in: Notebook / Laptop | June 29, 2020 | by: Friska Suryawinata

Review Lenovo Legion 5: Laptop Gaming AMD Ryzen 4000 Series yang Dingin dan Kencang

Lenovo Legion 5 merupakan laptop gaming milik Lenovo dengan penamaan yang baru, di mana seri Legion 5 ini merupakan laptop gaming yang berada di kelas mainstream. Legion 5 sendiri terdiri dari dua varian, di mana Legion 5 adalah seri yang menggunakan prosesor AMD sementara Legion 5i menggunakan prosesor Intel. Dan di laptop ini adalah pertama kalinya Lenovo menggunakan prosesor AMD untuk Lenovo Legion.

Desain dan Spesifikasi

Lenovo Legion 5 ini menggunakan prosesor Ryzen 5 4600H, 6C/12T, berkode nama Renoir dengan arsitektur Zen 2 dan fabrikasi 7 nm, serta TDP 45 Watt. RAM menggunakan DDR4-3200 2x 8 GB Dual Channel, dan storage utama menggunakan SSD 512 GB M.2 NVMe PCIe di mana terdapat slot SATA 2.5″ dan M.2 kedua yang salah satunya dapat digunakan sebagai storage tambahan jika diperlukan.

GPU menggunakan GeForce GTX 1650 Ti 4 GB GDDR6 sementara IGP menggunakan Radeon Graphics (384 Shaders). Audio menggunakan stereo speaker by Harman, sementara konektivitasnya menggunakan Intel Wi-Fi 6 AX200 (Wi-Fi 6, Bluetooth 5.1). Lenovo Legion 5 ini memiliki fitur Hybrid Mode untuk GPU. Bila diaktifkan, pengolah grafis akan otomatis switch antara GPU dengan IGP, sehingga saat tidak ada beban kerja berat, IGP bisa digunakan agar konsumsi daya hemat. Bila tidak diaktifkan, hanya GeForce GTX 1650 Ti yang aktif.

Layar dari Lenovo Legion 5 ini sebesar 15,6 inch Full HD (1920 x 1080 piksel) dengan panel IPS, refresh rate 120 Hz, 45% NTSC dengan brightness 250 nits. Bingkai layarnya tergolong tipis di kanan, kiri, dan atas. Pada bagian bingkai sisi atas, terdapat “notch” untuk tempat kamera. Dan layarnya juga dapat dibuka hingga mendekati 180 derajat.

Desain dari bodi keseluruhannya masih serupa dengan desain yang dimiliki Legion Y500, dengan sedikit perbedaan seperti misalnya logo LEGION kini dipindah posisi dari kanan bawah ke kiri atas punggung layar, ventilasi untuk exhaust juga menggunakan vertical grill bukan horizontal grill, dan layout dari keyboard juga berbeda.

Form factor dari bodi laptop ini berjenis clamshell dengan material polikarbonat dan memiliki varian warna Phantom Black. Dimensinya sebesar 36.3 x 26 x 2.61 xm, berbobot 2,31 kg untuk laptop dan 418 gram untuk charger.

Jenis keyboard untuk Lenovo Legion 5 ini disebut sebagai Legion TrueStrike Gaming Keyboard, di mana keyboard memiliki desain “soft landing” yakni sensasi “lembut” ketika tombol ditekan dengan travel distance 1,5 mm. Keyboard memiliki full sized numpad dan tombol memiliki lapisan khusus anti minyak dan abrasi, dengan touchpad didukung dengan Windows Precision Driver.

Untuk konektor dan tombol, Lenovo Legion 5 ini memiliki USB 3.1 Gen 1 dengan Always On, dan Audio Combo untuk sisi kiri; USB 3.1 Gen 1 untuk sisi kanan; dan Gigabit Ethernet, USB 3.1 Type C, 2x USB 3.2 Gen 1, HDMI, dan DC In untuk sisi belakang.

Lenovo Legion 5 ini memiliki opsi Performance Profile di mana penggantian mode ini akan membuat lampu pada tombol power di laptop akan berubah warna. Opsi yang tersedia ini terdiri dari Performance Mode dengan lampu warna merah, Balance Mode dengan warna putih, dan Quiet Mode dengan warna biru.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES