in: News | June 8, 2020 | by: Friska Suryawinata

Samsung Kenalkan Jajaran QLED 8K TV untuk 2020

(Dari kiri ke kanan) Jang-ho Kim, Hyun-joong Chae, Jae-wook Yoo and Hokwon Peter Song dari Visual Display Business, Samsung Electronics. Kim dan Yoo adalah anggota grup product design, sementara Chae dan Song adalah anggota grup teknisi R&D.

Selain terkenal karena produk smartphone, Samsung sendiri merupakan perusahaan elektronik yang juga masih memproduksi berbagai produk home appliance, misalnya seperti produk televisi. Hadir untuk tahun 2020 ini, Samsung merilis jajaran QLED 8K TV Q950TS yang memiliki desain Infinity Screen dan rasio screen-to-body hingga 99%.

QLED 8K TV Q950TS yang memiliki besar 85 inch ini didesain memiliki ketebalan 15 mm, sangat tipis untuk ukuran smart TV saat ini, dilengkapi dengan teknologi AI, HDR10+, dan 100% color volume. Mendesain smart TV yang tipis ini bukanlah perkara mudah, dengan melewati berbagai uji coba termasuk mengurangi matriks hitam per 0.1 mm setiap kali percobaan.

Dari beragam uji coba tersebut, Samsung mengatakan bahwa nilai optimal untuk layar tipis ini adalah 0,8 mm untuk bezel serta 0,9 mm untuk matriks hitamnya. Samsung juga mengubah material dasar yang digunakan dalam proses produksi, di mana sebelumnya menggunakan aluminium namun sekarang menggunakan stainless steel yang disebar pada lapisan tertipis yang mungkin dibuat, serta menggunakan metode khusus guna meningkatkan daya tahannya.

Selain inovasi dari segi desain, QLED 8K TV Q950TS juga mendesain bagian belakang agar mengurangi berbagai elemen yang tidak diperlukan lagi, sehingga TV akan terlihat lebih datar dan tidak “kembung” di bagian belakangnya. Kerampingan desain bodi ini sendiri akhirnya membuat berbagai komponen lainnya seperti output port, prosesor, circuit board, speaker serta penutupnya juga mengalami modifikasi agar muat dalam dimensi ketebalan 0,8 mm untuk penutup bagian belakang TV tersebut.

QLED 8K TV Q950TS juga didukung dengan dudukan layar yang dirancang mampu memiringkan layar TV ke belakang hingga 3,5 derajat. Sudut ini dibuat sedemikian rupa agar para penongon bisa menonton TV dengan lebih nyaman dan imersif. Sudut miring ini sendiri juga akan menonjolkan desain ramping TV yang memiliki ketebalan 15 mm tersebut.

Samsung mengatakan bahwa QLED 8K TV 2020 miliknya telah mendapatkan berbagai ulasan yang positif, bukan karena kualitas layar dan teknologi suaranya saja, tetapi bagaimana tim bisa mendesain bersama untuk membuat sebuah TV dengan dobrakan baru dan desain yang konvensional.

“Di masa depan, layar TV akan terus bertumbuh dalam ukuran dan menawarkan pengalaman
menonton yang lebih baik,” kata Jae-wook Yoo, dalam rilis resmi Samsung QLED 8K TV 2020. “Tugas kami adalah memastikan desain produk sepenuhnya mendukung dan melengkapi fitur dan kinerja produk masa depan ini. Kami akan terus bekerja keras untuk menciptakan produk yang memberikan pengalaman menonton TV yang berkualitas tinggi bagi pengguna.”

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES