in: News | April 1, 2020 | by: Yufianto Gunawan

Samsung Akan Hentikan Produksi Panel LCD Konvensional

Raksasa elektronik dari Korea Selatan, Samsung, tampaknya melihat bahwa LCD konvensional sudah tidak lagi menarik. Melihat tren LCD yang terus menurun, mereka memutuskan akan menghentikan produksi panel LCD pada akhir tahun 2020 ini. Hal ini berarti lini produksi LCD yang tersisa di Korea Selatan akan ditutup dan dialihfungsikan, sementara fasilitas produksi LCD di China kemungkinan akan ditutup.

Fokus ke QLED

Langkah Samsung menghentikan produksi panel LCD konvensional ini juga sejalan dengan rencana mereka meningkatkan kapasitas produksi panel QLED. QLED, yang menggunakan teknologi quantum dot, kini makin diminati. Kemungkinan besar, lini produksi LCD yang ada di Korea Selatan nantinya akan diubah ke lini produksi untuk panel QLED ini.

Sementara untuk fasilitas produksi LCD konvensional di China, Samsung masih belum memberikan kepastian terkait nasib fasilitas itu. Satu hal yang pasti, setelah akhir tahun 2020 ini, fasilitas itu tidak akan lagi memproduksi panel LCD. Belum ada rencana untuk mengubah fasilitas itu untuk produksi jenis panel layar lain, sehingga muncul kemungkinan fasilitas itu akan ditutup. Namun, bisa saja Samsung berakhir dengan mengambil keputusan lain.

LCD Konvensional Makin Tidak Menarik

Keputusan yang diambil Samsung ini bisa dikatakan tidak mengejutkan, mengingat produsen panel LCD konvensional lain juga sudah melakukan hal serupa. LG, raksasa elektronik yang juga berasal dari Korea Selatan, juga mengambil keputusan serupa beberapa waktu lalu. Produsen layar ukuran besar, terutama TV, tampaknya melihat LCD konvensional sudah tidak lagi menarik dan mulai beralih ke panel yang lebih modern seperti OLED atau QLED, sehingga permintaan panel LCD terus menurun, yang membuat produsen panel pun mulai mengurangi atau menghentikan produksi mereka.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES