang motherboard juga meningkatkan nilai ini sesuai kapasitas VRM.
  • Tau adalah ‘Turbo Time’, waktu yang diberikan prosesor untuk boleh beroperasi pada Turbo boost

 

Ini jawaban resmi representatif Intel seputar rating official dari PL1, PL2, dan Tau dari 10900K

 

“..our motherboard partners have optimized their respective board and BIOS settings for the 10th Gen Intel® Core™ desktop processors. For the unlocked 10th Gen Intel® Core™ i9-10900K desktop processor, Intel’s configuration recommendation are PL1 = 125, PL2 = 250 and Tau = 56 seconds.

We allow our partners to configure their boards and implement power and performance settings according to their own design targets. Motherboard partners may provide their customers with options to customize PL1, PL2 and Tau. Some partners configure their boards’ default settings to follow Intel’s configuration recommendation for PL1, PL2 and Tau, while some partners may set their own default PL1, PL2 and Tau targets that may draw more power and may require more capable cooling solutions.”

 

Tanpa masuk lebih teknis lagi, menurut informasi yang kami terima dari Intel, mereka menyatakan bahwa prosesor Intel Core i9-10900K akan memiliki PL1 sesuai TDP yakni 125W, namun PL2-nya adalah 250W, dengan Turbo Time selama 56 detik.

Intel pun mengatakan bahwa motherboard vendor masih boleh melakukan tweaking pada nilai ini jika dirasa perlu untuk meningkatkan performa.

 

Perlu diketahui, ini adalah figur power limit kelas high-end desktop, bahkan sebuah Core i9-7900X HEDT bisa memiliki PL2 Limit lebih rendah pada beberapa motherboard!

Nampaknya prosesor ini jelas di-desain dengan fokus pada high-clockspeed untuk tujuan high-performance high-framerate gaming, dan nampak mengabaikan faktor power efficiency.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES