in: Storage Devices | May 18, 2020 | by: Friska Suryawinata

Review WD_BLACK P50 Game Drive SSD: Apa Rasanya Pakai USB Drive Terkencang?

Ketika merakit sebuah PC desktop, storage adalah barang wajib yang tidak boleh dilupakan sama sekali untuk bisa menjalankan sistem, aplikasi, maupun menyimpan file. SSD sendiri sudah bukan hal yang asing lagi untuk digunakan di sebuah PC, di mana SSD saat ini telah menjadi storage yang memiliki kecepatan baca dan tulis cepat untuk bisa membantu pengguna dalam mengakses sebuah aplikasi atau file lebih cepat juga.

Kali ini, Tim Jagat Review kedatangan sebuah USB flash drive/USB storage paling kencang di muka Bumi saat ini, yaitu WD_Black P50 Game Drive SSD. Sekencang apa, sih? Simak lebih lanjut di dalam pembahasan kami kali ini!

Desain dan Spesifkasi

WD_Black P50 Game Drive SSD memiliki dimensi 11,8 x 6,2 x 1,4 cm dan berbobot sekitar 115 gram yang membuatnya ringkas dan compact untuk sebuah SSD. Dari segi penampilannya, WD_Black P50 Game Drive SSD menawarkan desain bertema Military yang membuatnya terlihat menarik dan “garang”, dipadu dengan warna Black Matte. Dalam pengujian kali ini, WD_Black P50 Game Drive SSD yang kami gunakan adalah yang beukuran 1 TB, tetapi SSD ini sendiri memiliki pilihan kapasitas 2 TB dan 500 GB.

Untuk USB interface yang dimiliki oleh WD_Black P50 Game Drive SSD, terdapat USB 3.2 Gen 2×2, tetapi SSD ini tetap dapat dideteksi dan digunakan pada port USB versi di bawahnya, berbeda dengan storage Thunderbolt yang hanya bisa digunakan dengan konektor Thunderbolt juga. Sebagai bagian dari paket penjualan, WD_Black P50 Game Drive SSD juga disuguhkan satu buah USB Type-A to USB Type-C dan satu buah SB Type-C to USB Type-C di dalam box penjualannya.

Sementara untuk kecepatan USB yang dimilikinya, WD_Black P50 Game Drive SSD memiliki kecepatan sebagai berikut:

  • USB 1.1 – 12 Megabit/s
  • USB 2.0 – 480 Megabit/s
  • USB 3.0/USB 3.1 Gen 1/USB 3.2 Gen 1 – 5 Gigabit/s
  • USB 3.1 Gen 2/USB 3.2 Gen 2 – 10 Gigabit/s
  • USB USB 3.2 Gen 2×2 – 20 Gigabit/s

Sebagai catatan, SSD membutuhkan dua jalur USB 3.2 Gen 2 untuk bisa menghasilkan kecepatan hingga 20 Gigabit/s serta menggunakan konektor USB Type-C.

WD_Black P50 Game Drive SSD sendiri memiliki kompabilitas yang cukup lengkap, di antaranya mampu digunakan untuk beragam sistem di bawah ini:

  • Windows 8.1 dan Windows 10
  • Mac OS 10.11+
  • Playstation 4 dan Playstation 4 Pro
  • XBox One

Namun, apakah WD_Black P50 Game Drive SSD sendiri bisa digunakan untuk laptop atau PC yang tidak memiliki port USB 3.2 Gen 2×2? Saat ini, sayangnya belum ada laptop yang mampu mendukung port dan interface USB 3.2 Gen 2×2 dan belum bisa ditambahkan. Tapi untuk PC desktop, ada solusinya yaitu dengan menggunakan Expansion Card. Salah satu Expansion Card yang bisa digunakan untuk memungkinkan sebuah PC desktop memakai WD_Black P50 Game Drive SSD adalah dengan menggunakan Expansion Card Gigabyte GC-USB 2.3 GEN2x2.

Expansion Card Gigabyte GC-USB 3.2 GEN2x2 sendiri memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Kontroler USB: ASMedia ASM3242
  • Konektor PCI Express: PCI Express 3.0 x4
  • Konektor USB: 1X Type-C USB 3.2 Gen 2×2

Secara teorinya, perangkat dengan USB versi sebelumnya juga bisa digunakan dengan konektor ini. Expansion Card sendiri tidak membutuhkan instalasi driver secara terpisah, karena sistem Windows 10 mampu mendeteksinya dan bisa digunakan secara langsung.

Hasil Pengujian

Untuk menguji performa dari WD_Black P50 Game Drive SSD, kami menggunakan platform pengujian khusus yang terdiri dari:

  • Processor – Intel Core i7 7700
  • Motherboard – MSI Z270 GAMING M7
  • RAM – 16 GB RAM Dual Channel
  • Storage – Samsung SSD 960 Pro 2 TB

WD_Black P50 Game Drive SSD sendiri diklaim mampu melakukan Read (baca) hingga kecepatan 2000 MB/s, sehingga kami akan menguji SSD ini dengan benchmark Crystal Disk Mark untuk membuktikannya, sekaligus membandingkannya dengan SSD lain untuk melihat perbandingan kecepatannya.

Crystal Disk Mark

WD_Black P50 Game Drive SSD + Konektor USB 3.2 Gen 2×2

WD_Black P50 Game Drive SSD + Konektor USB 3.2 Gen 2 di Motherboard

WD_Black P50 Game Drive SSD + Konektor Thunderbolt 3 di Laptop Omen by HP

Samsung SSD Portable X5 1 TB (Thunderbolt 3)

Dengan kecepatan baca dan tulis seperti itu membuat WD_Black P50 Game Drive SSD dapat difungsikan sebagai tempat instalasi Game atau tempat File kerja. File kerja ukuran besar dapat di Load langsung dari WD_Black P50 Game Drive SSD tanpa perlu memindahkan ke Storage Internal.

Copy File

Pengujian berikutnya adalah untuk menguji performa dari SSD ketika melakukan Copy File. Pengujian ini dilakukan dengan cara Copy File sebuah 7zip utuh berukuran 108 GB dari Samsung SSD 960 Pro 2 TB ke WD_Black P50 Game Drive SSD.

Hasil untuk Konektor USB 3.2 Gen 2×2, uji coba Copy dari WD_Black P50 Game Drive SSD memiliki kecepatan antara 970 MB/s hingga 1 GigaByte/s dengan durasi Copy mencapai 1 menit 49 detik saja. Yang cukup menarik, kami tidak melihat adanya penurunan kecepatan secara signifikan selama proses transfer berlangsung. Karena biasanya, di beberapa SSD, ada penurunan kecepatan yang terjadi akibat Cache SSD penuh atau terlanjut kepanasan saat proses Copy berlangsung.

Hasil untuk konektor USB 3.2 Gen 2 di Motherboard, memberikan hasil kecepatan Copy dari WD_Black P50 Game Drive SSD berkisar 650 MB/s hingga 670 MB/s dengan durasi Copy mencapai 2 menit 47 detik. Hasilnya memang 53% lebih lama dari konektor pertama yang digunakan, tetapi tidak ada penurunan kecepatan secara signifikan juga selama proses transfer berlangsung.

Suhu Selama Pengujian

Ketika menguji WD_Black P50 Game Drive SSD, kami juga turut mengukur suhu dari SSD ini dengan menggunakan alat bantu Flir One. Dalam proses transfer file yang terjadi, WD_Black P50 Game Drive SSD memiliki suhu hingga 40-42 derajat Celcius dalam kondisi di dalam ruangan yang tidak terlalu dingin.

Kendala yang Dialami Selama Pengujian

Harus diakui bahwa WD_Black P50 Game Drive SSD menyuguhkan teknologi yang sesungguhnya masih tergolong baru dan Tim Jagat Review sendiri belum pernah menguji USB 3.2 Gen 2×2 sebelumnya, sehingga ada beberapa kendala yang sempat kami alami selama pengujian.

Salah satunya, adalah proses transfer atau copy yang terhenti tiba-tiba di tengah jalan ketika melakukan copy filme ke WD_Black P50 Game Drive SSD dengan konektor USB 3.2 Gen 2×2 secara random case (kadang berhasil, kadang gagal). Kendala ini tidak kami temui ketika melakukan Copy File ke WD_Black P50 Game Drive SSD dengan konektor USB 3.2 Gen 2 di Motherboard. Dari kendala yang kami temui ini, kami menduga sementara bahwa masalah ada pada chip ASMedia di Expansion Card, dengan kemungkinan hal ini bisa di-fix melalui update Firmware atau Driver di masa yang akan datang.

Harga

Untuk harga jualnya sendiri, WD_Black P50 Game Drive SSD 1 TB dibanderol sebesar Rp 5.950.000. Sementara untuk expansion card Gigabyte GC-USB 3.2 Gen 2×2 belum memiliki informasi harga pasti untuk saat ini.

Simak selengkapnya di video pembahasan WD_Black P50 Game Drive SSD berikut ini:

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES