in: News | June 23, 2020 | by: Friska Suryawinata

Ericsson Mobility Report 2020: COVID-19 Buktikan Bahwa Jaringan dan Telekomunikasi Penting untuk Masyarakat

Pada hari Selasa (23/6), Ericsson selaku penyedia layanan komunikasi terkemuka di dunia baru saja memaparkan laporan rutinnya lewat Mobiity Report untuk 2020, di mana pada laporan ini menyatakan bahwa akibat dampak dari COVID-19 yang merajalela di seluruh dunia, membuktikan bahwa jaringan telekomunikasi yang luas merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat saat ini.

“Keberadaan COVID-19 yang tengah mewabah secara global ini memperlihatkan bagaimana trafik dari komunikasi dan jaringan menjadi sangat penting dan paling sering digunakan untuk masyarakat dalam terhubung satu dengan yang lainnya. Data statistik menyebutkan bahwa terjadi kenaikan trafik jaringan mulai dari 20 hingga 100% sebagai akibat dari COVID-19. Jaringan ini sendiri termasuk di antaranya jaringan mobile serta Wi-Fi,” jelas Jerry Soper selaku Country Head dari Ericsson Indonesia, dalam pemaparannya lewat media briefing online. “Hal ini memperlihatkan bagaimana ICT sendiri telah membantu begitu banyak masyarakat dalam melakukan beragam aktivitas sehari-harinya selama COVID-19 ini berlangsung, seperti bagaimana orang tua bisa membantu anak-anak untuk tetap mendapatkan akses edukasi selama di rumah, bekerja di rumah, berbelanja online, hingga tetap terhubung dengan kerabat, keluarga, dan teman selama tinggal di rumah.”

Tidak hanya itu, Ericsson juga melihat terjadinya pertumbuhan pesat bagi para pelanggan 5G di beberapa negara yang telah memiliki dukungan konektivitas 5G tersebut, di mana hal ini kemudian mendorong Ericsson untuk meningkatkan perkiraan pertumbuhan jumlah pelanggan 5G hingga akhir tahun 2020 mendatang.

“Keberhasilan akan kehadiran 5G di masyarakat diukur bukan dari seberapa banyak pelanggannya, tetapi bagaimana konektivitas cepat yang ditawarkannya tersebut bisa memberikan efisiensi dari beragam aktivitas para penggunanya, mulai dari pengalaman virtual meeting yang lebih baik, kecepatan internet yang lebih baik dari 4G, dan bagaimana 5G ini bisa digunakan di berbagai sektor industri seperti bisnis, kesehatan, hingga edukasi.”

Dijelaskan juga, COVID-19 yang ada di seluruh dunia saat ini telah mengubah gaya hidup masyarakatnya secara luas, terutama bagaimana masyarakat kini lebih membutuhkan jaringan yang lebih stabil seperti Wi-Fi. Namun tidak sedikit juga dari masyarakat harus bergantung kepada jaringan seluler yang belum cukup maksimal untuk bisa menunjang segala aktivitas mereka tersebut. Oleh karena itu, penting bagi negara untuk bisa mulai berinvestasi terhadap potensi besar dari 5G untuk digunakan di beragam sektor bisnis dan industri, juga hingga untuk rumahan sekalipun.

Magnus Ewebring, Ericsson Chief Technology Officer untuk Asia Pasifik menyebutkan bahwa pihaknya bertekad untuk menyediakan solusi teknologi terkemuka untuk memberdayakan jaringan. “Jaringan 5G menawarkan kecepatan lebih tinggi, latensi sangat rendah, dan jangkauan luas tanpa batas, di mana hal ini memungkinkan pengguna untuk meraih pengalaman lebih cepat dan mulus, yang mungkin belum mereka temui sebelumnya.”

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES