in: News | April 2, 2020 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

NVIDIA Luncurkan GPU Laptop Terbaru: GeForce RTX SUPER & GeForce GTX 1650 Ti GDDR6

NVIDIA menunjukkan berbagai lini GeForce terbaru dalam sebuah sesi online briefing untuk Media akhir maret lalu. Yang menjadi highlight dalam peluncuran produk ini adalah munculnya GeForce RTX SUPER series pada laptop, dan juga sedikit update pada lini laptop kelas menengah-bawah yakni GTX 1650 Ti dengan GDDR6. Berbagai update ini dilakukan NVIDIA untuk memperkuat lini produk mereka pada laptop.

NVIDIA sendiri menyadari bahwa kebutuhan akan GPU yang powerful di laptop semakin banyak, seiring dengan naiknya jumlah pengguna yang memilih untuk menggunakan laptop untuk berbagai pekerjaan content creation, dipakai untuk kebutuhan para pelajar/mahasiswa, maupun dipakai gamer. Tidak jarang dari kelas pengguna ini juga sudah memiliki solusi desktop powerful, tapi masih membutuhkan laptop kencang untuk dibawa-bawa.

 

Lini Produk 2020

Berikut update yang terjadi pada lini produk NVIDIA memasuki Q2 2020 ini :

Terlihat bahwa

  • RTX 2080 SUPER dan RTX 2070 SUPER menggantikan posisi 2080 dan 2070 laptop
  • RTX 2060 diperkirakan masuk ke kelas laptop harga 999 USD, menggantikan GTX 1660 Ti
  • GTX 1650 Ti masuk di kelas harga GTX 1650 lama

 

RTX 2060 : Masuk ke Kelas USD 999

*klik untuk memperbesar

 

Yang menjadi sorotan pada lini produk yang baru ini adalah masuknya beberapa model laptop dengan RTX 2060 Laptop ke kelas 999 USD. Mengingat GeForce RTX 2060 adalah GPU RTX paling terjangkau saat ini, jika banyak vendor laptop memasukkan laptop dengan kisaran harga seperti perkiraan NVIDIA, tentunya adopsi GPU RTX di laptop akan semakin luas.

Ini termasuk menguntungkan user mengingat GeForce RTX memiliki dukungan DirectX 12 Ultimate yang membuat perangkat tersebut sedikit lebih future-proof, menguntungkan bagi user yang melakukan upgrade laptop hanya 3-4 tahun sekali, atau lebih lama.

 

Lini Produk Lengkap : SEMUA Produk memiliki Versi Max-Q

Berikut ini spesifikasi semua produk GeForce laptop :

Lini lengkap GeForce Laptop 2020 *klik untuk memperbesar

 

Terlihat bahwa Boost Clock dan TGP dari semua GPU ini bervariasi, dan ini menandakan bahwa semua lini produk GeForce akan memiliki versi Max-Q.

Bagi Anda yang masih belum mengenal Max-Q, secara singkat versi Max-Q adalah GPU NVIDIA yang di-tune dengan fokus efisiensi daya atau performance-per-watt, ini akan sedikit mengorbankan clockspeed dan performa, namun hal tersebut akan menurunkan power & thermal output, mengizinkan form factor lebih lebih tipis dan ringkas.

Teknologi Max-Q sendiri mendapat beberapa update untuk meningkatkan efisiensi, seperti teknologi Dynamic Boost, penggunaan low voltage GDDR6, dan lain sebagainya. (Materi ini akan kami ulas dalam pembahasan terpisah di lain waktu)

 

RTX SUPER: CUDA Core Tetap, GDDR6 14Gbps, TDP Rendah

Kedua RTX SUPER Laptop yang baru, baik RTX 2080 Super yang menjadi flagship dengan 3072 shader unit(CUDA Core), maupun RTX 2070 SUPER dengan 2304 Shader unit, memiliki jumlah shader unit dan memory bus width sama persis dengan versi desktop. Perbedaan awal yang terlihat adalah 2080 SUPER versi laptop hanya mendapatkan GDDR6 14Gbps, bukan GDDR6 15.5Gbps kencang yang ada di versi desktop.

Perbedaan selanjutnya dari GPU laptop ini adalah rating TGP (‘TDP’) yang lebih rendah, dan pastinya turunnya TDP ini akan menurunkan rating clockspeed secara keseluruhan.

Kami cukup terkejut melihat NVIDIA mengatakan bahwa RTX 2080 SUPER versi Max-Q dapat dikonfigurasi hingga 80W TGP, walaupun versi tertinggi-nya diizinkan untuk naik hingga 150W atau lebih.  Perbedaan besar ini membuat kami berharap para vendor laptop akan lebih transparan memberikan informasi TDP/TGP dari GPU yang mereka pakai, karena ini akan SANGAT berpengaruh ke clockspeed dan performa.

 

GTX 1650 : Mendapat Upgrade GDDR6 dan ada Versi Ti

GeForce GTX 1650 mendapat update yang cukup signifikan: akhirnya akan ada versi GTX 1650 yang mendapat GDDR6, ini akan memberikan ekstra performa cukup lumayan mengingat GPU Turing terkenal memiliki scaling yang baik dengan memory bandwidth tinggi.

Berikutnya, ada versi GTX 1650 Ti dengan 1024 CUDA Cores dan GDDR6, ini memiliki spesifikasi shader unit lebih besar jika dibandingkan beberapa GTX 1650 desktop lama yang hanya memiliki 896 CUDA Cores.

Semoga berbagai versi GTX 1650 di laptop ini nantinya disertai label produk yang jelas, karena nama produk ‘GTX 1650’ berpotensi menimbulkan kerancuan saat membeli, dimana ada beberapa versi GTX 1650 dengan jumlah shader bervariasi (896 Shader dan 1024 Shader), serta konfigurasi RAM yang berbeda juga (4GB GDDR5 vs 4GB GDDR6).

Belum kelihatan apakah GTX 1650 Ti akan hadir juga di desktop, mengingat desktop sendiri sudah memiliki GTX 1650 SUPER dengan 1280 Shader dan GDDR6, yang secara spesifikasi nampak lebih kencang dari GTX 1650 Ti laptop.

Sekarang, kami masih menunggu berbagai vendor menunjukkan berbagai produk baru mereka yang dilengkapi GPU laptop dari NVIDIA tersebut, dan berharap laptop ini bisa cepat masuk pasaran (dan masuk lab kami untuk diuji :p).

Jika Anda yang sedang merencanakan upgrade laptop dalam 1-2 bulan ke depan, mungkin ada baiknya menunggu hasil pengujian beberapa GPU terbaru ini untuk mendapat informasi lebih lengkap.

 

 

 

 

Simak Juga:

 

[VIDEO] Review GeForce RTX 2080 Super – Desktop

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES