in: News | June 23, 2020 | by: Gatot Tri Yuwono

GPU NVIDIA A100 Kini Hadir Dalam Bentuk PCIe Card

NVIDIA menghadirkan Form Factor terbaru untuk GPU A100 dengan basis arsitektur Ampere mereka. GPU A100 kini tersedia dalam Form Factor PCIe Card setelah sebelumnya memulai debutnya dengan Form Factor SGX. Tentunya hal itu membuat GPU A100 dapat diadopsi Server konvensional dengan slot PCI Express. Form Factor PCIe juga membuat adopsi GPU A100 tidak memakan biaya yang terlampau besar karena Form Factor SXM akan membutuhkan Platforma yang lebih baru.

Secara teoritis, GPU A100 dengan Form Factor PCIe Card ternyata mampu menawarkan performa puncak (TFLOPS) yang tidak berbeda dengan Form Factor SXM. Keduanya sama-sama dilengkapi GPU dengan 6912 CUDA Cores, Memory Bus 5120-bit, 40 GB HBM2 Memory, dan Interface PCI Express 4.0. Clock Speed untuk GPU dan Memory (VRAM) pun tidak memiliki banyak perbedaan.

Walaupun begitu, Form Factor PCIe Card memiliki Rating TDP lebih rendah dibandingkan GPU A100 dengan Form Factor SXM. Hal itu akan membuat Sustain Performance versi PCIe Card tidak akan setinggi apa yang ditawarkan versi SXM. Jika GPU A100 versi SXM punya performa di 100%, maka versi PCIe Card diklaim tetap mampu menawarkan performa hingga 90%-nya. Perbedaan yang seharusnya tidak terlampau jauh.

Dibandingkan pendahulunya yang masih berbasiskan arsitektur Volta, GPU A100 versi PCIe Card menawarkan lompatan performa yang seignifikan hingga 20x lipat di performa komputasi Single-Precision Performance dan Integer Performance. Sementara untuk Double-Precision Performance GPU A100 versi PCIe Card hadir dengan performa 2.5x lipat lebih tinggi.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES