in: Highlights - News | July 10, 2020 | by: Dian Syarifuddin

Intel Umumkan Spesifikasi Thunderbolt 4

Thunderbolt 3 merupakan konektivitas transfer data yang dikembangkan oleh Intel dengan menawarkan kecepatan transfer tercepat di pasaran saat ini. Koneksi ini menjadi alternatif menarik untuk menghilangkan bottleneck yang biasa terjadi ketika menghubungkan media penyimpanan data. Bandwidth besar yang dimiliki Thunderbolt 3 yang mencapai 40 Gbps, menjadi pilihan yang tepat karena menawarkan fleksibilitas koneksi didalam satu sambungan.

Namun belum lama ini, Intel secara resmi mengumumkan spesifikasi dari generasi penerus Thunderbolt 3, yaitu Thunderbolt 4. Bandwidth yang dimiliki Thunderbolt 4 ternyata masih sama dengan Thunderbolt 3, mencapai 40 Gbps. Akan tetapi, pihal Intel menyatakan bahwa Thunderbolt 4 memiliki beberapa fitur terbaru.

Pihak Intel mengatakan kalau Thunderbolt 4 telah mendukung penyajian dua buah display sekaligus beresolusi 4K atau satu buah display beresolusi 8K. Standar dari Thunderbolt 4 ini juga telah mendukung PCIe 32 Gbps sehingga mampu mendukung kecepatan penyimpanan transfer data hingga 3000 MB/s.

Bentuk konektor dari Thunderbolt 4 dikatakan akan tetap seperti USB Type-C. “Thunderbolt 4 memberikan konsumen dengan standar konektivitas terkemuka di berbagai perangkat, sehingga dapat membantu memajukan pengalaman komputasi, kesederhanaan, kinerja, dan keandalan”, Ujar Jason Ziller selaku General Manager of Client Connectivity Division Intel.

Kehadiran Thunderbolt 4 ini tampaknya akan disambut dengan antusias oleh beberapa vendor laptop terkemuka. Salah satunya adalah Lenovo yang sudah tidak sabar ingin merasakan teknologi dari konektivitas ini. “Kemampuan Thunderbolt 4 akan memberikan pengalaman yang hebat serta peningkatan produktivitas bagi penggunanya. Lenovo sangat senang bekerja dengan Intel dan siap mendukung perluasan portofolio untuk Thunderbolt 4 ini”, Tutur Jerry Paradise, Vice President Commercial Portfolio, Lenovo PC & Smart Devices.

Intel kabarnya akan menghadirkan kecanggihan Thunderbolt 4 ini pada prosesor mobile Intel terbaru dengan code name “Tiger Lake”. Bagi tiap vendor laptop yang ingin menghadirkan laptop “Project Athena” dengan prosesor ini akan dilengkapi satu port Thunderbolt 4 serta dukungan kabel serta aksesoris yang juga digunakan pada Thunderbolt 3.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES