in: News | June 11, 2020 | by: Dian Syarifuddin

Dukung Transformasi Digital Jelang New Normal, Alibaba Luncurkan Database Cloud-native di Indonesia

Alibaba Cloud yang merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia sebagai penyedia layanan cloud, belum lama ini mengumumkan peresmian peluncuran Apsara -layanan database clooud-native untuk PolarDB dan AnalyticDB di Indonesia. Teknologi ini diklaim terbukti efektif di ekosistem Alibaba, sehingga cocok untuk digunakan oleh para calon mitra di Indonesia yang sedang mencari inovasi yang canggih, aman dan hemat biaya untuk mendorong pertumbuhan bisnis mereka menjelang new normal atau pasca pandemi.

Di tahun 2020 ini, Alibaba Cloud sudah memasuki usia yang ke-4 kehadirannya di Tanah Air. Dengan memiliki ribuan pelanggan serta lebih dari 100 mitra lokal, Alibaba Cloud ingin terus mengembangkan inovasinya untuk membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis, baik untuk skala enterprise maupun small medium business, terutama melalui teknologi terbaru yang diluncurakannya ini. “Jajaran produk database dari Alibaba Cloud telah terbukti efektif dalam mendukung proses kerja sehari-hari pada platform Alibaba serta kegiatan-kegiatan besar seperti Alibaba Global Shopping Festival, dan kami sangat senang dapat memperkenalkan jajaran produk ini ke pasar Indonesia,” kata Leon Chen, Country Manager untuk Alibaba Cloud Indonesia.

Melalui layanan cloud kami yang canggih, aman, dan kokoh, kami berharap dapat memberikan nilai tambah bagi pelanggan yang mencari infrastruktur cloud yang tepercaya dan tangguh untuk mengatasi permintaan yang melonjak dalam proses tranformasi digital yang efektif.” Chen menambahkan.

Di Indonesia, Alibaba Cloud akan bekerjasama dengan mitra layanan TI lokal untuk menawarkan layanan database cloud-native bagi para penggunanya, terutama bagi mereka yang bergerak di industri game, e-commerce, teknologi finansial, pendidikan dan media online, antara lain PolarDB dan AnalyticDB. PolarDB merupakan databse realsional cloud-native dengan elastisitasdan keandalan tinggi yang berperan penting mendukung operasi platform e-commerce Alibaba, termasuk menangani puncak permintaan sejumlah 87 juta per detik selama Alibaba Global Shopping Festival tahun lalu. Teknologi PolarDB sendiri memiliki ruang penyimpanan maksimum 100 TB dan dapat dikonfigurasi dengan maksimum 16 node.

Sedangkan AnalyticDB merupakan layanan penyimpanan data real-time cloud-native yang dapat memproses data dalam skala petabytes dengan konkurensi tinggi dan latensi rendah. Teknologi ini dapat memproses query SQL yang kompleks 10 kali lebih cepat dari database relasional tradisional, dimana teknologi ini memungkinkan pembuatan laporan statistik online dan solusi analisis multi-dimensi yang mudah.

Selain mengumumkan peluncuran teknologi database cloud-native, Alibaba Cloud juga mengumumkan dukungannya terhadap pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19. Seperti kita ketahui sekarang, Alibaba Cloud telah bekerjasama dengan 2 Rumah Sakit sebagai penyedia teknologi analisis gambar CT Scan yang dapat mempercepat diagnosis kasus Covid-19. “Harapan ke depannya, Alibaba Cloud dapat memperluas lagi kemitraannya dengan Rumah Sakit lainnya di Indonesia untuk menawarkan teknolgi CT Scan ini”, Tutup Leon Chen.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES