in: Display | May 2, 2020 | by: Friska Suryawinata

Mini Projector Indonesia GV1 Review: Display 100 Inch Lengkap dengan Fitur Android SmartTV

Karena sedang wabah pandemik, tidak sedikit industri dan tempat hiburan pun terpaksa tutup, tidak terkecuali bioskop. Tapi bagi Anda yang kangen ingin menonton seperti di bioskop, memiliki proyektor tentu saja bisa jadi salah satu solusinya. Namun tidak semua proyektor memang cocok untuk digunakan sebagai perangkat hiburan layar besar pengganti televisi, dan tidak semua bisa dengan mudah dipindahkan maupun dikontrol.

BenQ yang merupakan pemain lama dalam memproduksi produk proyektor, tidak lama ini merilis produk proyektor mini dengan fitur menarik dan tentunya tidak kalah dengan proyektor besar yang umum digunakan di beberapa sektor. BenQ GV1 Mini Projector sendiri bukan sekedar proyektor portable saja, tetapi merupakan perpaduan dari proyektor, Android TV Box, serta speaker portable yang dikemas mungil dengan fitur wireless dan baterai.

Desain dan Spesifikasi

Dimensi dari perangkat proyektor mini ini sebesar 80 x 155 x 80 mm, memang kecil dan compact untuk bisa digunakan di mana saja terutama di dalam ruangan. Bobotnya yang hanya 708 gram membuatnya sangat mudah untuk dibawa secara portable.

 

Proyektor mini dengan warna Grey berpadu sedikit kuning ini memiliki dua bagian utama, yaitu bagian atas yang merupakan posisi proyektor, dan speaker 5W yang terletak di bagian bawahnya. Bagian kamera proyektornya sendiri memiliki sensor Infra Red di bawah layar yang berfungsi sebagai remote receiver. Sisi kiri dan kanan proyektor utama memiliki lubang untuk ventilasi, dengan terdapat tombol untuk “focusing” pada sisi kanan di bawah lubang ventilasinya. Pada sisi belakangnya, terdapat port DC In dan USB Type-C pada bagian bawah speaker, sementara tombol kontrol utama seperti tombol Power, volume, serta tombol Switch Mode Key pada bagian sisi atas perangkat. Dan di bagian sisi bawah, terdapat lubang tripod untuk bisa ditaruh di atas tripod.

BenQ GV1 Mini Projector hadir dengan sistem proyeksi DLP (Digital Light Processing) menggunakan DMD (Digital Micromirror Device) Chip 2.0″ yang mampu membuat kamera proyeksi utamanya menjadi mungil tetapi masih dapat memberikan ketajaman yang akurat, dilengkapi dengan Brightness 200 ANSI lumens (max) yang membuat proyektor mini ini lebih cocok untuk digunakan di dalam ruangan seperti kamar atau ruang rapat di kantor. Rasio kontrasnya sendiri 100.000:1, dengan native aspect ratio sebesar 16:9 dan resolusi maksimal mencapai 1920 x 1080, serta display color 16,7 juta warna.

Dapur pacu utamanya menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 210 dengan RAM 1 GB LPDDR3, dan kapasitas internal storage 8 GB. Sistem Operasinya menggunakan Android 7.1.2, dengan konektivitas WLAN 802.11 a/b/g/n 2.4G/5G, dan Bluetooth. Proyeksinya sendiri memiliki lensa f/1.5=5.53mm dengan ukuran proyeksi mampu menghasilkan tampilan minimal 30 inch hingga 100 inch (membutuhkan jarak 2,9 meter).

Fitur Utama

Untuk bisa mengontrol proyektor mini ini, sedikit mirip seperti mengoperasikan Smart TV di mana BEnQ GV1 Mini Projector bisa dihubungkan secara Wireless kemudian dengan aplikasi Aptoide TV yang mirip seperti Play Store, untuk bisa membuka beragam aplikasi hiburan mulai dari YouTube hingga Netflix. Untuk fleksibilitas ekstra, pengguna bisa mengunduh aplikasi BenQ Smart Control App sebagai ganti remote control utama, bedanya remote control ini digunakan secara virtual di smartphone yang sudah memiliki aplikasi Smart Control tersebut. Tentu saja, untuk bisa terhubung, smartphone yang menggunakan aplikasi Smart Control ini harus terhubung dengan Wireless yang sama dengan proyektor mininya.

Paket Penjualan

BenQ GV1 Mini Projector dijual dengan paket penjualan yang cukup lengkap yang terdiri dari:

  • 1 unit proyektor BenQ GV1
  • Remote Control
  • Charger
  • Kabel USB Type-C
  • Adapter USB Type-C to HDMI
  • Carry Bag

Selengkapnya soal BenQ GV1 Mini Projector, bisa disimak pada video berikut ini:

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES