in: News | May 4, 2020 | by: Dian Syarifuddin

AWS Umumkan Ketersediaan AWS Outposts di Indonesia

AWS (Amazon Web Services) yang merupakan salah satu perusahaan penyedia solusi layanan berbasis cloud, belum lama ini mengumumkan ketersediaan salah satu solusi terbarunya, yaitu AWS Outposts. Solusi AWS Outposts sendiri merupakan perangkat keras rancangan AWS yang berupa rak komputasi dan storage yang terkelola sepenuhnya dan bisa dikonfigurasikan oleh pengguna untuk mendukung komputasi dan penyimpanan secara on-premise.

Beragam layanan kini telah dihadirkan oleh AWS dalam kurun waktu beberapa tahun ke belakang, seperti Amazon Virtual Private Cloud (Amazon VPC), AWS Direct Connect, hingga Amazon Storage Gateway. Solusi-solusi tersebut memudahkan pelanggan dalam mengoperasikan datacenter secara on-premise di perusahaan bersama AWS.

AWS Outposts sendiri terdiri dari layanan native AWS, infrastruktur dan beragam model operasi secara virtual di beragam fasilitas, seperti datacenter, server-server co-location, maupun lingkungan on-premises perusahaan. Sehingga melalui AWS Outposts, pengguna dapat menikmati suguhan pengalaman hybrid yang konsisten dari AWS APIs, control plane, tools, hingga perangkat keras, baik itu yang berbentuk layanan on-premises maupun di AWS cloud.

AWS Outposts rencananya akan hadir dalam dua varian. Varian pertama yakni AWS native yang memungkinkan pelanggan menggunakan API dan control plane di Outposts sama seperti yang digunakan juga di AWS Public Regions. Sedangkan varian kedua adalah VMware Cloud on AWS Outposts yang memungkinkan digunakannya VMware APIs dan control plane di Outposts yang selama ini telah mereka gunakan juga untuk menjalankan infrastruktur on-premise. AWS Outposts menyediakan ekstensi ke Amazon Virtual Private Cloud VPC (Amazon VPC) di AWS Region yang terdekat dengan pelanggan. Pelanggan bisa melakukan sambungan dengan mudah dari AWS Outposts mereka ke aplikasi-aplikasi atau ke layanan AWS lainnya yang ada di Public AWS Region.

Menurut pihak AWS, solusi AWS Outposts yang hadir di Indonesia ini bisa ditujukan ke berbagai segmen perusahaan mulai dari healthcare, Telco dan lainnya yang membutuhkan respons secara real-time. “AWS Outposts berbeda dengan penawaran lainnya. Pelanggan mendapat jaminan bahwa layanan yang mereka dapatkan setara dengan AWS karena menggunakan hardware yang sama seperti di AWS data center. Selain itu, pelanggan tidak perlu membeli hardware tambahan atau virtualization, serta pelanggan tidak butuh biaya tambahan untuk pemeliharaan (maintenance) karena sudah termasuk biaya yang dikenakan”, Ujar pihak AWS.

Untuk ketersediaannya, AWS Outposts dikabarkan sudah tersedia dan dapat di order di Indonesia.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES