in: Display | June 22, 2020 | by: Friska Suryawinata

Review Proyektor BenQ MS550: Proyektor Serba Bisa yang Terang Banget

Proyektor kerap menjadi sebuah perangkat yang sering digunakan baik untuk pekerjaan kantor maupun sebagai alternatif perangkat entertainment di rumah untuk memberikan tampilan “layar” besar ala bioskop.

Kali ini, proyektor BenQ MS550 hadir di meja pengujian Jagat Review, di mana proyektor ini dirancang untuk bisnis yang juga cocok untuk digunakan sebagai perangkat Daily Presentation. Selain itu, pihak BenQ juga mengklaim bahwa proyektor ini juga cocok untuk digunakan sebagai perangkat Home Entertainment, di mana keunggulan dari BenQ MS550 ini adalah ANSI Lumens yang tinggi, Dust Proof, serta memiliki Eco Cycle System.

Desain

BenQ MS550 memiliki desain yang sederhana dan disesuaikan sehingga proyektor lebih mudah digunakan maupun dipindahkan. Dimensinya sendiri sebesar 296 x 120 x 221 mm dengan bobot 2,3 kg, dan memiliki bodi dasar berwarna putih.

Pada sisi depan, terdapat lensa proyektor dan ventilasi, serta IR receiver untuk remote, sementara sisi kanan juga terdapat ventilasi dan speaker 2 watt. Di sisi kiri terdapat ventilasi dengan kipas untuk pembuangan hawa panas, sementara sisi belakang merupakan posisi untuk beragam konektor yang terdiri dari audio in & audio out, 2x HDMI 2.0 (HDCP support), VGA (input), VGA (output), USB Mini B, RS232 (Serial), S-Video input jack dan Video input jack. Selain itu, terdapat juga port AC power input dan Kensington Lock.

Dan sisi atasnya merupakan tempat tombol kontrol utama, lampu indikator, IR receiver untuk remote, dan mekanisme untuk zoom atau fokus. Tombol kontrol utamanya sendiri terdiri dari Power, tombol navigasi 5 arah (atas, bawah, kiri, kanan, OK), Source, ECO blank, Back, Menu, Auto. Sementara sisi bawahnya terdapat 1 kaki depan dan 2 kaki belakang, serta lubang mounting untuk bracket sehingga proyektor bisa dipasang di langit-langit. Kaki depannya bisa diatur ketinggiannya dengan cara diputar, sementara satu kaki belakangnya bisa diatur ketinggiannya dengan diputar.

Untuk kelengkapan paket penjualannya, terdiri dari:

  • 1 unit BenQ MS550
  • Remote Control (+2 baterai AAA)
  • Kabel Daya
  • Kabel VGA

Spesifikasi

Layar dari proyektornya menggunakan DLP (Digital Light Processing) dengan menggunakan 1 chip DMD, di mana DLP ini bisa membuat ukuran proyektor tetap ringkas dengan tetap memberikan gambar yang tajam dan warna lebih akurat. Brightness yang dimilikinya memiliki maksimal 3600 ANSI Lumens di mana artinya proyektor ini juga cocok untuk digunakan di ruangan besar, dengan Contrast Ratio 20000:1, ideal untuk menampilkan teks yang jelas saat presentasi.

 

Display memiliki Native Aspect Ratio sebesar 4:3 dengan Max. Aspect Ratio sebesar 16:9, beresolusi Native SVGA 800 x 600 piksel dengan resolusi maksimal Full HD 1980 x 1080 piksel. Display dari BenQ MS550 memiliki refresh rate/vertical scan rate sebesar 120 Hz, di mana 120 Hz ini khusus untuk 3D, dengan display color 1.07 Billion dan berdaya lampu 200W.

Untuk proyeksinya, proyektor memiliki lensa f/1.94 ~ f/2.06 dengan ukuran proyeksi mulai dari 30 inch hingga 300 inch. Sementara ukuran proyeksi Clear Image sebesar 60 inch hingga 200 inch. Diagonal 100 inch berasio 4:3 bisa didapatkan dari jarak 3,98 meter, serta memiliki optical zoom 1.1x. Untuk Picture Mode, BenQ MS550 memiliki opsi Bright, Presentation, sRGB, Infographics, dan terdapat 2 User Preset yang bisa diatur sendiri.

Penggunaan BenQ MS550

Dengan memiliki Brightness 3600 ANSI Lumenas, proyektor BenQ MS550 ini cocok untuk digunakan di ruang rapat atau ruang keluarga, karena bisa memproduksi warna dengan akurat walaupun diletakkan di ruangan dengan pencahayaan cukup terang. Proyektor ini bisa dihubungkan di beberapa perangkat sekaligus berkat keberadaan dua port HDMI dan dua port VGA, sehingga akan lebih maksimal baik untuk penggunaan kantoran untuk pekerjaan maupun rumahan sebagai alat entertainment.

BenQ mengklaim bahwa kemampuan zoom 1.1x dengan proyeksi besar sampai 100 inch dari jarak 3.98 meter ini sesuai dengan ruangan yang memiliki kapasitas 20 orang. Dimensinya yang ringkas dan Dust Proof membuatnya mudah dipindahkan dan proyektor lebih tahan terhadap partikel debu yang ada di udara.

Salah satu fitur menarik yang dibawa oleh BenQ MS550 adalah Eco Cycle System, di mana fitur ini berfungsi untuk menghemat konsumsi daya proyektor dengan tigas mode yang bisa digunakan untuk menghemat konsumsi daya proyektor tersebut: SmartEco, Eco Blank Mode, Auto Power Off.

Pihak BenQ mengklaim bahwa usia lampu dari BenQ MS550 memiliki waktu hingga 5.000 jam untuk mode normal, mode Eco dan SmartEco hingga 10.000 jam, dan mode LampSave hingga 15.000 jam.

Konsumsi Daya

Dalam pengujian kami kali ini, kami lebih menguji kepada konsumsi daya yang dimiliki oleh proyektor BenQ MS550 ini dalam berbagai mode yang dimilikinya.

Dalam penggunaan normal, proyektor menunjukkan konsumsi daya di 244 Watt dengan Picture Mode dalam posisi Bright. Dalam mode Eco, proyektor menunjukkan konsumsi daya di 205 Watt, di mana dalam mode ini, tingkat kebisingan dari kipas juga berkurang. Di mode SmartEco, proyektor menunjukkan konsumsi daya di angka 144 ~ 240 Watt, berubah-ubah tergantung konten yang diputar oleh proyektornya. Dan di mdoe Save, proyektor menunjukkan konsumsi daya sebesar 205 Watt.

Harga: Rp 5.900.000

Selengkapnya, simak dalam video berikut ini:

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES