in: News | May 4, 2020 | by: Gatot Tri Yuwono

Huawei Indonesia Rilis Dua Laptop Pertamanya, MateBook X Pro & MateBook D 14

Pasar Laptop di Indonesia kembali mendapatkan pemain baru. Tapi siapa disangka, pemain baru di pasar Laptop ini ternyata adalah pemain lama di pasar Smartphone Indonesia yang tidak lain adalah Huawei. Perusahaan asal negeri tirai bambu tersebut akhirnya memulai debut perdananya di pasar Laptop Indonesia dengan meluncurkan dua produk andalannya – Huawei MateBook X Pro dan Huawei MateBook D 14.

Huawei MateBook X Pro

Walaupun terhitung sebagai pendatang baru, Huawei tampak tidak setengah-setengah masuk ke pasar Laptop di Indonesia. Hal tersebut tampak dari konfigurasi Hardware yang digunakan untuk kedua Laptop tersebut. Untuk Huawei MateBook X Pro, Laptop tersebut ditenagai prosesor Intel Core i7 10510U dengan konfigurasi 4-Core/8-Thread. Produk Flagship inipun dibekali kartu grafis GeForce MX250 2 GB GDDR5 yang tidak hanya punya kemampuan mumpuni untuk memainkan Game 3D tetapi juga dapat dimanfaatkan di skenario Content Creation sekalipun. Huawei MateBook X Pro pun didukung kapasitas RAM dan Storage yang masif yaitu LPDDR3-21333 16 GB dengan 1 TB SSD NVMe PCIe.

Huawei MateBook X Pro

Layar Borderless “Ultra View Display” dengan bingkai super tipis di ketiga sisi menjadi daya pikat lainnya dari Huawei MateBook X Pro. Tingkat Screen to Body Ratio pun tergolong tinggi yaitu 91%. Tidak sampai disitu saja, layar 13,9 inci itu memiliki resolusi layar 3000 x 2000 piksel yang siap menampilkan gambar yang tajam dan jernih. Panel layar menggunakan LTPS dengan tingkat Color Gamut 100% sRGB serta kecerahan 450 Nits. Menariknya MateBook X Pro menggunakan layar Touchscreen sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan navigasi.

Huawei mengemas seluruh kemampuan itu di dalam bodi yang terbuat dari material logam yang ringan dengan desain Unibody. Ketebalan bodi hanya sebesar 1,46 CM dengan bobot sekitar 1,33 kg. Untuk daya tahan baterai diklaim mencapai 13 jam Video Playback atau 15 jam di skenario aktivitas perkantoran. Tidak ketinggalan tersedia fitur keamanan sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol Power On/Off.

Huawei MateBook D 14

Berbeda dengan MateBook X Pro, Huawei MateBook D 14 tampil beda mengandalkan prosesor AMD Ryzen 7 3700U dengan konfigurasi 4-Core/8-Thread sebagai otak pintar di dalamnya. Laptop ini memang tidak dilengkapi kartu grafis tambahan tetapi sudah tersedia Radeon RX Vega 10 Graphics di dalam Ryzen 7 3700U yang selama ini dikenal punya tenaga yang mumpuni untuk skenario Gaming sekalipun. Huawei MateBook D 14 pun didukung kapasitas RAM dan Storage yang cukup masif yaitu DDR4 8 GB dengan 512 GB SSD NVMe PCIe.

Huawei MateBook D 14

Seperti MateBook X Pro, layar Huawei MateBook D 14 juga menggunakan desain bingkai layar super tipis hanya 4,8 MM saja sehingga mampu memiliki Screen to Body Ratio hingga 84%. Layar 14 inci milik MateBook D 14 juga telah menggunakan panel IPS dengan resolusi 1920 x 1080 piksel dan menggunakan engsel yang dapat dibuka hingga 180°. Bodi MateBook D 14 dibuat dari material alumunium yang ringan tetapi tetap kokoh. Ketebalan bodi pun hanya sebesar 1,59 CM saja dengan bobot sekitar 1,38 kg. Sementara untuk daya tahan baterai diklaim mencapai 9,5 jam pemakaian. Tidak ketinggalan Laptop ini dilengkapi sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol Power On/Off.

Huawei MateBook X Pro akan dijual dengan harga Rp. 30.999.000,- sementara Huawei MateBook D 14 siap dibawa pulang dengan merogoh kocek sekitar Rp. 11.499.000,-. Belum diketahui apakah ke depannya dua Laptop itu akan hadir dengan konfigurasi Hardware dengan harga lebih terjangkau atau tidak. Untuk saat ini hanya ada satu varian spesifikasi untuk masing-masing tipe Laptop. Masa Pre-Order akan berlangsung dari 5-19 Mei 2020 di eCommerce tertentu dengan menyertakan sejumlah bonus menggiurkan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES